Kenampakan Alam di Benua Eropa

Posted on

DETALOG.COM – Benua Eropa adalah benua terkecil kedua setelah Australia dengan luas total wilayah sekitar 10.180.000 km². Secara geologis dan geografis, benua Eropa  adalah sebuah semenanjung atau anak benua (jazirah). Pemisahannya sebagai benua lebih dikarenakan oleh perbedaan budaya. Adapun batasan-batasannya, yaitu:

  • Utara : Samudera Arktik
  • Barat : Samudera Atlantik
  • Selatan : Laut Tengah

Secara geografis, benua Eropa merupakan bagian dari daratan yang lebih besar dikenal sebagai Eurasia. Benua ini mulai dari Pegunungan Ural di Rusia, yang menggambarkan batasan timur Eropa dengan Asia. Batasan tenggara dengan Asia tidak tergambarkan secara jelas. Paling umum adalah Sungai Ural. Batasan berlanjut dengan Laut Kaspia, dan kemudian Pegunungan Kaukasus, dan sampai ke Laut Hitam, Selat Bosporus, Laut Marmara, dan Selat Dardanelles yang mengakhiri batasannya dengan benua Asia. Laut Mediterania di selatan juga memisahkan benua Eropa dari benua Afrika. Batasan di bagian barat adalah Samudera Atlantik.

Hampir seluruh negara-negara Eropa adalah anggota dari Konsil Eropa, dengan pengecualian Belarus, dan Takhta Suci (Kota Vatikan). Eropa memiliki perkumpulan negara-negara Eropa yang dikenal sebagai Uni Eropa yang sekarang ini memiliki 27 negara anggota, dan masih terus berkembang.

Kenampakan Alam di Benua Eropa

Sebagaimana telah dibahas di atas, kenampakan alam di benua Eropa antara lain:

1. Pegunungan Ural

Pegunungan Ural yang sering disebut dengan Ural atau Pegunungan Riphean dalam bahasa Greco-Roman adalah barisan rantai pegunungan yang menjalar ke bagian utara dan selatan melewati bagian barat Rusia. Pegunungan Ural adalah salah satu dari barisan pegunungan yang paling tua dan masih bertahan. Pegunungan Ural terbentuk di akhir dari periode Carboniferous, ketika sebuah benua yang terdiri atas Siberia bertabrakan dengan benua super yang memiliki tanah terbesar saat itu, yaitu kombinasi dari Laurasia (Eropa dan Amerika Utara) dan Gondwana. Pegunungan Ural memanjang sepanjang 2500 km dari Kazakh sampai pada batas utara Kazakhstan di pesisir samudera Arktik. Pulau Novaya Zemlya membentuk sambungan baru dari rantai pegunungan tersebut. Secara geografis, barisan ini menandai batas utara antara Asia dan Eropa di benua Eurasia.

2. Laut Kaspia

Sebenarnya Laut Kaspia atau Laut Mazandaran merupakan sebuah danau yang berciri-ciri seperti laut, seperti berair asin dan sangat luas, serta dikelilingi daratan berpasir seperti halnya pesisir pantai. Oleh karena itu, laut Kaspia dikatakan pula sebagai danau yang terluas di dunia, dan danau ini sering disebut sebagai laut. Danau ini terletak di antara benua Eropa dan benua Asia, sebelah barat daya Pegunungan Ural. Luasnya sekitar 371,000 km2 dan volume rata-rata 78,200 km3. Di bagian utara laut Kaspia, terdapat daratan Depresi (Caspian Depression) yang merupakan salah satu titik darat terendah di dunia.

3. Sungai Ural

Sungai Ural merupakan sebuah sungai yang terletak di Rusia dan Kazakhstan. Sungai ini bermuara dari Pegunungan Ural hingga Laut Kaspia. Sungai ini memiliki panjang 2.428 km dan bermuara di 2 benua, yaitu Eropa dan Asia.

4. Pegunungan Kaukasus

Kaukasus adalah sebuah daerah di Eropa Timur dan Asia Barat di antara Laut Hitam dan Laut Kaspia yang termasuk di dalamnya adalah Pegunungan Kaukasus dan daerah-daerah rendah lainnya. Kaukasus kadang dianggap sebagai bagian dari Asia Tengah. Puncak tertinggi di Kaukasus adalah Gunung Elbrus (5.642m), yang juga dianggap sebagai gunung tertinggi di Eropa.

5. Laut Hitam

Laut Hitam adalah sebuah laut dalam antara Eropa tenggara dan Asia Kecil. Dia terhubungkan dengan Laut Tengah oleh Bosporus dan Laut Marmara, dan Laut Azov oleh Selat Kerch.

6. Selat Bosporus

Selat Bosporus adalah sebuah selat yang memisahkan Turki bagian Eropa dan bagian Asia, yang menghubungkan Laut Marmara dengan Laut Hitam. Selat ini memiliki panjang 30 km, dengan lebar maksimum 3.700 meter pada bagian utara, dan minimum 750 meter antara Anadoluhisarı dan Rumelihisarı.

7. Laut Marmara

Laut Marmara adalah laut pedalaman yang menghubungkan Laut Hitam ke Laut Aegea, dan memisahkan Turki Asia dengan Turki Eropa. Selat Bosporus menghubungkannya ke Laut Hitam dan Selat Dardanella ke Laut Aegea. Luasnya sekitar 11,350 km².

8. Selat Dardanelles

Selat Dardanelles adalah adalah selat sempit di Turki bagian barat daya yang menghubungkan Laut Aigea dengan Laut Marmara. Selat ini adalah sata satu Selat Turki, bersama dengan Selat Bosporus.

9. Laut Mediterania

Laut Mediterania disebut juga Laut Tengah, yaitu laut antar benua yang terletak antara Eropa di utara, Afrika di selatan, dan Asia di timur, dan mencakup wilayah seluas 2,5 juta km².