Cara Menentukan Titik Koordinat Letak Sekolah

Posted on

DETALOG.COM – Titik koordinat adalah titik yang berpedoman pada garis latitude (garis lintang) dan longitude (garis bujur) suatu daerah. Kedua garis inilah yang menentukan diperolehnya suatu nilai derajat dari suatu titik yang diukur.

Titik Koordinat suatu tempat diperlukan untuk menentukan suatu lokasi tempat itu secara lebih detil. Dengan mengetahui titik koordinat suatu tempat maka kita bisa mengetahui alamat serta letak geografis dari tempat tersebut.

Berikut ini beberapa cara yang dapat digunakan untuk mencari titik koordinat sekolah :

1. Menggunakan Aplikasi Android

Bagi kalian pengguna gadget android ber-GPS, pasti akan sangat di mudahkan dalam mencari letak garis  Latitude dan Longitude sekolah. Ada sebuah aplikasi gratis yang sangat bermanfaat untuk menentukan letak garis koordinat sekolah.

Aplikasi itu adalah One Touch Location, yaitu merupakan suatu aplikasi yang sangat berguna untuk mencari titik koordinat suatu tempat atau sekolah. Interface-nya yang sederhana membuat aplikasi ini sangat cepat untuk menentukan lokasi suatu tempat. Selain mencari titik lokasi, hasil pencarian bisa langsung di kirim dengan menggunakan email, sms, serta akun-akun sosial media lainnya.

Jadi, jika kalian ingin mencari tahu letak koordinat sekolah kalian, maka segeralah meluncur ke Play Strore pada gadget android-mu dan instal aplikasi ini karena aplikasinya mudah digunakan, ditambah lagi review yang positif dari pengguna-penggunanya. Ditambah lagi kapasitasnya yang tidak terlalu memakan memori karena hanya sebesar 1,36 mb.

2. Menggunakan Aplikasi Google

Sejak internet berkembang pesat, akses informasi juga sangat mudah didapatkan dengan adanya Google. Sampai-sampai ada kalimat lucu yang berbunyi “apa sih yang tidak bisa didapatkan di google?” Hampir semua informasi bisa kita dapatkan melalui Google termasuk dalam mecari tahu tentang titik koordinat suatu tempat termasuk sekolah.

Google pun menyediakan aplikasi Google Maps atau Google Earth untuk mencari tahu letak suatu lokasi. Google Maps atau Google Earth memungkinkan kita untuk mencari tahu berapa titik koordinat suatu lokasi dimana kita berada selama kita terhubung dengan jaringan internet. Adapun langkah-langkah detil penggunaannya :

  1. Buka http://maps.google.com
  2. Klik menu Get Directions (Petunjuk arah)
  3. Ketik nama jalan/nama tempat/nama kota yang akan kalian cari tahu titik koordinatnya
  4. Untuk info detil selanjutnya, silahkan klik laman berikut ini –> HERE

3. Menggunakan Aplikasi here.com

  1. Masuk ke alamat situs here.com dan search lokasi tempat yang ingin kalian cari.
  2. Setelah itu cari lokasi di mana titik akan di cari, misalnya sekolah, usahakan letak sekolah berada di tengah dari browser.
  3. Zoom sekolah tersebut di lokasi paling besar.
  4. Catat lokasi titik koordinat yang berada di address bar.
  5. Hasil dari browser ada 2 yang dibatasi koma, yaitu -4.2832832,122.2037044. Angka di bagian depan adalah garis lintang (latitude) = -4.2832832, dan garis setelah koma di adalah garis bujur (longitude) = 122.2037044.

titik koordinat

 

Cara Penulisan Titik Koordinat

Penulisan Titik Koordinat

Titik koordinat memiliki 2 cara penulisan, yaitu :

  • Decimals Degrees (DD)
    • Contoh penulisan :
      • Longitude (Bujur) : 122.2056608
      • Latitude (Lintang) : -4.2824
  • Degrees Minutes Seconds (DMS)
    • Contoh penulisan :
      • Longitude (Bujur) : 122° 12′ 20.3796″
      • Latitude (Lintang) : -4° 16′ 56.6394″

Untuk mengubah titik penulisannya, convert saja di alamat web:

http://transition.fcc.gov/mb/audio/bickel/DDDMMSS-decimal.html

Semoga bermanfaat!