Apa Hewan Khas Mexico

Posted on

DETALOG.COM – Negara Meksiko adalah sebuah Konstitusi Republik federal di Amerika Utara. Bagian Utara berbatasan dengan Amerika Serikat bagian Selatan dan Barat berbatasan dengan Lautan Pasifik sebelah Tenggara dengan Guetamala, Belize dan Laut karibia dan bagian sebelah Timur berbatasan dengan Teluk Meksiko.

Meksiko merupakan negara terbesar peringkat ke-5 di Amerika berdasarkan total area dan merupakan negara mandiri terbesar peringkat ke-14 di dunia, peringkat ke-11 sebagai negara terpadat dengan populasi Hispanik terbanyak. Meksiko merupakan negara federasi yang terdiri dari Tiga Puluh Satu negara bagian dan sebuah distrik federal yaitu, ibukota.

Meksiko menempati urutan kelima di dunia dan pertama di Amerika dengan jumlah Situs Warisan Dunia UNESCO sebanyak 31 situs dan pada tahun 2007 Meksiko merupakan negara yang paling banyak di kunjungi dengan rata-rata kedatangan internasional sebanyak 21.4 Juta orang. Pada tahun 2011 Meksiko merupakan negara yang paling banyak dikunjungi di dunia dengan lebih dari 22 juta kedatangan internasional.

Geografi dan Kondisi Alam
Luasnya sekitar 1,96 juta kilometer persegi. Meksiko merupakan negara terbesar ketiga di Amerika Latin, dan negara terbesar di Amerika Tengah, terletak di bagian selatan Amerika Utara, Barat Laut Amerika Latin, letaknya sangat strategis sebagai tempat transisi antara Amerika Selatan dan Amerika Utara, disebut pula Jembatan Darat.

Bagian utaranya bertetangga dengan Amerika Serikat, sedangkan selatannya menyambung Guatemala dan Belize, timurnya di pinggir Teluk Meksiko dan Laut Karibia, baratnya di pinggir Pasifik dan Teluk Kalifornia. Lima per enam wilayahnya adalah dataran tinggi atau pegunungan.

Iklim Meksiko
Iklim wilayah Meksiko membujur dari utara ke selatan, sehingga memiliki tiga iklim yang beragam, yaitu :
1. Iklim subtropis, Meksiko bagian utara.
2. Iklim kontinental, Meksiko bagian tengah.
3. Iklim tropis, Meksiko bagian selatan.

Jumlah Penduduk
Populasi: 106 juta jiwa pada tahun 2005. Jumlah penduduknya mernempati peringkat nomor 2 menyusul Brazil di Amerika Latin, dan nomor 8 di dunia. Orang campur darah Indian-Eropa merupakan 90%, Indian merupakan 10%, dan masih terdapat bule. Bahasa resmi adalah Spanyol, dan 8% penduduk berbahasa Indian. 92,6% penduduk beragama Katolik, dan 3,3% beragama Protestan.

Ibu Kota: Kota Meksiko dengan luasnya 1525 kilometer persegi, dan jumlah penduduk 2 2juta jiwa pada tahun 2005.

Folora dan Fauna Khas Mexico

Binatang eksotis nan unik ini kadang disebut juga sebagai “Mexican Walking Fish” sebab ia terlihat seperti ikan yang memiliki tangan dan kaki. Akan tetapi, sebenarnya Axolotl bukanlah sejenis ikan, melainkan sejenis salamander langka yang terdapat di Mexico City.

Axolotl (ambystoma mexicanum) adalah tipe salamander yang bisa menghabiskan masa hidupnya dalam bentuk larva. Panjang Axolotl bisa mencapai 30 cm, tetapi rata-rata ukurannya hanya 15 cm. Warna tubuh mereka rata-rata hitam atau coklat kepirangan dan banyak juga yang albino dengan warna yang lucu misalnya merah muda. Hewan ini memiliki insang yang berada diluar tubuhnya. Insang ini tampak berada disamping kepalanya sehingga sepintas tampak seperti tanduk. Orang-orang Timur sering menimbulkan fantasi yang dikaitkan pada suatu legenda mengenai ular naga sehingga tidak jarang mereka disebut juga sebagai ikan naga.

Axolotl termasuk kadal yang memiliki umur panjang, Axolotl dapat hidup hingga 10 –15 tahun dan dapat berkembang sampai 60cm, bahkan pernah tertangkap 1 ekor Axolotl raksasa di pedalaman mexico yang berukuran hingga 1,4 meter, penemuan itu benar-benar mengejutkan, tetapi setelah di teliti oleh para ahli disimpulkan jika itu hanyalah keadaan abnormal yang jarang terjadi (gigantisme)
Axolotl selalu hidup dalam air dan suka memakan ikan kecil, cacing, dan larva. Hewan ini terkadang muncul di permukaan air, tetapi ada juga yang menjelang dewasa dan bertambah besar tidak pernah timbul di permukaan air dan hanya tinggal di dasar danau selama hidupnya. Salamander jenis ini digolongkan dalam jenis berbahaya, karena dapat menyemburkan racun asin dari mulutnya, namun jika kelenjarnya di buang dengan benar maka hewan ini dapat di jadikan peliharaan yang lucu.

Perekonomian Negara Meksiko
Berikut adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan di Meksiko :
1. Pertanian. Hasilnya adalah minyak kelapa sawit, kapas, beras, coklat, kopi, jagung, tebu, kurma, kacang, dll.
2. Peternakan dan perikanan. Hewan yang diternakan adalah sapi, babi, domba, kuda, keledai, dan ayam. Hasilnya adalah susu, mentega, keju, daging, telur, dll. Hasil perikanannya adalah Ikan tuna, sarden, dan udang.
3. Pertambangan. Hasilnya adalah perak, air raksa, emas, timah, belerang, tembaga, mangan, dan minyak bumi.
4. Perindustrian. Jenis industrinya adalah tekstil, baja, dan pengolahan batu gamping. Hasilnya adalah bahan kimia, barang elektronik, karet, dll.
5. Perdagangan. Ekspornya adalah Barang mentah hasil pertanian dan minyak. Impornya adalah mesin-mesin dan peralatan, bahan mentah, dan bahan pangan.
6. Transportasi. Jaringan transportasi di Meksiko sudah baik.
7. Pariwisata. Objek wisata di Meksiko antara lain pantai Acapulco yang telah terkenal di dunia.