Lagu Maju Tak Gentar Menggambarkan Tentang

Posted on

DETALOG.COM – Indonesia dikenal sebagai salah satu Negara yang memiliki lagu Nasional terbanyak dibanding Negara lainnya. Ada beberapa lagu Nasional yang biasanya dinyanyikan saat hari peringatan seperti Indonesia Raya saat perayaan 17 agustus atau upacara bendera. Selain itu ada juga lagu bebas lainnya yang biasa dinyanyikan seperti lagu maju tak gentar.

Lagu maju tak gentar termasuk dalam jenis lagu nasional yang bertema perjuangan. Lagu Perjuangan Indonesia disebut dengan istilah musik fungsional yang diciptakan untuk tujuan nasional. Dalam sejarah musik dikenal bahwa musik berfungsi mengiringi peribadatan agama (ritual), musik mengiringi tari berfungsi sebagai sarana hiburan. Fungsi primer lagu-lagu perjuangan Indonesia adalah sebagai sarana upacara, dimana kedudukan para pemain dan peserta didalam seni pertunjukan harus dilibatkan, hingga seni pertunjukan jenis ini bisa disebut the Art of Participation. Fungsi sekunder lagu-lagu perjuangan sebagai media agitasi politik berguna untuk membangkitkan semangat perjuangan melawan penindasan, dan keberadaan jenis lagu-lagu ini di Indonesia pada masa perang kemerdekaan jumlahnya cukup banyak. Sebagai seni pertunjukan dalam lagu-lagu perjuangan, idiom musik barat dikemas berdasarkan kemampuan musikalitas masyarakat pendukungnya. Unsur teknis bernyanyi tidak begitu penting, diutamakan makna serta isi teks lagu bersifat agitasi disampaikan dan dihayati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Pencipta Lagu Maju Tak Gentar
Lagu maju tak gentar adalah lagu yang diciptakan oleh Cornel Simandjuntak. Lagu ini digunakan untuk mendukung revolusi tahun 1945 judul dan syairnya diubah oleh penciptanya seperti sekarang yang berkumandang memepringati HUT RI 17 Agustus setiap tahunnya.

Makna Lagu Maju Tak Gentar
Lagu maju tak gentar dimaksudkan untuk memotivasi rakyat perang semesta guna membangkitkan semangat membela tanah air.Lagu ‘Maju tak Gentar’ menggambarkan keberanian rakyat dengan perlengkapan seadanya melawan Belandayang bersenjatakan lengkap dan modern, tapi dengan jiwa semangat lagu ini mampu membangkitkan pejuang digaris depan.

Lirik Lagu Maju Tak Gentar

Maju tak gentar
Membela yang benar
Maju tak gentar
Hak kita diserang

Maju serentak
Mengusir penyerang
Maju serentak
Tentu kita kita menang

Reff :
Bergerak bergerak
Serentak menerkam
Menerjang terjang tak gentar

Tak gentar tak gentar
Menyerang menyerang

Ciri-ciri Lagu Nasional
Dalam lagu nasional, terdapat ciri-ciri dalam pembuatannya, yaitu;

1. Lirik lagu Nasional atau wajib bertujuan untuk menanamkan sikap cinta tanah air dan bangsa, heroisme, patriotisme, dan nasionalisme serta rela mengorbankan jiwa dan raga demi kelangsungan hidup bangsa.
2. Lagu Nasional atau wajib biasanya menggunakan irama yang penuh semangat atau berbentuk hymne.
3. Lagu-lagu Nasional diajarkan, dipelajari dan dihayati sesuai dengan maksud dan tujuan yang terkandung di dalamnya.
4. Ketika menyanyikan sebuah lagu harus diperhatikan ritme. Ritme adalah panjang pendeknya bunyi dari serangkaian not yang dihitung dengan ketukan. Sedangkan pitch atau tinggi rendahnya nada sangat tergantung pada getaran atau frekuensi gelombang suara yang dihasilkan. Semakin banyak getarannya, semakin tinggi nadanya, demikian juga sebaliknya. Nada-nada dalam sebuah lagu atau musik, telah memiliki takaran getaran atau besarnya frekuensi getarannya masing-masing.