Definisi Globalisasi Serta Dampaknya Terhadap Kehidupan Manusia

Posted on

DETALOG.COM – Globalisasi memiliki arti yang berbeda-beda, menurut para ahli. Jika ditinjau secara umum, definisi globalisasi yaitu sebuah proses yang bersifat global atau mendunia, dimana suatu individu tidak diikat dengan adanya batas-batas wilayah negara. Seseorang dapat berhubungan dengan siapa saja dan semakin cepatnya penyebaran informasi serta komunikasi yang lebih mendunia melalui media cetak.

Apabila ditelaah lebih mendalam, globalisasi merupakan istilah yang berasal dari bahasa inggris yaitu, perpaduan dua kata antara kata “Global” yang mana memiliki arti “mendunia”, dan kata “Lization” yang artinya adalah proses. Jadi, jika didefinisikan menurut Bahasa, maka pengertian globalisasi adalah sebuah proses yang mendunia. Globalisasi dapat dikatakan sebagai proses masuknya suatu negara ke dalam pergaulan dunia. Globalisasi menciptakan kemudahan bagi antar-negara dalam hal berinteraksi dan bertukar informasi, baik mengenai hal perekonomian, gaya hidup, dan bentuk interaksi lainnya.

Berikut adalah beberapa definisi globalisasi menurut para ahli:

– Menurut definisi Achmad Suparman, pengertian dari globalisasi yaitu “suatu proses yang menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap individu di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah”.

– Pengertian Globalisasi menurut definisi Anthony Giddens adalah bahwa “globalisasi merupakan intensifikasi hubungan sosial secara mendunia sehingga menghubungkan antara kejadian yang terjadi dilokasi yang satu dengan yang lainnya serta menyebabkan terjadinya perubahan pada keduanya.”

– Menurut definisi Selo Soemardjan, pengertian “globalisasi adalah sebuah proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama”.

– Definisi Globalisasi menurut Laurence E. Rothernberg adalah “percepatan dari intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan dan pemerintah dari negara yang berbeda”.

– Pengertian Globalisasi menurut definisi Emanuel Ritcher mengatakan bahwa “pengertian globalisasi adalah suatu jaringan kerja global yang mempersatukan masyarakat secara bersamaan yang sebelumnya tersebar menjadi terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia”.

– Pengertian Globalisasi menurut definisi Martin Albrow yaitu seluruh proses penduduk yang terhubung ke dalam komunitas dunia tunggal, komunitas global”.

Penyebab Globalisasi

Globalisasi tentu tidak muncul dengan sendirinya, terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya globalisasi. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Semakin berkembangnya teknologi transportasi, yang mana kemudian memudahkan jasa pengiriman dalam hal mengirim dan mengantar barang dari suatu negara ke negara lain.
2. Teknologi informasi dan komunikasi yang terus maju dan berkembang menjadi satu peranan penting sebab mempermudah suatu negara dalam melakukan transaksi ekonomi satu sama lain.
3. Adanya organisasi atau kerjasama secara internasional. Ini merupakan faktor yang dapat menjalin hubungan erat dan memudahkan timbulnya kesepakatan bersama di antara negara-negara yang bersangkutan.

Dampak Globalisasi

Dengan berlangsungnya globalisasi, tentu disamping faktor penyebab, terdapat pula dampak yang dapat ditimbulkan dari era globalisasi ini. Dampak tersebut dibagi menjadi dua bagian, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif dari globalisasi yaitu antara lain:

Dampak Positif Globalisasi:
– Proses interaksi dan komunikasi yang semakin hari semakin cepat dan mudah.
– Terjadinya peningkatan taraf hidup masyarakat dunia.
– Globalisasi memudahkan siapa saja untuk mendapatkan informasi serta ilmu pengetahuan apapun yang diinginkan.
– Semakin tingginya tingkat pembangunan.
– Globalisasi dapat memberi dampak terhadap peningkatan turisme dan pariwisata di setiap negara.
– Peningkatan perekonomian yang lebih efektif serta efisien.

Dampak Negatif Globalisasi:
– Penyebaran informasi yang terlalu cepat bisa saja terjadi diluar kontrol atau tidak terkendali.
– Globalisasi mengakibatkan pencampuran budaya sehingga akan mempengaruhi gaya hidup siapa saja.
– Timbulnya sikap individualisme
– Globalisasi dapat mengikis semangat gotong royong, rasa kepedulian antara sesame serta mengurangi sikap kesetiakawanan.
– Akibat globalisasi, terkadang sebuah perusahaan akan lebih mengutamakan produk yang berasal dari luar negeri daripada menggunakan produk dalam negeri. Hal ini membuat perusahaan dalam negeri mengalami kesulitan dalam hal perkembangannya.
– Semakin menipisnya tenaga kerja pertanian, yang disebabkan karena seluruh petani diserap oleh berbagai sector industri.
– Budaya asli suatu bangsa dapat terkikis secara perlahan akibat adanya globalisasi.

Itulah pembahasan singkat mengenai definisi, penyebab serta dampak dari globalisasi. Semoga artikel ini dapat dijadikan sebagai informasi yang berguna bagi siapa saja.