Sebutkan Macam-Macam Penyakit Tulang?

Posted on

DETALOG.COM – Tulang membantu pergerakan, memberikan bentuk dan mendukung tubuh. Peradangan, tumor, dan persendian adalah salah satu penyakit yang ada di tulang. Penyakit tulang, biasanya timbul dengan cara diam-diam tanpa diketahui penderitanya, sehingga penderita baru tau setelah penyakit tersebut parah. Penyakit tulang yang sering dijumpai saat ini adalah osteoporosis atau tulang keropos yang dapat membuat tulang patah sehingga tidak bisa beraktivitas seperti biasanya.

Tulang sering distereotipkan hanya sebagai kerangka pelindung dan mendukung bagi tubuh. Meskipun tidak melakukan fungsi ini, tulang sebenarnya adalah organ yang sangat dinamis yang terus renovasi dan berubah bentuk untuk beradaptasi dengan pasukan sehari-hari diletakkan di atasnya. Selain itu, tulang menyimpan nutrisi penting, mineral, dan lipid dan menghasilkan sel darah yang menyehatkan tubuh dan memainkan peran penting dalam melindungi tubuh terhadap infeksi. Seluruh fungsi ini menyebabkan sekitar 206 tulang tubuh manusia organ yang sangat penting bagi keberadaan kita sehari-hari.

Sistem rangka terdiri dari tulang, tulang rawan, dan selaput yang melapisi tulang. Setiap tulang adalah organ yang meliputi jaringan saraf, jaringan epitel (dalam pembuluh darah), dan jaringan ikat (darah, tulang, tulang rawan, lemak, dan jaringan ikat fibrosa).

Fungsi Tulang Pada Manusia

Tulang memiliki banyak fungsi, diantaranya sebagai berikut:

Dukungan: Tulang menyediakan kerangka kerja untuk lampiran dari otot dan jaringan lain.
Perlindungan: Bones seperti tengkorak dan tulang rusuk melindungi organ internal dari cedera.
Gerakan: Tulang memungkinkan gerakan tubuh dengan bertindak sebagai tuas dan titik attachment untuk otot.
Penyimpanan mineral: Tulang berfungsi sebagai reservoir untuk kalsium dan fosfor, mineral penting untuk berbagai kegiatan selular di seluruh tubuh.
Produksi sel darah: Produksi sel darah, atau hematopoiesis, terjadi di sumsum merah yang ditemukan dalam rongga tulang tertentu.
Penyimpanan energi: Lipid, seperti lemak, disimpan dalam sel adiposa dari sumsum kuning berfungsi sebagai cadangan energi.

Macam-Macam Penyakit Tulang

Adapun macam-macam penyakit tulang ialah:

– Osteoporosis
Seperti yang dijelaskan sebelumnya osteoporosis disebabkan tulang menurun sehingga rapuh dan mudah patah, osteoporosis disebabkan oleh kurangnya kalsium pada tulang.

– Kiposis
Gangguan pada tulang belakang sehingga tulang belakang melengkung ke depan dan muncul sehingga badan menjadi bongkok.

– Osteomalacia
Penyakit tulang yang satu ini disebabkan oleh kekurangan vitamin D atau juga bisa disebabkan oleh metabolisme pada tubuh,penyakit tulang osteomalacia sama seperti osteoporosis yaitu tulang akan mudah kropos dan patah.

– Ricket
Penyakit ricket sering terjadi pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan,penyakit ini disebabkan oleh penumpukan kalsium di tulang atau akibat radiasimatahari.

– Ankilosis
Gangguan pada persendian sehingga sendi tidak bisa digerakkan dan dimana ujung-ujung antara tulang terasa bersatu.

– Kaki Bengkok
kaki yang bengkok terjadi karena adanya gangguan pertumbuhan tulang pada pusat lutut atau juga bisa karena rapuh.

– Hidroxiapatite
Penyakit ini akibat penumpukan calcium piropospat ( sejenis kalsium tubuh ).

– Sarcoidosis
Penyakit ini merupakan peradangan yang bermula dengan ditandai terbentuknya granuloma di kelejer getah bening ,paru-paru,hati dan mata.

– Systemic Lupus Erythematosus (SLE)
Atau nama lainnya adalah lupus adalah penyakit anti imun dimana sitem kekebalan tubuh yang fungsinya melindungi orang tersebut akan terbalik menyerang tubuh dan melawan dirinya sendiri, biasanya orang yang menderita lupus akan merasakan ngilu yang luar biasa pada tulang .

– Keseleo / Terkilir
Adalah ganguan yang terjadi pada sendi tulang sehingga menyebabkan tulang menjadi tidak bisa digerakkan .

– Rakitis
Akibat seseorang tidak mau mengkonsumsi sayur atau kekurangan vitamin D , tulang akan menjadi bengkok dengan berbentuk huruf O atau X.

– Skoliosis
Penderita yang mengalami penyakit ini mempunyai pertumbuhan tulang yang aneh , tulang belakang penderita akan tumbuh melengkung ke samping kiri ataupun kanan.

Penyebab penyakit tulang biasanya kekurangan kalsium, kekurangan vitamin serta tidak berolahraga. Sistem kerangka tulang yang sehat dan kuat sangat penting untuk keseluruhan kesehatan dan kualitas hidup yang baik.

Tulang sangatlah berperan dalam organ tubuh, karena tulanglah pondok utama untuk bergerak, jadi jika sekarang Anda belum mempunyai masalah pada tulang dan persendian, jagalah tubuh Anda sebaik mungkin.