Tumbuhan Kina yang Dimanfaatkan untuk Obat

Posted on

DETALOG.COM – Pernah liat pohon Kina ? apa sih manfaat pohon Kina itu? Yuk simak artikel tentang pohon Kina berikut ini!

PENGERTIAN POHON KINA

Pohon kina adalah salah satu tumbuhan yang hidup di hutan dan sangat langkah. Tumbuhan ini dapat di peroleh di tempat-tempat / toko obat herbal yang sudah proses dalam bentuk ramuan atau kapsul. Perlunya pelestarian tumbuhan ini agar tidak mudah punah. Kulit kayu pohon kina bermanfaat untuk mengobati pengakit malaria, sebagian masyarakat belum tahu manfaat dari tumbuhan ini. Bagi masyarakat yang bertempat tinggal di pinggiran hutan atau di dalam hutan, bisa memanfaatkan tumbuhan ini sebagai pengobatan pada penyakit malaria.

Tanaman Kina berbentuk perdu besar atau pohon kecil dan berasal dari daerah tropis Amerika Selatan. Tingginya dapat mencapai 5—15 meter. Kulit pohonnya merupakan sumber dari berbagai jenis alkaloid.

Tumbuhan kina baik untuk mencegah serangan serangga dan jamur. Bagi anda yang ingin memanfaatkan kulit kayu kina ini untuk kecantikan, anda bisa merebusnya dengan air lalu airnya diminum bermanfaat mencegah serangan jamur pada kulit. Salah satu uji klinis, ternyata pohon kina ini bermanfaat juga buat hewan, sebagai obat-obatan darurat untuk hewan langkah yang berada di cagar alam. Perlunya pemerintah melestarikan budi daya alam terutama hutan agar tidak ada lagi sembarangan penebangan pohon liar.

Digunakan juga untuk mengobati gangguan pembuluh darah termasuk wasir, varises, dan kram kaki. Beberapa orang menggunakan kina untuk mengatasi influenza ringan, flu babi, flu biasa, malaria, dan demam. Kegunaan lain adalah untuk mengobati penyakit kanker, mulut dan tenggorokan, pembesaran limpa, dan kram otot.

Pohon kina digunakan dalam lotion untuk mengurangi rasa nyeri mata, membunuh kuman dan sebagai astringent. Ekstrak Kina juga digunakan pada kulit untuk merangsang pertumbuhan rambut, dan mengobati varises.

Pohon kina saat ini susah di peroleh di pasaran karena begitu langkahnya. Anda hanya bisa memperolehnya dalam bentuk pengobatan herbal. Begitu banyak negara-negara, seperti Afrika, Amerika dan Eropa, mengelola tumbuhan kulit kayu pohon kina menjadi pengobatan herbal dan diperdagangkan ke seluruh dunia. Benua Asia pun mengelola tumbuhan ini menjadi pengobatan herbal dan di perdagangan ke seluruh dunia.

Bagi anda yang sudah mengetahui manfaat dan sudah mengetahui seluk beluk pohon kina ini jadi anda tidak perlu risau lagi tentang bagaimana mengobati penyakit malaria dan tidak musti berobat ke dokter, cukup anda memanfaatkan tumbuhan alam di sekitar anda sebagai salah satu pengobatan herbal. Untuk yang mengalami penyakit kulit karena serangan jamur, anda bisa mengolah kulit kayu pohon kina menjadi ramuan untuk diminum agar jamur tidak timbul lagi. Buat anak-anak anda yang mengalami serangan serangga atau gigitan serangan, anda bisa memberikan ramuan kulit kayu pohon kina bermanfaat menghilangkan bekas dan efek pada gigitan serangga.

EFEK SAMPING

Kulit kayu Kina tampaknya aman bagi kebanyakan orang ketika digunakan dengan tepat. Namun, dalam jumlah besar, kina tidak aman dan dapat mematikan. Gejala overdosis meliputi
– Telinga berdenging
– Sakit kepala
– Mual
– Diare
– Gangguan penglihatan.
– Kina juga dapat menyebabkan reaksi pendarahan dan alergi, termasuk gatal-gatal dan demam.