DETALOG.COM

Kegunaan Kemiri

 
 

DETALOG.COM – Kemiri adalah tumbuhan yang bijinya bisa dimanfaatkan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. Tumbuhan ini masih sekerabat dengan singkong dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae. Kemiri merupakan tumbuhan yang menyebar luas mulai dari India dan Cina, melewati Asia Tenggara dan Nusantara, hingga Polinesia dan Selandia Baru. Di Indonesia, kemiri dikenal dengan banyak nama, di antaranya: kembiri, gambiri, hambiri, kemili, kemiling, buah kareh, kaminting, muncang, dan masih ada lainnya.

KLASIFIKASI ILMIAH KEMIRI

CIRI-CIRI FISIK TUMBUHAN KEMIRI

BACA:  Jelaskan yang Dimaksud dengan Genosida

KEGUNAAN KEMIRI

1) Biji Kemiri

Biji kemiri memiliki kesamaan dalam rasa dan tekstur dengan biji macadamia, serta memiliki kandungan minyak yang hampir sama. Biji kemiri yang setelah diolah sering digunakan dalam masakan Indonesia dan masakan Malaysia. Di Pulau Jawa, biji kemiri juga dijadikan sebagai saus kental yang dimakan dengan sayuran dan nasi. Kemiri juga dibakar dan dicampur dengan pasta dan garam untuk membuat bumbu masak khas Hawaii yang disebut inamona.

Inti biji kemiri mengandung 60–66% minyak. Penanaman kemiri modern kebanyakan hanya untuk memperoleh minyaknya. Dalam setiap penanaman, masing-masing pohon akan menghasilkan sekitar 30–80 kg kacang kemiri, dan sekitar 15 sampai 20% dari berat tersebut merupakan minyak yang didapat. Kebanyakan minyak yang dihasilkan digunakan secara lokal, tidak diperdagangkan secara internasional. Minyak kemiri terutama mengandung asam oleostearat. Minyak yang lekas mengering ini biasa digunakan untuk mengawetkan kayu, sebagai pernis atau cat, melapis kertas agar anti air, bahan sabun, bahan campuran isolasi, pengganti karet, dan lain-lain.

BACA:  Apa Pengertian Masyarakat Madani Menurut Nurcholis Majid?

2) Kayu Kemiri

Meskipun dapat menghasilkan kayu yang berukuran besar, kayu kemiri yang berwarna keputihan dianggap terlalu ringan dan tidak awet sebagai kayu bangunan. Kayu kemiri dapat digunakan untuk membuat furniture, peralatan kecil, korek api, dan juga untuk pulp. Di Jakarta, dulunya kayu kemiri sering juga digunakan untuk membuat perabotan rumah tangga. Di Hawaii, kayu kemiri kadang-kadang digunakan untuk membuat sampan sederhana. Di Lombok, kayu kemiri juga diolah menjadi papan dan kerajinan tangan.

3) Kegunaan Lainnya

Beberapa bagian dari tanaman ini sudah digunakan dalam obat-obatan tradisional di daerah-daerah pedalaman, seperti:

BACA:  Jelaskan Perbedaan Antara Pernapasan Inspirasi dan Pernapasan Ekspirasi?

Kemiri juga sering ditanam sebagai pohon serbaguna, untuk menghijaukan lahan, sebagai peneduh di pekarangan, dan juga untuk pohon hias. Di Jawa, biji kemiri biasa dijadikan sebagai bahan permainan untuk diadu kekerasan tempurungnya. Sementara itu, dalam penulisan lontar, biji kemiri yang telah dibakar digunakan untuk menghitamkan tulisan pada lembaran-lembaran lontar.

Pelajaran Lainnya:

Topik Populer: