Pengertian dari Transportasi Darat

Posted on

DETALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, transportasi darat adalah segala bentuk transportasi menggunakan jalan untuk mengangkut penumpang atau barang. Bentuk awal dari transportasi darat adalah menggunakan kuda, keledai atau bahkan manusia untuk membawa barang melewati jalan setapak. Seiring dengan berkembangkan perdagangan, jalan diratakan atau dilebarkan untuk mengakomodir aktivitas. Roda kemudian ditemukan.

Pengertian Transportasi
Pengertian lain dari transportasi darat adalah segala bentuk transportasi menggunakan jalan untuk mengangkut penumpang atau barang. Bentuk awal dari transportasi darat adalah menggunakan kuda, keledai atau bahkan manusia untuk membawa barang melewati jalan setapak. Seiring dengan berkembangkan perdagangan, jalan diratakan atau dilebarkan untuk mengakomodir aktivitas. Roda kemudian ditemukan.

Bentuk awal dari transportasi darat adalah menggunakan kuda, keledai atau bahkan manusia untuk membawa barang melewati jalan setapak. Seiring dengan berkembangkan perdagangan, jalan diratakan atau dilebarkan untuk mengakomodir aktivitas. Roda kemudian ditemukan.

Transportasi darat merupakan moda transportasi yang paling dominan di Indonesia dibandingkan tranportasi lainnya seperti transportasi udara dan transportasi laut. Hal ini ditunjukkan dari data OD Nasional 2001 yang menggambarkan bahwa ± 95% perjalanan penumpang dan barang menggunakan moda transportasi darat. Besarnya persentase tersebut merefleksikan tingginya ketergantungan penduduk Indonesia terhadap moda transportasi ini.

Oleh sebab itu, perencanaan pengembangan transportasi darat menjadi prioritas utama dalam rangka pembangunan Indonesia secara keseluruhan. Pengembangan transportasi darat dibutuhkan tidak hanya untuk mengatasi permasalahan transportasi yang terjadi saat ini, tetapi juga untuk menjawab permasalahan transportasi yang diperkirakan muncul di masa yang akan datang. Untuk itu perlu disusun suatu kerangka kebijakan pengembangan transportasi darat dalam bentuk masterplan.

Jenis Transportasi Darat
Ada beberapa jenis trasnportasi darat, antara lain:

1. Mobil
Mobil salah satu transportasi darat yang memberikan kenyamanan dan kemudahan untuk Anda berpergian. Selain itu, mobil juga bisa menampung lebih dari 3 orang yang mana memberikan banyak keuntungan untuk Anda.

2. Sepeda Motor
Berbeda dengan mobil, sepeda motor salah satu jenis kendaraan darat yang cukup memberikan kemudaahan untuk digunakan. Sayangnya ada kekurangan dari sepedar motor yaitu tidak bisa mengangkut banyak orang melainkan hanya 2 orang saja.

3. Becak
Becak adalah jenis taksi sesungguhnya orang-orang miskin di Indonesia dan walaupun menjadi berangsur-angsur tidak kelihatan di Jakarta dan kota besar lainnya di Jawa. Itu adalah gambaran dari contoh beberapa transportasi yang popular, dimana penjabat tidak memiliki larangan yang berpengaruh terhadap mereka, di Jakarta, mereka mengizinkan untuk beroperasi menyusur keluar kota di Jakarta.

4. Ojek
Ojek sepeda atau sepeda motor sistem pengangkutan penumpangnya sama seperti taksi. Penumpang duduk dibelakang tempat pengemudi, disini mereka mendapatkan ongkos paling murah dan paling tepat dari transportasi kota. Biasanya ongkos disini jauh lebih rendah dibandingkan di Jakarta. Pengemudi becak, walaupun dianggap sebagai penjahat ketika ditekan oleh masyarakat, pengemudi becak berada diantara sekian dari masyarakat pengendara kendaraan yang baik terhadap penumpangnya. Versi modern dari sebuah institusi tentang taksi sepeda motor.

5. Delman
Delman tidak lagi diketemukan di Jakarta. Tetapi ditempat lain di Indonesia, terutama di kota kecil, mereka menjadikannya alat transportasi penting. Di beberapa tempat di Indonesia, ada yang menggunakan satu kuda, kendaraan roda dua dipanggil dokar, delman, satu tempat duduk penumpang disamping disebelah pengemudi dan tiga dibelakang.