Hewan Dari Filum Apa Yang Dapat Digunakan Untuk Obat Tifus?

Posted on

DETALOG.COM – Tipes atau thypus adalah penyakit infeksi bakteri pada usus halus dan terkadang pada aliran darah yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi A, B dan C, selain ini dapat juga menyebabkan gastroenteritis (keracunan makanan) dan septikemia (tidak menyerang usus)

Penyakit Tipes dapat ditularkan melalui makanan dan minuman yang tercemar dengan kuman Tipes , Salmonella typhosa, kotoran, atau air kencing dari penderita Tipes. Untuk yang sering menderita tipes ada kemungkinan besar makanan atau minuman mungkin tercemar bakterinya.Untuk pengobatan, tipus juga bisa disembuhkan selain dengan medis juga bisa dengan menggunakan cara alami yaitu dengan mengkonsumsi kapsul serbuk cacing tanah.

Cacing Tanah

Cacing tanah atau yang memiliki nama latin (Lumbricus Teresstris) adalah nama yang umum digunakan untuk kelompok Oligochaeta, yang kelas dan subkelasnya tergantung dari penemunya dalam filum Annelida.

Dari 1800 spesies cacing (piogama.ugm.ac.id), hanya dua spesies cacing yang sering dijadikan obat tradisional, yaitu Cacing Eropa atau Introduksi (Lumbricus rubellus) dan Cacing Kalung atau Long(Pheretima aspergillum).

Cacing tanah jenis Lumbricus mempunyai bentuk tubuh pipih. Jumlah segmen yang dimiliki sekitar 90-195 dan klitelum yang terletak pada segmen 27-32. Hewan ini sering dianggap sebagai hewan yang paling menggelikan bagi sebagian orang terutama para wanita karena bentuknya yang panjang ,berlendir dan menggeliat. Namun, hewan ini ternyata memiliki banyak manfaat.

Cacing kalung atau dalam bahasa ilmiahnya Pheretima aspergillum, telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia tentang keampuhannya menyembuhkan penyaki Tifus.

Manfaat cacing tanah sebagai obat tifus sudah tersohor sejak dulu. Bahkan beberapa orang sudah mengidentikkan cacing tanah sebagai obat tifus. Para ahli farmakologi pun sudah mempercayai cacing tanah sebagai obat tifus. Karena cacing tanah bersih mampu menghambat pertumbuhan bakteri salmonella penyebab tifus.

Jika Anda ingin mengobati penyakit tifus dengan cacing tanah  cukup mengkonsumsi hasil rebusan cacing tanah. Jika Anda ingin yang lebih praktis, Anda tinggal membeli kapsul cacing bubuk. Kemudian mengkonsumsinya bersama madu.

Selain sebagai obat tifus, cacing tanah juga memiliki manfaat lain yang bisa dijadikan sebagai obat penyembuh ajaib untuk berbagai jenis penyakit yakni ;

1. Pengobatan Tradisional Typus, Tipes atau Tifus
2. Menurunkan kadar kolesterol
3. Meningkatkan daya tahan tubuh ( sistem kekebalan Tubuh )
4. Menurunkan tekanan darah tinggi ( Hipertensi )
5. Meningkatkan nafsu makan
6. Mengobati infeksi saluran pencernaan yang disebabkan typus, disentri, diare, dan gangguan perut lainnya seperti sakit maag.
7. Mengobati penyakit seperti infeksi saluran pernapasan: batuk, asma, influenza, bronchitis dan TBC
8. Mengurangi rasa sakit karena kelelahan atau karena rematik
9. Menurunkan kadar gula darah diabetes
10.Mengobati wasir, exim, alergi, luka dan penyakit

Cara Pengolahan Cacing Tanah

Ada beberapa cara / proses dalam mengolah daging cacing tanah lumbricus rubellus, diantaranya adalah proses pengolahan kapsul cacing tanah dilakukan dengan system higroscopy yaitu kandungan air cacing tanah diserap dengan menggunakan kain kasa. Selain itu ada juga cara lain dari pengolahan cacing tanah yaitu ;

1.Cari cacing tanah merah yang bentuknya kecil – kecil, (cacing kruntel yang biasa digunakan untuk umpan memancing ikan) dan bukan cacing yang hitam dan besar.

2.Bersihkan dan pastikan sudah tidak ada unsur tanah atau kotoran lain, sekedar untuk menjaga higienisnya saja.

3.Tuangkan air kira – kira 3 gelas untuk ukuran diminum 3 X sehari.

4.Masukkan cacing dan rebus hingga mendidih.

5.Saring dan ambil airnya saja.

6.Dinginkan sebentar atau minumkan hangat – hangat.