Ciri Utama Negara Maju

Posted on

DETALOG.COM – Keberhasilan pembangunan di suatu negara dapat dijadikan acuan untuk menentukan suatu negara dikatakan maju atau berkembang. Negara yang sudah berhasil dalam pembangunan sering disebut dengan negara maju, sedangkan negara yang masih sedang giat-giatnya melaksanakan pembangunan disebut dengan negara berkembang.

Pengertian Negara Maju
Negara maju adalah negara yang sektor perindustriannya meningkat pesat, memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, mampu mengelolah sumber daya alam dengan baik. Dan memiliki kemajuan dibidang pengetahuan dan teknologi(IPTEK). Sebagaian besar merupakan negar-negara G-7. Negara maju meliputi amerika serikat, jepang, jerman, prancis, atau negar-negara eropa yang sektor perekonomiannya berkembang pesat

Negara maju menjadi sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatip tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata. Kebanyakan negara dengan GDP per kapita tinggi dianggap negara maju. Namun beberapa negara yang telah mencapai GDP tinggi melalui eksploitasi sumber daya alam (seperti Nauru melalui pengambilan phosphorus) tanpa mengembangkan industri yang beragam dan ekonomi berdasarkan jasa tidak dianggap memiliki status ’maju’.

Ciri-ciri Negara Maju
Secara umum ciri-ciri negara maju antara lain:
1. Pertanian termasuk peternakan dan perikanan untuk industrialisasi, dijual, diekspor.
2. Aktivitas perekonomian menggunakan sarana dan prasarana modern.
3. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menunjang industrialisasi secara cepat.
4. Pendapatan rata-rata penduduk tinggi.
5. Pendidikan dan keterampilan penduduk cukup tinggi.
6. Sifat kemandirian masyarakatnya tinggi.
7. Tidak tergantung pada alam.
8. Tingkat pertumbuhan penduduk rendah
9. Angka harapan hidup tinggi.
10. Intensitas mobilitas tinggi.

Ciri dari negara maju juga bisa dilihat dari beberapa segi antara lain:
1. Segi Ekonomi |Pendapatan perkapita|
Pertumbuhan Ekonomi yang sangat pesat merupakan ciri-ciri dari negara maju itu sendiri. Sebagian besar dari penduduknya bekerja dibidang sektor Industri, maka dari itu pendapatan perkapita penduduknya cukup tinggi, bahkan bisa dibilang tiggi sekali. Selain dari sektor industri berkembang pula yaitu sektor perdagangan dan juga jasa.

2. Kualitas Penduduk
Mutu ataupun kualitas penduduk sangat menentukan negara tersebut maju atau mundur. Kualitas penduduk ini dapat diukur dengan tingkat pendidikan, tingkat kesehatan, dan juga tingkat kesejahteraan (pendapatan per kapita).

3. Segi Pendidikan
Tingkat pendidikan yang sangat tinggi ini biasanya hanya dimiliki oleh negara maju pada umumnya. Perkembangan Teknologi yang ada juga telah majua dan berkembang sangat pesat sekali. Dari kemajuan tersebut, negara maju telah mampu mengolah sumber daya alam secara Optimal pastinya, contohnya mereka sudah mampu menciptakan industri dari Industri yang ringat hingga Industri berat.

4. Lingkungan Fisik
Wilayah yang memiliki lingkungan yang sangat menguntungkan seperti di Wilayah negara maju antara lain yang meliputi Kanadam, Autralia, Amerika Serikta. Dilihat dari kekayaan alam, maka negara-negara ini sangat kaya sekali akan hasil tambangnya seperti tembaga, biji besi, dan lainnya

Indikator Negara Maju
Indikaor dari negara maju antara lain:

1. Negara maju sering disebut sebagai negara industri karena perindustriannya dinegara ini merupakan sektor utama kegiatan perekonomian negara.
2. Pendapatan perkapita negara
3. Penggunaan teknologi yang modern
4. Tenaga kerja terdidik yang mayoritas penduduknya berpendidikan tinggi
5. Jumlah penduduk sedikit karena tinkat pertumbuhan penduduk rendah
6. Pengelolah sumber daya alam dilakukan secara intensif
7. Memiliki sisitim perhubungan dan transportasi yang baik
8. Kraktek penduduk suka berkerja sama dan memiliki kedisip;inan tinggi
9. Kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi dengan baik oleh pemiritah
10.Sistem perekonomian menganut paham liberlisme
11.Nilai ekspor besar daripada impor karena negara maju merupakan produsen barang-barang
12.Tersedia modal cukup untuk kegiatan perindustriannya

Beberapa contoh dari negara maju yaitu Amerika serikat, Jepang dan Jerman