Unsur Utama Senam irama

Posted on

DETALOG.COM – Senam mulai dikenal di Indonesia pada tahun 1912, ketika senam pertama kali masuk ke Indonesia pada zaman penjajahan Belanda. Masuknya senam ini bersamaan dengan ditetapkannya pendidikan jasmani sebagai pelajaran wajib di sekolah. Senam yang diperkenalkan pertama kali adalah senam sistem Jerman.

Sistem ini menekankan pada kemungkinan-kemungkinan gerak yang kaya sebagai alat pendidikan. Kemudian pada tahun 1916, sistem itu digantikan sistem Swedia (yang menekankan pada gerak). Sistem ini dibawa dan diperkenalkan oleh seorang perwira kesehatan dari Angkatan Laut Kerajaan Belanda bernama Dr. H.F. Minkema.

Pengertian Senam Irama

Pengertian senam irama yang dilansir dari wikipedia adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik, atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Senam irama atau disebut juga senam ritmik dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tanpa alat. Alat yang sering digunakan adalah ganda, simpai, tongkat, bola, pita dan topi.

Senam irama merupakan gerakan senam ataupun gerakan bebas yang dibarengi dengan musik atau nyanyian sesuai dengan irama yang mengikutinya. Senam yang juga dikenal dengan nama senam ritmik ini pada dasarnya memiliki gerakan yang kurang lebih sama dengan jenis senam biasa. Letak perbedaannya hanya pada penambahan fitur musik yang bagi beberapa orang membuat semangat menjadi menggebu-gebu.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, senam irama selain bisa dilakukan dengan menggunakan alat juga bisa digunakan tanpa alat.  dan tanpa tambahan alat apapun. Jika Anda menggunakan opsi yang pertama, maka alat yang bisa Anda pakai antara lain ganda, rongkat, simpai, bola, topi,pita dan masih banyak lagi lainnya.

Unsur Senam Irama

Senam irama menurut perkembangannya terbagi dalam tiga aliran, yaitu:

  1. Senam irama yang berasal dari seni sandiwara
  2. Senam irama yang berasal dari seni musik
  3. Senam irama yang berasal dari seni tari (balet)

Dalam senam irama terdapat beberapa unsur penting didalamnya, antara lain :

  1. Keindahan
  2. Kehalusan
  3. Keluwesan
  4. Keharmonisan gerak
  5. Ketetapan gerak terhadap irama pengiring itu sendiri.

Manfaat Senam Irama

Manfaat senam irama tidak hanya bagi kesehatan dan menyempurnakan bentuk tubuh, tetapi juga memaksimalkan “aksi” di ranjang bagi Anda yang sudah menikah. Cukup dilakukan seminggu sekali selama kurang lebih satu jam, Anda dapat merasakan manfaat salah satu jenis olahraga ini.

Adapun beberapa manfaat senam irama yang perlu Anda ketahui

  • Meningkatkan fungsi jantung.
  • Meningkatkan kinerja paru-paru dan meningkatkan stamina serta kekuatannya.
    • Meningkatkan koordinasi tubuh Anda, khususnya yang sudah memasuki usia renta.
    • Meningkatkan kekebalan tubuh.
    • Mencegah Anda dari berbagai penyakit, termasuk diabetes, kolesterol, tekanan darah dan lainnya.
    • Melawan depresi, karena olahraga mampu meningkatkan mood seseorang
    • Membantu menurunkan berat badan.
    • Aerobik membantu membentuk tubuh lebih sempurna.
  • Hal ini tentunya mampu meningkatkan rasa percaya diri Anda, termasuk dalam percintaan. Pasangan akan lebih mengagumi tubuh Anda dan meningkatkan kemesraan. Hampir di semua tempat kebugaran menyediakan program senam aerobik. Waktunya pun fleksibel, pagi dan sore sehingga memudahkan para wanita pekerja untuk tetap mendapatkan manfaat senam aerobik. Jika masih tidak memiliki waktu di hari kerja, Anda bisa mengikuti senam aerobik di minggu pagi yang biasanya free.

Macam-Macam Senam Irama

Dengan menggunakan musik sebagai pengiring senam irama dapat dibagi menjadi lima macam antara lain sebagai berikut.

  • Aerobik sport (Aerobik Keras)
    • Discoaerobik
    • Rockaerobik
    • Low Impact aerobik
    • Flight Impact Aerob