Teknik Dasar Dalam Permainan Bulu Tangkis

Posted on

DETALOG.COM – Salah satu permainan olahraga yang populer dikalangan masyarakat Indonesia setelah sepak bola adalah ermainan bulu tangkis. Permianan bulu tangkis merupakan permainan yang menggunakan sebuah raket dan shuttlecocks yang dipukul melewati net. Permainan bulu tangkis dapat dimainkan oleh putra dan putri, dengan bentuk permainan: tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Setiap partai terdiri dari 3 set tetapi bila pemain menang dua set langsung, maka set yang ketiga tidak dilanjutkan.

Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis

Teknik Memegang Raket

Meskipun memegang raket merupakan teknik yang mudah, namun banyak orang yang melakukan kesalahan yang menyebabkan permainan yang dilakukan tidak maksimal.

Cara memegang raket yang benar adalah dengan memegang raket dengan jari-jari tangan bukan dengan telapak tangan (seperti orang sedang memegang golok). Posisikan jari-jari tangan menggenggam raket dengan luwes dan rileks serta dipegang erat agar tidak mudah jatuh dan dapat melakukan pukulan yang bertenaga. Teknik memegang raket ini bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu forehand dan backhand, meskipun banyak juga teknik lain, namun secara profesional teknik ini yang sering digunakan, teknik lain merupakan pengembangan / inovasi pemain dari kedua teknik ini.

Teknik Footwork

Teknik pijikan/pergerakan kaki / footwork dimana pemain bisa leluasa bergerak baik untuk bertahan atau melakukan serangan yang disertai lompatan. Latihan footwork merupakan latihan untuk menjaga kestabilan, memperoleh posisi untuk melakukan pukulan dan teknik untuk mencegah cedera. Usahakan posisi kaki tidak berhimpitan dan lakukan senyaman mungkin, misalnya kaki kiri berada di depan dan kaki kanan agak ke belakang.

Teknik Hitting Position

Teknik hitting position merupakan cara pamain menyiapkan diri untuk melakukan pukulan, ketika pemain akan menerima shuttle cosk dari lawan, pemain tersebut memiliki waktu beberapa detik untuk menyesuaikan arah shuttle cock kemudian menyiapkan tenaga untuk melakukan serangan balik. Teknik dasar bulutangkis ini perlu kamu asah secara rutin, kecerdasan membaca arah dan ketepatan menentukan hitting position akan menghasilkan poin yang berharga dalam suatu pertandingan.

Teknik Melakukan Service

Servis dilakukan setelah tejadi suatu poin atau ketika pertandingan dimulai. Teknik melakukan servis ini sangat penting karena selain bisa mendatangkan poin untuk timmu ini juga bisa balik merugikan timmu jika gagal melakukan servis, dengan kata lain tim lawan akan mendapatkan poin cuma-cuma karena servis yang gagal. Servis dibedakan menjadi servis forehand dan servis backhand, meskipun sebenarnya ada servis pendek, servis tinggi dan flick / servis setengah tinggi. Servis forehand biasanya untuk langsung menyerang lawan sedangkan backhand biasanya untuk bermain netting. Cara melakukan latihan servis adalah melakukannya secara berulang-ulang baik dengan servis forehand maupun backhand.

Teknik Mengembalikan Service

Kamu bisa mencoba latihan ini dengan temanmu, misalnya temanmu yag melakukan servis kamu yang bertahan. Kamu bisa mencoba melakukan latihan ini baik untuk jenis servis forehand maupun backhand. Ada beberapa teknik yang bisa dikembangkan saat melakukan teknik pengembalian servis

a. Misalkan kamu sedang bermain dalam pertandingan bulu tangkis tunggal, ketika menerima servis usahakan untuk mengembalikan servis dengan pukulan keras / tinggi ke sudut belakang jauh dari lawan atau bisa bermain netting.

b. Tidak perlu terburu-buru melakukan smash ketika posisi kamu di lapangan bangian belakang, karena ketika kamu melakukan smash kamu belum tentu bisa recovery posisi yang tepat ketika lawan bisa mengembalikan smash

c. Kalau kamu bermain secara ganda, usahakan mengarahkan shuttle cock ke arah lawan tepat pada bagian tubuh atau bisa juga langsung mengarah ke lantai agar mendapat poin.

Teknik Melakukan Netting

Teknik netting adalah permainan net, ini merupakan teknik yang peru kamu kuasai betul sebelum mencobanya di pertandingan, hal ini karena teknik netting cukup riskan dan bisa jadi malah mendatangkan poin bagi lawan. Cara melakukannya adalah melakukan pukulan shuttle cock dengan halus namun masuk ke area lawan, cermati jarak net dengan posisi shuttle cock. Untuk pandai dalam teknik netting kamu perlu mencoba melakukan secara rutin dengan menggunakan cock yang dipukul oleh temanmu kemudian pastikan posisi kamu tidak lebih dari 2 langkah dari net / jaring, lalu kembalikan servis temanmu tadi dengan tegak lurus ataupun silang.

Teknik Smash

Teknik dasar bulutangkis selanjutnya adalah melakukan smash. Smash merupakan pukul keras dengan menggunakan teknik overhead ke area lawan. Shuttle cock diarahkan ke bawah dengan tujuan langsung mencetak poin dan mematikan pertahanan lawan.

Beberapa teknik dasar bulutangkis diatas dapat dikembangkan lagi untuk mendapatkan permainan yang lebih bagus dan berkembang. Pesan saya tetap rajin melakukan latihan dan ikut gabung dengan persatuan bulutangkis. Semoga bermanfaat dan membantu anda menjadi pemain bulutangkis handal.