Sebutkan 3 Faktor Pendorong Globalisasi

Posted on

DETALOG.COM – Secara etimologis (asal usul kata) globalisasi berasal dari kata globe (bahasa inggris) yang berarti dunia. Dari kata itu dikenal istilah globalisasi (globalization) yang berarti proses mendunia.

Globalisasi secara harfiah adalah sebuah perubahan sosial, berupa bertambahnya keterkaitan diantara masyarakat dan elemen-elemennya yang terjadi akibat transkulturasi dan perkembangan teknologi di bidang komunikasi dan transportasi yang memfasilitasi pertukaran budaya dan ekonomi internasional.

Faktor-faktor Pendorong Globalisasi
Inilah Penjelasan Mengenai Faktor-faktor Pendorong Globalisasi

1. Kemajuan Dalam Bidang Pengetahun dan Teknologi.
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu faktor yang mendorong terjadinya globalisasi. Kita tahu bahwasannya dalam beberapa dekade belakangan ini terjadi perkembangan pesat dalam hal berkomunikasi sehingga seseorang akan dengan mudahnya berkomunikasi atau berhubungan dengan orang lain walaupun jaraknya cukup jauh.

2. Kemajuan Dalam Bidang Transportasi.
Kemudian juga ada perkembangan dalam sistem transportasi dunia ini yang membuat globalisasi semakin terasa. Dahulu dari satu tempat ke tempat yang lain membutuhkan waktu yang lama dalam perjalanan karena hanya dengan kendaraan berupa hewan tunggangan seperti kuda, onta, keledai, dan lainnya. Namun saat ini ada kendaraan yang cepat seperti pesawat terbang dan kereta api super cepat.

3. Sistem Perekonomian Negara-negara yang Terbuka.
Tentunya kita semua sudah tahu bahwa sistem ekonomi yang dianut negara-negara saat ini mayoritas adalah sistem ekonomi terbuka sehingga negara yang satu mengadakan kerjasama dengan negara yang lain dalam berbagai bidang misalnya saja ekonomi. Kerjasama seperti ekspor-impor dan perdagangan bebas merupakan salah satu dari sekian banyak hal yang bisa mendorong globalisasi.

4. Hadirnya Perdagangan Bebas
Senada dengan penjelasan diatas, hadirnya perdagangan bebas merupakan hal-hal yang bisa menguatkan terjadinya globalisasi didunia ini. Tentunya fenomena ini bisa terjadi karena mayoritas negara-negara yang ada saat ini menerapkan sistem ekonomi yan terbuka dimana setiap negara bisa bekerjasama dengan negara lainnya. Dan tentunya Indonesia pun melakuan hal ini dengan negara lainnya.

5. Sistem Keuangan Internasional yang Liberal
Kamu harus tahu bahwa salah satu dari sekian banyak faktor yang bisa mendorong terjadinya globalisasi didunia ini adalah liberalisasi sistem keuangan global. Hampir setiap negara bahkan mungkin setiap negara memiliki ketergantungan dengan sistem keuangan global yang ada. Salah satunya Indonesia yang membutuhkan dana atau modal investasi dari lembaga keuangan dunia atau negara lain.

6. Kemudahaan Dalam Migrasi
Saat ini semakin banyak orang yang bermigrasi atau berpindah dari satu negara ke negara lain dengan berbagai macam tujuan misalnya saja untuk bekerja, menuntut ilmu, wisata, dan berbagai macam keperluan lainnya. Hal ini yang membuat orang-orang yang ada dalam suatu daerah sudah terbiasa dengan orang-orang pendatang yang datang dari daerah lainnya misalnya Bali dengan turis-turis internasionalnya.

7. Kerjasama atau Hubungan Antar Negara
Satu lagi faktor yang tidak kalah pentingnya yang membuat terciptanya globalisasi adalah kerjasama atau hubungan antara negara yang satu dengan negara lainnya. Misalnya saja Indonesia yang bekerjasama dengan negara-negara lain baik itu hubungan bilateral, multilateral, maupun internasional. Tentunya globalisasi semakinmemudahkan suatu negara bekerjasama dengan negara lain.

Penyebab Globalisasi
Ada beberapa faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya globalisasi. Faktor-faktor penyebab terjadinya globalisasi adalah sebagai berikut

1. Majunya ilmu pengetahuan pada teknologi transportasi yang mempermudah dalam jasa pengeriman barang keluar negeri.
2. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berperan menjamin kemudahan dalam transaksi ekonomi antar negara.
3. Kerja sama ekonomi Internasional yang memudahkan terjadinya kesepakatan-kesepakatan antarnegara yang terjalin dengan erat.