Karakteristik Daerah Masyarakat Papua

Posted on

DETALOG.COM – Papua adalah sebuah provinsi terluas Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur West New Guinea (Irian Jaya). Belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini atau East New Guinea. Provinsi Papua dulu mencakup seluruh wilayah Papua bagian barat, namun sejak tahun 2003 dibagi menjadi dua provinsi di mana bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya memakai nama Papua Barat. Papua memiliki luas 808.105 KM persegi dan termasuk pulau terbesar kedua di dunia dan pulau terbesar pertama di Indonesia.

Perkembangan asal usul nama pulau Papua memiliki perjalanan yang panjang seiring dengan sejarah interaksi antara bangsa-bangsa asing dengan masyarakat Papua, termasuk pula dengan bahasa-bahasa lokal dalam memaknai nama Papua.

Provinsi Papua dulu mencakup seluruh wilayah Papua bagian barat. Pada masa pemerintahan kolonial Hindia-Belanda, wilayah ini dikenal sebagai Nugini Belanda (Nederlands Nieuw-Guinea atau Dutch New Guinea). Setelah berada bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia, wilayah ini dikenal sebagai Provinsi Irian Barat sejak tahun 1969 hingga 1973. Namanya kemudian diganti menjadi Irian Jaya oleh Soeharto pada saat meresmikan tambang tembaga dan emas Freeport, nama yang tetap digunakan secara resmi hingga tahun 2002.

UU No. 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua mengamanatkan nama provinsi ini untuk diganti menjadi Papua. Pada tahun 2003, disertai oleh berbagai protes (penggabungan Papua Tengah dan Papua Timur), Papua dibagi menjadi dua provinsi oleh pemerintah Indonesia; bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya menjadi Provinsi Irian Jaya Barat (setahun kemudian menjadi Papua Barat). Bagian timur inilah yang menjadi wilayah Provinsi Papua pada saat ini.

Nama Papua Barat (West Papua) masih sering digunakan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM), suatu gerakan separatis yang ingin memisahkan diri dari Indonesia dan membentuk negara sendiri.

PEMERINTAHAN

Daerah (Provinsi) Papua beribu kota di Jayapura dan secara pentadbirannya terdiri pada : 9 pemerintahan Kabupaten yaitu kabupaten Jayapura, Jayawijaya, Merauke, Fak-fak, Sorong, Manokwari, Biak Numfor, Yapen Waropen dan Nabire. Dua pemerintahan kota yaitu kota Jayapura, dan kota Sorong, tiga pemerintahan Kabupaten Administratif yaitu puncak jaya,. Jumlah kecamatan di Papua adalah 173 kecamatan yang mencakupi 2.712 desa dan 91 kelurahan .

KARAKTERISTIK ORANG PAPUA

• Suka menyelesaikan suatu permasalahan dengan hukum adat dibandingkan dengan hukum pidana
atau perdata.
• Jika negosiasi kedua pihak tidak mencapai kesepakatan bersama, keputusan akhir adalah
perang adat.
• Ramah terhadap orang asing. Contohnya : selalu menyapa setiap bertemu meskipun belum
mengenal satu sama lain.
• Dialek asli bernada tinggi bukan berarti sedang marah.
• Ketika mereka di suatu tempat yang ramai sering terjadi keributan antara sesama mereka
• orang papua berdasarkan karena hanya tempat penjual dimana mereka saling mengadu-domba,
• muncullah sikap yang buruk mereka sering mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas di dengar
oleh orng lain.
• Orang Papua dikenal suka minum minuman keras
• Sangat mengutamakan keluarganya di atas segala-galanya
• Mempunyai rasa keterikatan emosi yang kuat dengan budaya dan tanah asalnya
• Rasa persatuan yang kuat dengan sesama orang Papua.