Apa yang Dimaksud Kebutuhan Primer?

Posted on

DETALOG.COM – Berdasarkan Intensitas kegunaanya kebutuhan dapat kita bedakan menjadi Tiga bagian, yaknikebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Pengertian Kebutuhan Primer, Kebutuhan primer merupakan kebutuhan dasar ataupun kebutuhan minimal yang harus di penuhi manusia agar layak hidup. Jika kebutuhan primer tidak di penuhi, maka yang terjadi adalah kelangsungan hidup manusia akan terganggu.

Dilansir dari wikipedia, Kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok (primer) yang dibutuhkan oleh manusia. Kebutuhan manusia yang terus meningkat menyebabkan ilmu pengetahuan dan teknologi juga semakin meningkat. Kebutuhan pokok manusia adalah sandang, pangan dan papan.

Kebutuhan Primer (kebutuhan pokok) Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang haus dipenuhi untuk mempertahankan kelangsungan hidup manusai, seperti : dapat hidup sehat, berpakaian, dan berteduh serta memperoleh pendidikan. Kebutuhan primer ini apabila tidak dipenuhi dapat menimbulkandampak yang negatif.

Contoh Kebutuhan Primer
Contoh kebutuhan primer adalah kebutuhan makanan dan minuman, kebututuhan pakaian, dan kebutuhan tempat tinggal.
Kebutuhan makanan dan minuman

Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan dan minuman. Demikian pula, manusia membutuhkan makanan dan minuman untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Apabila kebutuhan ini tak terpenuhi, kelangsung hidup manusia dapat terancam.
Kebutuhan Pakaian

Pakaian mempunyai manfaat yang banyak bagi manusia. Pakaian digunakan untuk menutupi tubuh dari serangan penyakit, menjaga kestabilan suhu tubuh, dan untuk menambah keindahan penampilan.
Kebutuhan tempat tinggal

Bagi manusia, tempat tinggal akan membuat manusia terlindungi dari sengatan matahari, hujan, angin, hewan, dan bahaya lainnya. Selain ketiga kebutuhan tersebut, dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), maka kebutuhan primer bertambah dengan adanya kebutuhan pendidikan dan kesehatan.