Pengertian Domain Adalah?

Posted on

DETALOG.COM – Domain pada umumnya dikenal sebagai alamat unik untuk sebuah website. Domain dengan sendirinya hanya berupa alamat web. Pada awalnya pengalamatan sebuah website di internet sebenarnya dikenali dengan sederetan angka yang disebut IP Address, misalnya: 192.168.0.1.

Namun seiring perkembangannya, untuk lebih memudahkan untuk mengenali dan mengingatnya, digunakan penamaan dengan menggunakan sebuah nama pada pengalamatan IP Address tersebut. Nama inilah yang disebut dengan Nama Domain (Domain Name). Nama Domain bersifat unique yang berarti 1 nama domain tidak dapat didaftarkan oleh 2 pemilik yang berbeda.

Pengertian Domain
Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet. Domain memberikan kemudahan pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan memudahkan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengingat sederetan angka-angka IP Address.

Level Domain
Domain memiliki beberapa level, yaitu :
1. Top Level Domain adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti
.com (dotcommercial)
.net (dotnetwork)
.org(dotorganization)
.edu(doteducation)
.gov(dotgoverment)
.mil(dotmilitary)
.info (dotinfo)
dan lainnya.

Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang pada di list diatas dan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id, web.id dst) atau Malaysia dengan kode MY (com.my, net.my, dst).

2. Second Level Domain (SLD) adalah nama domain yang anda daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah domainku.com, maka domainku adalah SLD dan .comnya adalah TLD.

3. Third Level Domain adalah nama setelah Second Level Domain . Misalnya nama domain yang anda miliki adalah domainku.com, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum domainku, yaitu mail.domainku.com atau estrex.domainku.com.

Adapun layanan yang menjual third level domain salah satunya adalah enom dengan : .us.com, .br.com, .cn.com, dst. Atau yang gratis seperti co.cc, cz.cc dst.

Cara Memilih Domain
Memilih nama domain yang tepat untuk perusahaan Anda sangatlah mempengaruhi masa depan perusahaan Anda di Internet. Namun sebelum mulai mencari nama domain yang tepat untuk anda atau perusahaan anda, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu aturan dasar penamaan domain.

Beberapa aturan dasar pada nama domain:
1. Huruf besar ataupun kecil tidak berpengaruh
2. Nama domain tidak dapat diawali atau diakhiri dengan tanda minus. Nama Domain hanya dapat mengandung karakter alpha-numeric (0-9, A-Z) dan tanda minus(-).
3. Panjang maksimum nama domain adalah 63 karakter, tidak termasuk 4 karakter pada TLD (.com .net .org)
4. Beberapa registrar tidak memperbolehkan penggunaan numeric (0-9) pada awal nama domain
5. Untuk mulai memilih nama domain beberapa tips yang bisa anda jadikan rujukan sbb:
6. Nama domain sebaiknya mudah diingat dan sependek mungkin
7. Nama domain sebaiknya berupa nama perusahaan, nama jenis usaha anda atau yang menggambarkan konten website anda. Misal: mtv.com, kompas.com, furniture.com, dll
8. Akhiran .COM lebih dikenal masyarakat umum dibandingkan dengan akhiran lainnya sehingga akan lebih baik jika anda menggunakan akhiran .COM untuk nama domain anda.
9. Hindari penggunaan huruf ganda pada nama komputer untuk menghindari kesalahan penulisan misal naiffurniture.com. Akan lebih baik jika anda memberi tanda pemisah pada huruf ganda sehingga menjadi naif-furniture.com
10.Hindari nama domain yang menyerupai nama asing untuk menghindari kesalahan penulisan misal rugijaya-kom.com.
11.Jika situs website anda berisi konten yang vital misal e-commerce, e-banking, dll ada baiknya anda membeli juga semua domain yang hampir mirip dengan nama domain utama. Hal ini berguna untuk menghindari pembelokan nama domain seperti halnya kasus nama domain klikbca.com