Apa Itu Unsur?

DETALOG.COM – Sebuah unsur adalah bentuk sederhana dari materi yang memiliki seperangkat sifat yang unik.

Sebuah unsur atau unsur kimia adalah bentuk paling sederhana dari materi dalam hal ini tidak bisa lebih jauh lagi dipecah secara kimiawi. Ya, unsur terbuat dari partikel yang lebih kecil, tetapi Anda tidak dapat mengambil sebuah atom dari unsur dan melakukan reaksi kimia yang akan memecah selain itu atau menggabungkan subunit untuk membuat atom yang lebih besar dari unsur tersebut.

Unsur merupakan zat tunggal yang secara kimia tidak dapat diuraikan menjadi zat-zat lain. Beberapa contoh unsur adalah oksigen, nitrogen, hidrogen, besi, aluminium, emas, perak, raksa, dan platina. Unsur-unsur alam tersebut umumnya terdapat dalam bentuk senyawa, seperti halnya hidrogen sebagai contoh terdapat di dalam air dan karbohidrat.

Beberapa unsur seperti oksigen, nitrogen, belerang, emas, dan platina di samping sebagai senyawa juga terdapat dalam keadaan bebas. Sebagaimana kita ketahui, oksigen dan nitrogen terdapat dalam udara.

Penulisan Lambang Unsur
Penulisan lambang unsur mengikuti aturan sebagai berikut:

1. Lambang unsur diambil dari singkatan nama unsur. Beberapa lambang unsur berasal dari bahasa Latin atau Yunani nama unsur tersebut.
Misalnya Fe dari kata ferrum (bahasa latin) sebagai lambang unsur besi.
2. Lambang unsur ditulis dengan satu huruf kapital.
3. Untuk Unsur yang dilambangkan dengan lebih dengan satu huruf, huruf pertama lambang ditulis dengan huruf kapital dan huruf kedua/ketiga ditulis dengan huruf kecil.
4. Unsur-unsur yang memiliki nama dengan huruf pertama sama maka huruf pertama lambang unsur diambil dari huruf pertama nama unsur dan huruf kedua diambil dari huruf lain yang terdapat pada nama unsur tersebut. Misalnya, Ra untuk radium dan Rn untuk radon.

Contoh Unsur
Unsur dengan satu proton adalah hidrogen. Helium berisi dua proton dan merupakan unsur kedua. Lithium memiliki tiga proton dan merupakan Unsur ketiga, dan seterusnya.

Unsur Murni mengandung atom yang semua memiliki jumlah proton yang sama. Contoh zat murni yang tidak termasuk unsur adalah air (H2O), karbon dioksida (CO2) dan garam (NaCl). Lihat bagaimana komposisi kimia dari bahan-bahan ini meliputi lebih dari satu jenis atom? Jika atom-atom terdiri dari jenis yang sama, zat akan menjadi unsur meskipun berisi beberapa atom. Gas Oksigen, (O2), adalah contoh dari unsur.

Beberapa dari unsur yang sangat berharga sementara yang lain cukup murah. Emas saat ini bernilai hampir 500.000 per gram. Aluminium, di sisi lain, hanya dijual seharga sekitar 20 ribu per kilogram, jauh lebih rendah dari harga emas. Tembaga bernilai agak lebih mahal, dijual sekitar 100 ribu per kilogram. Platinum sangat berharga 400 ribu per gram, tidak begitu mahal seperti emas.