Contoh Paragraf Eksposisi

Posted on

Eksposisi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang dimana isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, akurat, dan padat. Sementara teks eksposisi adalah suatu teks yang berfungsi untuk memaparkan dan menjelaskan suatu informasi.  Tujuan tersebut dapat dengan mudah kita pahami berdasarkan kata bahasa Inggrisnya, yaitu expose yang  berarti ‘menyingkap’ atau ‘membongkar’. Dalam teks eksposisi terkandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat, dan akurat.

 

Ciri-ciri paragraf eksposisi

Berikut ini adalah ciri-ciri yang dimiliki oleh paragraf eksposisi

 

  1. Di dalam paragraf eksposisi terdapat definisi atau pengertian mengenai istilah dari suatu topik pembahasan.
  2. Paragaf eksposisi bersifat informative. Dengan kata lain, paragraf ini mampu memberikan informasi kepada para pembacanya.
  3. Karena tujuan utamanya yang untuk memberikan informasi, paragraf eksposisi bersifat obyektif dan netral. Paragraf ini tidak memiliki unsur yang bersifat mengajak atau mempengaruhi pembacanya.
  4. Agar penjelasan atau informasi yang disampaikan kuat dan terpercaya, tidak jarang paragaf ini menyertai data-data yang akurat di dalamnya.
  5. Paragraf eksposisi yang baik dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan apa, mengapa, siapa, di mana, kapan dan bagaimana.

 

 Jenis-Jenis Teks Eksposisi

* Eksposisi definisi.

Eksposisi definisi merupakan paragraf eskpoisi yang berisi tentang pengertian suatu hal. Contohnya:

-> Kunyit merupakan tanaman herbal dan rempah dari asi tenggara. Selain bermanfaat sebagai bumbu masak, kunyit juga bisa digunakan sebagai  salah satu bahan pengobatan yang berkhasiat seperti untuk mengobati bengkak, antiseptik, mendinginkan badan, mengatasi hidung tersumbat dan sebagainya.

* Eksposisi Proses.

Eksposisi proses adalah suatu paragraf eskposisi yang berisi tentang proses penggunaan, pembuatan atau cara melakukan sesuatu. Contohnya:

-> Jeruk nipis ternyata sangat bermanfaat dalam mengobati batuk. Jeruk nipis mengandung minyak asiri dan zat bermanfaat lainnya yang bisa membantu meredakan batuk dan mengendalikan oto pernapasan. Cara menggunakannya juga pun cukup mudah, yaitu, meminum air perasan jeruk nipis secara langsung atau dapat juga di campur dengan madu ataupun kecap manis untuk mengurangi rasa asamnya.

* Eksposisi Klasifikasi.

Paragraf yang berisikan pengelompokan sesuatu. Contohnya:

-> Pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan rumah atau bangunan kepada korban gempa. Bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakannya. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar 10 juta. Warga yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat mendapat bantuan sekitar 30 juta. Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dengan pengawasan dari pihak LSM.

* Eksposisi Ilustrasi.

Paragraf yang berisi gambaran sederhana mengenai suatu hal dengan hal lainnya yang memiliki kemiripan atau kesamaan sifat. Contohnya:

-> Menurut undang-undang ketenagakerjaan semua perusahaan diwajibkan menjamin keselamatan dan kesehatan setiap setiap tenaga kerjanya. Jam kerja para karyawan ditentukan. Biasanya 8 jam sehari. Tiga jam setelah bekerja, mereka diberikan kesempatan untuk istirahat selama lebih kurang 15 menit. Waktu istirahat digunakan untuk minum dan menikmati makanan kecil. Selelah itu mereka bekerja kembali. Selain itu, para pekerja diwajibkan mengenakan masker, khususnya di tempat kerja yang berasap, berdebu, dan berbau.

* Ekskposisi Perbandingan.

Paragraf yang berisi tentang penjelasan ide pada kalimat utama dengan melakukan perbandingan dengan hal lainnya. Contohnya:

-> Pasca gempa dengan kekuatan 5,9 skala richter, sebagian Yogyakarta dan Jawa Tengah luluh lantak. Keadaan ini mengundang perhatian berbagai pihak. Bantuan pun berdatangan dari dalam dan luar negeri. Bantuan berbentuk makanan, obat-obatan, dan pakaian dipusatkan di beberapa tempat. Hal ini dimaksudkan agar pendistribusian bantuan tersebut lebih cepat. Tenaga medis dari daerah-daerah lain pun berdatangan. Mereka memberikan bantuan di beberapa rumah sakit dan tenda – tenda darurat.

* Eksposisi Laporan

Paragraf yang berisi laporan. Misalnya mengenai suatu kejadian. Bertujuan memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, mengajarkan, dan menerangkan sesuatu. Contohnya:

-> Penerbangan MH 370 milik Malaysia Airlines hilang dalam penerbangan dari Kuala Lumpur, Malaysia, menuju Beijing, China, Sabtu (8/3/2014) pagi. Di antara 239 penumpang, termasuk dua bayi dan 12 kru pesawat itu, terdapat 12 orang Indonesia.