Suku Asli Amerika Serikat

Posted on

DETALOG.COM – Amerika Serikat (AS) atau secara umum dikenal dengan nama Amerika adalah sebuah negara republik konstitusional federal yang terdiri dari 50 negara bagian dan sebuah distrik federal. Amerika Serikat terletak di bagian tengah Amerika Utara, yang menjadi lokasi dari 48 negara bagian yang saling bersebelahan, beserta distrik ibu kota Washington D.C. Amerika Serikat diapit oleh Samudera Pasifik di sebelah barat dan Samudera Atlantik di sebelah timur, juga berbatasan dengan Kanada di sebelah utara, dan Meksiko di sebelah selatan. 2 negara bagian lainnya yang terletak terpisah dari dataran utama Amerika Serikat, yaitu:

  1. Alaska terletak di sebelah ujung barat laut Amerika Utara dan berbatasan dengan Kanada di sebelah timur serta Rusia di sebelah barat, yang dipisahkan oleh Selat Bering.
  2. Hawaii adalah sebuah kepulauan yang berlokasi di Samudera Pasifik.

Negara Bagian Amerika Serikat Lainnya

  1. Alabama
  2. Arizona
  3. Arkansas
  4. California
  5. Colorado
  6. Connecticut
  7. Delaware
  8. Florida
  9. Georgia
  10. Idaho
  11. Illinois
  12. Iowa
  13. Kansas
  14. Kentucky
  15. Louisiana
  16. Maine
  17. Maryland
  18. Massachusetts
  19. Michigan
  20. Minnesota
  21. Mississippi
  22. Missouri
  23. Montana
  24. Nebraska
  25. Nevada
  26. New Hampshire
  27. New Jersey
  28. New Mexico
  29. New York
  30. North Carolina
  31. North Dakota
  32. Ohio
  33. Oklahoma
  34. Oregon
  35. Pennsylvania
  36. Rhode Island
  37. South Carolina
  38. South Dakota
  39. Tennessee
  40. Texas
  41. Utah
  42. Vermont
  43. Virginia
  44. Washington
  45. West Virginia
  46. Wisconsin
  47. Wyoming

Selain itu, Amerika Serikat juga memiliki beberapa teritori di kawasan Pasifik dan Karibia. Dengan wilayahnya yang seluas  3,79  juta mil persegi (9,83 juta km2) dan jumlah penduduk sebanyak 315 juta jiwa, Amerika Serikat merupakan negara terluas ke-3 atau ke4 di dunia, dan terbesar ke-3 menurut jumlah penduduk. Amerika Serikat juga adalah salah satu negara yang paling multi etnik dan paling multi kultural di dunia, yang muncul akibat adanya imigrasi besar-besaran dari berbagai penjuru dunia.

Suku Asli Amerika Serikat

Karena Amerika merupakan negara yang paling multi etnik di dunia, mungkin kita jadi bertanya-tanya tentang suku asli dari negara ini. Meskipun multi etnik, Amerika juga memiliki suku asli lho! Bisa dikatakan jika suku asli dari orang-orang Amerika adalah suku Indian. Lalu bagaimana sejarahnya sehingga suku Indian menjadi suku asli Amerika? Mari disimak penjelasannya berikut ini.

Sekitar 20.000 tahun yang lalu datanglah arus gelombang penduduk dari Asia dimana mereka datang karena mengikuti hewan buruan dengan mengembara dan melewati selat Bering yang dulunya masih berupa tanah genting, dan kini telah menjadi pemisah titik paling timur di benua Asia dan titik paling barat di benua Amerika. Karena merasa cocok dengan lingkungan di sana saat itu, akhirnya lambat laun mereka pun menetap dan berkembang menjadi berbagai suku. Selama berabad-abad mereka membangun tatanan masyarakat secara teratur.

Pada abad ke-16, orang Eropa juga tiba di Amerika Utara untuk pertama kali. Begitu tiba di Amerika, orang-orang Eropa itu mengira bahwa mereka telah tiba di India yang berada di benua Asia, dan begitu mereka melihat penduduk asli yang telah lama menetap di sana, mereka pun menyebutnya sebagai orang “Indian“. Kedatangan orang Eropa itu telah mengancam keberadaan suku Indian karena orang Eropa juga menginginkan tanah sehingga hal ini menimbulkan pertempuran antara kedua belah pihak.

Kemudian pada abad ke-19, suku Indian kembali melawan pemerintah Amerika Serikat yang berusaha menggusur mereka. Lewat perjuangan sengit, suku Indian akhirnya dipindahkan ke reservat, daerah khusus buat mereka, dan hingga kini masih banyak suku Indian yang hidup menetap di sana. Keberadaan suku Indian juga telah meninggalkan sejumlah bentuk peninggalan seperti kebudayaan Mississippi pra Columbia, mengembangkan teknik pertanian yang maju, arsitektur bangunan yang megah, serta tatanan masyarakat yang setingkat negara.

Suku-suku Indian yang terkenal antara lain:

  • Apache
  • Cherokee : yang hidup di daerah timur.
  • Cheyenne
  • Comanche
  • Don Sioux : yang hidup di Great Plains.
  • Huron
  • Iroquois
  • Navajo
  • Pueblo : yang hidup di daerah barat daya.

Penduduk Asli Amerika Serikat Lainnya

Selain suku Indian, Amerika juga masih memiliki sejumlah penduduk asli yang telah diakui, antara lain:

  • Penduduk Asli Alaska : pribumi negara bagian Alaska, termasuk orang Eskimo-Aleut (orang Eskimo Inuit, Yupik, dan Aleut), Athabascan, Eyak, Haida, Tlingit, dan Tsimshian.
  • Penduduk Asli Hawaii : pribumi negara bagian Hawaii.
  • Penduduk Kepulauan Pasifik, termasuk orang-orang di dependensi Pulau Pasifik (mis. Chamorro, Marshall), dan juga warga-warga Pasifik lainnya.