Contoh Hubungan Simbiosis Komensalisme

Posted on

DETALOG.COM – Simbiosis merupakan interaksi antara 2 organisme yang berlainan jenis yang hidup berdampingan dimana antara keduanya melakukan suatu pola interaksi yang sangat erat dan khusus. Makhluk hidup yang melakukan proses simbiosis disebut simbion.

Simbiosis sendiri memiliki beberapa bentuk, antara lain :

  • Parasistisme merupakan suatu bentuk simbiosis di mana pihak yang satu mendapat keuntungan dan merugikan pihak lainnya.
  • Mutualisme merupakan suatu bentuk simbiosis antara sesama makhluk hidup  yang saling menguntungkan kedua belah pihak.
  • Komensalisme merupakan suatu bentuk simbiosis dimana pihak yang satu mendapat keuntungan tapi pihak lainnya tidak dirugikan dan tidak diuntungkan.
  • Amensalisme merupakan suatu bentuk simbiosis dimana saat satu pihak dirugikan tapi pihak lainnya tidak diuntungkan maupun dirugikan.
  • Kompetisi merupakan suatu bentuk simbiosis dimana kedua pihak saling merugikan. Hal ini biasanya terjadi melalui kompetisi dalam memperebutkan makanan. Bentuk kompetisinya ada 2 yaitu kompetisi intraspesifik dan kompetisi interspesifik.
  • Netralisme merupakan suatu bentuk simbiosis dimana interaksi antara kedua pihak tidak akan menyebabkan adanya yang diuntungkan maupun dirugikan.

Contoh hubungan simbiosis komensalisme

Secara sederhana, simbiosis komensalisme diartikan sebagai bentuk hubungan antara 2 makhluk hidup yang berbeda jenis dimana makhluk hidup yang satu diuntungkan dan di lain pihak makhluk hidup lainnya tidak diuntungkan tetapi tidak pula dirugikan. Simbiosis komensialisme ini memang hanya menguntungkan salah satu pihak namun makhluk hidup yang ada di dalamnya tetap bisa berinteraksi satu sama lain dan hidup berdampingan.

Adapun beberapa contoh dari hubungan simbiosis komensalisme, antara lain :

  • Ikan remora mendapat makanan dan ikan hiu. Meski berbeda ukuran cukup signifikan, namun ikan remora ini sama sekali tidak gentar mengekor pada ikan hiu. Sementara itu, keberadaan ikan remora yang seolah membuntuti tidak membuat ikan hiu terusik. Mengapa demikian? Sebab ikan remora mendapatkan keuntungan dengan berenang di dekat ikan hiu. Ia bisa mendapatkan sisa makanan ikan hiu dengan demikian ia akan memperoleh keuntungan dengan mengikuti kemanapun hiu pergi. Di lain pihak, ikan hiu sama sekali tidak merasakan oengaruh apapun dengan keberadaan ikan kecil ini, baik untung maupun rugi. Selain diuntungkan dalam hal makanan, ikan remora juga akan lebih aman jika berdekatan dengan ikan hiu sebab ia akan disegani oleh ikan pemangsa lainnya yang memang memburunya.
  • Anggrek menumpang tempat hidup dengan pohon mangga. Untuk tanaman anggrek ini hidupnya menempel pada tanaman mangga agar mendapatkan sinar matarahi yang cukup. Sedangkan tanaman mangga tidak merasa diuntungkan maupun dirugikan. Tanaman anggrek sanggup membentuk dan membuat makanannya sendiri. Oleh sebab itu, secara teknis, ia hanya hidup “menumpang” dan bukan menjadi parasit pada pohon mangaa. Dengan demikian, keberadaannya sama sekali tidak merugikan juga memberi keuntungan pada pohon mangga tempat ia melekat.
  • Paku tanduk rusa menumpang tempat hidup dengan tanaman jati. Tumbuhan paku tanduk rusa hidupnya menempel pada tanaman jati. Untuk tanaman jati ini tidak merasa dirugikan maupun diuntungkan.
  • Tanaman sirih dengan tanaman tempat menempelnya atau inangnya. Dimana tanaman sirih ini akan menempel mengikuti tanaman inang untuk mendapatkan sinar matahari untuk fotosintesis. Sedangkan tanaman inangnya ini tidak merasa dirugikan maupun diuntungkan.
  • Hubungan antara ikan pari dengan ikan remora. Untuk ikan remora ini akan menempel atau mengikuti ikan pari untuk mendapatkan sisa makanan ikan pari. Sedangkan ika pari tidak merasa dirugikan maupun diuntungkan.
  • Hubungan antara ikan badut dengan anemon laut, dimana salah satunya juga tak dirugikan juga diuntungkan dan pihak lainnya mendapat manfaat.
  • Hubungan antara the goby dan bulu babi, dimana the goby adalah ikan yang berukuran kecil yang bersembunyi dan berlindung di antara celah celah bulu babi yang beracun. Bulu babi sendiri tidak dirugikan maupun diuntungkan dengan keberadaan the goby.
  • Hubungan antara udang dan mentimun laut, dimana udang memperoleh keuntungan dengan “menunggangi” hewan laut yang cepat dan besar seperti mentimun laut untuk mengambil sisa sisa makanan. Mentimun laut tidak dirugikan maupun diuntungkan dengan keberadaan udang.

Dari uraian dan beberapa contoh diatas maka dapat disimpulkan bahwa bentuk hubungan simbiosis komensalisme adalah suatu bentuk hubungan yang baik sebab pihak satu merasa diuntungkan, tetapi pihak lainnya tidak merasa dirugikan.