DETALOG.COM

Bisakah Kita Tinggal di Planet Mars?

 
 

DETALOG.COM – Beberapa waktu lalu ada berita yang mengatakan bahwa di beberapa puluh tahun mendatang, manusia mungkin sudah bisa tinggal di Mars. Tapi apakah benar seperti itu? Apakah unsur-unsur yang terdapat di Mars memungkinkan manusia untuk bisa tinggal dan menetap layaknya di Bumi? Untuk menjawab berbagai pertanyaan itu, kita bisa menyimaknya dalam isi artikel berikut.

CIRI FISIK MARS

BACA:  Macam-Macam Bangun Ruang

BISAKAH KITA TINGGAL DI PLANET  MARS?

Berdasarkan pemahaman kelayakhunian planet, planet-planet yang memiliki air di permukaan merupakan planet yang layak huni. Untuk mencapai hal tersebut, orbit suatu planet harus berada di dalam zona layak huni. Di Tata Surya, zona tersebut terbentang dari setelah Venus hingga poros semi-mayor Mars. Sebenarnya, selama beberapa waktu lalu Mars masuk ke wilayah ini, namun atmosfer tipisnya mencegah air bertahan untuk waktu yang lama. Bekas aliran air pada masa lalu menunjukkan potensi keterhunian Mars. Beberapa bukti terbaru memunculkan gagasan bahwa air di permukaan Mars akan terlalu berasam dan bergaram, sehingga sulit mendukung kehidupan.

Selain itu, kurangnya magnetosfer dan tipisnya atmosfer Mars merupakan tantangan. Di permukaan planet ini tidak banyak terjadi pemindahan panas. Penyekatan terhadap angin surya rendah, sementara tekanan atmosfer Mars tidak cukup untuk mempertahankan air dalam bentuk cair. Secara geologi, Mars juga hampir atau bahkan sepenuhnya  mati. Berakhirnya kegiatan vulkanik menyebabkan berhentinya pendaurulangan bahan kimia dan mineral antara permukaan dengan bagian dalam planet.

Dari uraian diatas maka sudah sangat jelas bahwa kita sebagai manusia tidak bisa tinggal dan menetap di planet Mars sebagaimana layaknya kehidupan di planet Bumi.

Pelajaran Lainnya:

Topik Populer: