Sebutkan Nama Hewan di Benua Eropa

Posted on

Sekilas Mengenai Benua Eropa.

Benua eropa dapat dikatakan sebagai semenanjung bagian Barat Benua Asia yang dibatasi oleh rangkaian Pegunungan Ural karena letaknya memang berada di sebelah barat Benua Asia.

Jika dilihat secara geografis, Eropa sebenarnya bukanlah sebuah benua. tapi dilihat dari kemajuan budaya dan perannya yang menonjol. akhirnya eropa bisa berdiri sendiri hingga disebut sebagai sebuah benua.

Secara astronomis, Benua Eropa terletak di antara ± 10° BB – 59° BT dan ± 71° LU – 35° LU, sehingga seluruh wilayahnya berada di belahan bumi Utara. Luas wilayahnya mencapai ± 10.355.000 km² (± 6,5 % luas wilayah daratan dunia) dengan batas-batas wilayah berikut ini.

1) Sebelah Utara berbatasan dengan Samudra Arktik.

2) Sebelah Timur berbatasan dengan Benua Asia.

3) Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Tengah, Laut Hitam, dan negara Turki.

4) Sebelah Barat berbatasan dengan Samudra Atlantik.

 

Iklim di Eropa.

Eropa merupakan benua yang terletak di lintang tinggi, sehingga terletak di kawasan beriklim sedang hingga dingin, bahkan ada wilayahnya di bagian Utara yang telah masuk lingkaran Kutub Utara. Keadaan tersebut menyebabkan Eropa mempunyai kondisi iklim berikut ini.

  1. a) Di bagian pantai Barat dipengaruhi iklim laut dari Samudra Atlantik, arus hangat yang mengalir dari Samudra Atlantik menyebabkan kawasan pantai di daerah tersebut tidak membeku.
  2. b) Di bagian tengah terjadi peralihan iklim maritim yang basah ke iklim kontinen yang kering.
  3. c) Di bagian Selatan dipengaruhi iklim Laut Mediterania dan angin dari kawasan gurun yang panas, sehingga kondisi cuacanya menjadi lebih hangat.
  4. d) Di bagian Utara dipengaruhi iklim kutub yang dingin.

 

Keadaan Alam

Keadaan Alam Benua Eropa dapat dibedakan menjadi tiga bentang alam, yaitu sebagai berikut:

  1. Dataran Rendah.

Sekitar dua pertiga wilayah Eropa merupakan dataran rendah. Dataran rendah ini membentang dari barat ke timur dan dikelilingi oleh pegunungan Ural., Danau Laut Kaspia, Pegunungan Kaukaskus, Laut Hitam, Pegunun gan Alpen, dan kawasan Skandinavia Timur.

  1. Jalur Lautan Lipatan

Jalur pegunungan lipatan terdiri atas pegunungan Alpen, pegunungan Ural, pegunungan Kaukasus. Ketiga pegunungan ini merupakan bagian dari sistem Pegunungan Sikum Mediterania.

  1. Dataran Tinggi di Wilayah Semenanjung

Di Benua Eropa terdapat empat semenanjung yang luas, yaitu Semenanjung Skandinavia dibagian utara Eropa, Semenanjung Siberia (Spanyol dan Portugal), Semennanjung Italia (Appenina), dan Semenanjung Balkan (Yunani).

Persebaran Fauna di Benua Eropa.

Alfred Russel Wallace mengemukakan dipermukaan bumi ini terdapat enam kawasan persebaran fauna, yaitu kawasan Neartik, Neotropik, Australia, Oriental, Paleartik, dan Ethiopia. Alfred Russel Wallace membagi wilayah persebaran fauna di Benua Eropa termasuk dalam wilayah Paleartik. Wilayah persebarannya yakni, hampir seluruh wilayah Eropa, Uni Soviet (Rusia), daerah kutub utara sampai pegunungan himalaya, kepulauan inggris di Eropa Barat sampai jepang, selat bering di pantai pasifik dan benua Afrika paling utara.

 

Ada beberapa faktor alam yang bisa mempengaruhi persebaran fauna di dunia yang bersifat menghambat, yakni faktor yang berhubungan dengan faktor fisik atau keadaan bumi, antara lain:

* Perairan (sungai, danau, laut)

* Daratan (gunung, lembah, jurang, padang pasir, dll)

* Iklim ( suhu, tekanan udara, kelembaban, dll)

Flora dan fauna yang berkembang di Benua Eropa pada dasarnya sama dengan flora dan fauna yang berkembang di kawasan beriklim sedang dan dingin. Jenis flora yang tumbuh di kawasan ini, adalah hutan konifera (tumbuhan berdaun jarum) dan hutan yang meluruhkan daunnya di musim gugur.

Jenis flora yang lain adalah pohon maple, ek, iris, lily, dan zaitun. Adapun fauna atau binatang-binatang yang berasal dari wilayah palearktik ini antara lain kelinci, sejenis tikus, berbagai spesies anjing, kelelawar. Bajing, rubah, serigala dan kijang telah menyebar ke wilayah lainnya di seluruh daratan eropa. Sedangkan hewan khas  yang hidup di Eropa adalah rusa kutub, beruang kutub, bison, tikus, ikan tuna, dan ikan haring.