Apa Penyebab Hujan Asam ?

Posted on

DETALOG.COM –

Hujan asam adalah hujan yang memiliki kadar keasaman (pH) yang rendah pada tiap tetesan airnya. Normalnya hujan pada umumnya memiliki pH 5,6 sehingga kita bisa sebut bahwa hujan dengan tingkat pH < 5,6 berarti itu hujan asam. Penelitian terbaru menunjukan bahwa pH hujan telah berubah dari 6 hingga ke 4 dikarenakan banyaknya gas buangan yang menyebabkan terjadinya hujan asam. Gas-gas penyebab hujan asam ini umumnya dihasilkan oleh bencana alam (letusan gunung berapi) dan ulah atau dari tangan manusia (seperti asap kendaraan bermotor dan industri).
Penyebab Hujan Asam.
Ada beberapa pendapat yang mengemukakan tentang penyebab terjadinya hujan asam, salah satunya karena akibat dari reaksi kimia yang terjadi di atmosfer. Bahan kimia yang menjadi penyebab utama terhadap proses ini adalah oksida nitrogen (NOx) dan sulfur dioksida (SO2). Keduanya memiliki kemampuan untuk larut dalam air dengan mudah. Zat kimia ini pada dasarnya merupakan polutan yang dilepaskan atmosfer sebagai akibat dari berbagai aktifitas manusia. Salah satunya adalah pembakaran.

1. CO2 / karbon dioksida dan CO / karbon monoksida, yang berasal dari hasil pembakaran, polusi kendaraan bermotor, dll., yang ketika bertemu dengan uap air / H2O akan membentuk H2CO3 / asam karbonat yang termasuk asam lemah.

2. H2S / hidrogen sulfida, SO2 / sulfur dioksida, yang berasal dari pembakaran / pemanasan belerang. Umumnya ditemukan di daerah industri berat, yang ketika bertemu dengan uap air / H2O akan membentuk H2SO4 / asam sulfat yang termasuk asam kuat.

B. Derajat keasaman hujan asam tergantung kepekatan asamdalam udara, yang secara tidak langsung, sama artinya dengan derajat pencemaran udara di udara. Pada keadaan normal, hujan sebenarnya sudah bersifat asam karena keberadaan CO2 di udara. Tapi pHnya tidak jauh di bawah 7. Tapi pada daerah dengan pencemaran udara berat, keasamannya jauh lebih rendah lagi.

C. Ada hubungan langsung antara hujan asam dengan korosi. Korosi, adalah pelapukan logam oleh zat zat oksidator. Asam, merupakan zat yang dapat dengan mudah mengoksidasi logam. Jadi ketika terjadi hujan asam, dapat dipastikan terjadi korosi pada logam yang terkena air hujan tersebut.

Dampak Hujan Asam.
Adapun dampak yang di timbulkan hujan asam, diantaranya seperti di bagian bawah ini:

– Hujan asam adalah racun bagi makhluk hidup khususnya umat manusia, karena akan berdampak bagi kesehatan. Air hujan asam akan menyebar ke perairan seperti sungai, danau dan tempat penyimpanan air lainnya, karena pH yang terlalu rendah sangat tidak baik untuk kesehatan manusia.
– Hujan asam dapat menghambat pertumbuhan makhluk hidup yang ada di perairan misalnya seperti ikan atau binatang yang hidup di air akan mati, karena pH yang semakin kecil dapat menghambat pertumbuhan benih-benih ikan, dan membuat ikan sulit untuk berkembang biak.
– Hujan asam dapat memusnahkan makhluk hidup yang ada di air, penelitian menunjukan bahwa plankton tidak bisa bertahan hidup jika pH air dibawah 5. Plankton adalah salah satu makanan bagi ikan, jika plankton musnah rantai makanan di perairanpun akan terputus.
– Hujan asam dapat merusak lingkungan dan akan menyebabkan banyak tumbuhan yang mati. Hujan asam dapat menghancurkan zat lilin yang ada pada tumbuhan. Sehingga nutrisi yang terkandung pada tumbuhan tersebut akan hilang, dan tumbuhan akan mudah terserang penyakit.
– Hujan asam juga dapat menyebabkan peningkatan konsentrasi logam dalam air. Dan juga dapat menyebabkan bangunan rusak karena berkarat.

Proses Terjadinya Hujan Asam.
Proses terjadinya hujan asam diawali dengan asap-asap yang salah satunya yang dikeluarkan industri atau pabrik karena asap tersebut mengandung gas So (sulfur oksida) dan N (nitrogen), dan gas yang dihasilkan kendaraan bermotor. Gas-gas tersebut akan bereaksi dengan uap air yang ada di udara, hasil dari reaksi tersebut menghasilkan asam sulfat, asam nitrin dan juga nitrat lalu secara besamaan akan berkondensasi membentuk awan. Lalu saat terjadi hujan maka air yang turun akan terasa asam dan sangat berbahaya bagi makhluk hidup yang ada di bumi.

Cara Mencegah dan Menanggulangi Hujan Asam.

– Gunakanlah energi secara bijak jangan terlalu berlebihan, jangan terlalu sering menggunakan bahan bakar fosil.
– Pakailah kendaraan bermotor seperlunya, kalau bisa usahakan pakai kendaraan umum saat berpergian.
– Jangan menebang pohon atau hutan sembarangan, dan tanamlah pohon atau reboisasi.
– Usahakan untuk memakai peralatan yang ramah lingkungan.