5 Fungsi Search Engine

Posted on

DETALOG.COM – Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk mencari informasi yang tersedia didalam dunia maya. web search engine mengumpulkan informasi yang tersedia secara otomatis. untuk sekarag ini sebuah search engine sudah mulai di kembangkan untuk lebih memudahkan bagi kita dalam menggunakan search engine tersebut. hasil dari pecarian data biasanya di urutkan berdasarkan tingkat akurasi dan popularitas di search engine tersebut. beberapa search engine biasanya mengumpulkan informasi atau data yang di cari di dalam sebuah basisdata. atau direktori web.

Dengan search engine tersebut kita dapat mencari berbagai informasi yang kita inginkan dari seluruh dunia, jadi dengan adanya search engine ini sangat memudahkan bagi kita untuk mencari data.

Fungsi dari Search Engine
Pada dasarnya, search engine memang sangat berguna bagi usernya. Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari search engine bagi user atau penggunanya:

1. Membantu Mencari Materi Kuliah dan Belajar
Search engine saat ini banyak sekali digunakan untuk membantu para pelajar, terutama mahasiswa untuk membantu mencari materi kuliah dan juga materi pembelajaran. Saat ini apabila ingin mencari materi, user hanya perlu mengetik kata kunci maka seluruh link website yang berhubungan dengan materi yang dicari dapat muncul. Ini sangat mudah dan praktis.

2. Mencari Tutorial
Search engine juga bisa difungsikan untuk membantu mencari tutorial. Tutorial biasanya berupa video ataupun tulisan dan juga gambar mengenai bagaimana cara melakukan sesuatu. Tutorial yang banyak dicari biasanya adalah tutorial yang berhubungan dengan alat musik dan juga software design dan programming komputer.

3. Mencari Informasi dan Berita
Informasi dan juga berita bisa anda cari di dalam search engine. Ya, anda tinggal memasukkan keyword berita dan juga informasi yang ingin anda cari, maka search engine akan menampilkan portal berita yang memilki informasi dan berita yang relevan dengan apa yang anda cari.

4. Menambah Pengetahuan, Pemahaman dan Ilmu
Tentu saja dengan fitur pencari ini search engine dapat berfungsi sebagai pegangan, karena pada dasarnya search engine dapat membantu menambah pengetahuan dan juga pemahaman dan ilmu dari user yang melakukan pencarian di dalam sebuah search engine. Seperti halnya dalam mempelajari berbagai macam ilmu yang diluar materi di sekolah, kampus maupun tempat kursus.

Layaknya manfaat dari search engine yang dapat berguna sebagai pencari informasi yang cukup luas, mempelajari banyak ilmu akan memberikan manfaat yang baik terlebih bidang pengetahuan tertentu. Seperti contoh pada manfaat mempelajari ilmu komputer yang akan sangat berguna pada bidang teknologi, karena dijaman yang maju seperti sekarang ini, penggunaan komputer sudah semakin meluas dan menjadi kebutuhan di berbagai tempat untuk menyimpan banyak data yang cukup praktis.

5. Mencari Software dan Aplikasi Komputer
Anda ingin mencari aplikasi dan juga software komputer? Kalau begitu search engine merupakan salah satu lokasi yang tepat. Karena daripada anda harus repot bertanya ke toko komputer, ada baiknya anda bertanya ke search engine yang lebih praktis. Biasanya sudah banyak link website yang berisi mengenai program dan juga aplikasi komputer, lengkap beserta plus dan minusnya.

Contoh Search Engine
Contoh search engine yang sangat populer untuk saat ini, untuk saat ini sudah sangat banyak perusahaan – perusahaan yang mengembangkan teknologi search engine ini, dan diantaranya adalah:
1. Google
2. Yahoo
3. Bing
4. Ask