DETALOG.COM

Jenis-jenis Lembaga Sosial

 
 

DETALOG.COM – Lembaga sosial yang dikenal juga sebagai lembaga kemasyarakatan merupakan salah satu jenis lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antar manusia saat mereka menjalani kehidupan bermasyarakat dengan tujuan untuk mendapatkan keteraturan hidup.

Terbentuknya lembaga sosial bermula dari kebutuhan masyarakat akan keteraturan kehidupan bersama. Untuk mendapatkan keteraturan hidup bersama, maka dirumuskan norma-norma dalam masyarakat sebagai paduan bertingkah laku. Pada mulanya, sejumlah norma tersebut terbentuk secara tidak di sengaja. Namun, lama-kelamaan norma-norma tersebut dibuat secara sadar.

Sejumlah norma-norma inilah yang kemudian disebut sebagai lembaga sosial. Namun tidak semua norma-norma yang ada dalam masyarakat merupakan lembaga sosial karena untuk menjadi sebuah lembaga sosial sejumlah norma tersebut harus melalui proses yang panjang.

JENIS-JENIS LEMBAGA SOSIAL

1) Lembaga Keluarga

Keluarga adalah unit sosial yang terkecil dalam masyarakat dan juga institusi pertama yang dimasuki seorang manusia ketika dilahirkan. Pada umumnya sebuah keluarga terbentuk melalui perkawinan yang sah menurut agama, adat, atau hukum pemerintahan dengan proses seperti dibawah ini :

BACA:  3 Cara Menghormati Budaya Bangsa

2) Lembaga Pendidikan

Menurut Horton dan Hunt, lembaga pendidikan haruslah mempunyai fungsi nyata berikut ini:

3) Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi memiliki tujuan dalam pemenuhan kebutuhan pokok untuk kelangsungan hidup masyarakat. Sementara itu, fungsi lembaga ekonomi adalah:

4) Lembaga Agama

Lembaga agama adalah sistem keyakinan dan praktik keagamaan dalam masyarakat yang telah dirumuskan dan dibakukan. Fungsinya adalah sebagai:

BACA:  Karbohidrat dan Fungsinya dalam Proses Metabolisme Tubuh

5) Lembaga Politik

Lembaga politik merupakan lembaga yang menangani masalah administrasi dan tata tertib umum demi tercapainya keamanan dan ketenteraman masyarakat. Lembaga yang merupakan pembantunya seperti: sistem hukum dan perundang-undangan, kepolisian, angkatan bersenjata, kepegawaian, kepartaian, hubungan diplomatik.

6) Lembaga Hukum

Lembaga hukum memiliki fungsi sebagai:

BACA:  Apa Perbedaan Kolonialisme dan Imperialisme?

7) Lembaga Budaya

Lembaga budaya adalah lembaga publik dalam suatu negara yang berperan dalam melestarikan budaya di suatu daerah/negara, pengembangan budaya, ilmu pengetahuan, lingkungan, seni, dan pendidikan pada masyarakat yang ada pada suatu daerah/negara.

Pelajaran Lainnya:

Topik Populer: