Apa Arti Dari Handsball?

Posted on

DETALOG.COM – Artikel kali ini akan membahas mengenai arti dari sebuah peraturan sepak bola, yaitu handsball. Dalam sebuah pertandingan sepakbola, ada peraturan yang sudah menjadi acuan bersama yang telah dikeluarkan oleh FIFA sebagai konfederasi terbesar sepakbola Internasional. Terkait peraturan sepakbola, ada lima kategori yang mengatur tentang pertandingan meliputi peraturan untuk pemain, peraturan terkait Fasilitas Pertandingan, Waktu permainan, dan pengatur pertandingan.

Pengertian Istilah Dalam Sepak Bola

1. Pengertian Offside

Offside adalah salah satu bentuk pelanggaran dalam pertandingan sepakbola karena posisi pemain berada sendirian di belakang pemain lawan ketika menerima umpan bola dari kawannya. Maka sering kita lihat wasit menganulir (membatalkan) Gol sebab posisi pemain dinyatakan Offside oleh hakim garis. Untuk penjelasan lebih detail, silahkan baca artikel berjudul “Pengertian dan Sejarah Asal Mula Offside”.

2. Pengertian Handsball

Handball juga termasuk pelanggaran yang bisa berakibat fatal apabila bola mengenai tangan dengan disengaja. Sebab handball adalah proses dimana bola mengenai tangan pemain. Secara garis besar ada dua jenis handball yaitu dilakukan secara sengaja atau tidak sengaja. Silahkan baca selengkapnya di “Pengertian dan Macam-Macam Handball Dalam Sepakbola”.

3. Pengertian Penalti

Penalti adalah proses tendangan bebas yang dilakukan melalui titik putih yang berada di area kotak 12 pas. Tendangan Penalti dikarenakan ada pelanggaran yang dilakukan oleh pemain terhadap lawan di area Kotak pertahanan Keeper (Penjaga Gawang). Baca selengkapnya pada artikel “Pengertian Penalti dan Apa Saja yang Menyebabkan Tendangan Penalti”.

4. Ekstra Time

Adalah waktu tambahan yang harus di lakoni oleh kedua tim yang sudah bertanding selama 2 x 45 menit dan hasil pertandingan masih imbang. Tambahan waktu ini memiliki durasi selama 2 x 15 menit dan berlaku pada saat laga knockout atau partai penentuan untuk melaju ke babak berikutnya. Extra Time ini berlaku pada pertandingan sistem gugur. Selengkapnya bisa baca di “Pengertian Extra Time Dalam Pertandingan Sepakbola”.

5. Akumulasi

Ialah salah satu sangsi yang dijatuhkan oleh wasit pengatur pertandingan kepada pemain. Akumulasi ini berlaku ketika pemain menerima kartu kuning atau merah. Dengan dijatuhkannya akumulasi ini, pemain sepakbola dilarang bermain pada laga berikutnya. Sangsi larangan bermain satu kali apabila pemain menerima 2 kartu kuning pada dua laga berturut-turut. Sedangkan apabila pemain menerima kartu merah, maka mendapatkan sangsi tidak boleh bertanding selama 3 kali pada berikutnya.

6. Kick Off

Tanda dimulainya pertandingan sepak bola baik babak pertama dan kedua dengan ditiupnya peluit oleh wasit pengatur pertandingan saat itu juga.

7. Yellow Card / Red Card

Yellow Card, atau kartu kuning adalah ganjaran yang harus diterima oleh pemain saat melakukan pelanggaran terhadap pemain lawan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan pemain mendapatkan kartu kuning diantaranya yaitu: 1. melakukan pelanggaran keras namun tidak berampak sangat buruk. 2. Sudah mendapatkan peringatan dari wasit karena sebelumnya sudah melakukan pelanggaran ringan. Dan lain sebagainya. Apabila pemain masih melakukan pelanggaran keras setelah mendapatkan kartu kuning, maka besar kemungkinan wasit akan mengganjarnya dengan kartu merah. Meskipun demikian, tidak jarang pemain langsung mendapatkan kartu merah karena melakukan pelanggaran yang sangat membahayakan atau merugikan pemain lawan.

8. Draw

Draw Ialah hasil imbang yang diperoleh kedua tim setelah bertanding selama 2 x 45 menit. Setiap tim akan mendapat satu poin jika bertanding imbang (Draw), dan akan mendapatkan 3 poin apabila mengalami kemenangan,dan tidak mendapat poin apabila menelan kekalahan. Ketentuan Poin Dalam Sepakbola ini berlaku pada semua laga kompetisi dan penyisihan grup.

9. Goal Kick

Tendangan gawang yang dilakukan oleh penjaga gawang atau pemain lainnya di area kotak pertahanan keeper.

10. Free Kick

Tendangan bebas yang diberikan oleh wasit terhadap tim yang dilanggar tim lawan yang dilakukan diluar kotak penalti.

11. Throw In

Yaitu proses lemparan bola oleh pemain kepada temannya yang dilakukan dari sisi garis lapangan sepakbola kedalam lapangan. Ada peraturan saat melakukan lemparan kedalam ini, diantaranya yakni 1. Tidak boleh melempar menggunakan satu tangan, harus dua tangan dengan cara mengayunkan bola dari atas di dorong kedepan. 2. Tidak boleh mengangkat satu atau dua kaki. 3. Kaki tidak boleh masuk kedalam melewati garis pembatas.

12. Additional Time

Waktu tambahan yang diberikan oleh pengatur pertandingan dalam hal ini wasit pembantu setelah 45 menit habis. Tambahan waktu paling lama bisa sampek 10 menit tergantung kalkulasi saat terjadi pelanggaran atau hal non teknis lainnya. Paling umum biasanya hanya 1-3 menit.