Serat Alam yang Dapat di Gunakan untuk Kerajinan

DETALOG.COM – SERAT adalah suatu benda yang berbanding panjang diameternya sangat besar sekali. Serat merupakan bahan baku yang digunakan dalam pembuatan benang dan kain. Sebagai bahan baku dalam pembuatan benang dan pembuatan kain.

Serat memegang peranan penting, sebab sifat-sifat serat akan mempengaruhi sifat-sifat benang atau kain yang dihasilkan dan akan mempengaruhi cara pengolahan benang atau kain baik pengolahan secara mekanik maupun pengolahan secara kimia.

Sejarah Serat
Serat dikenal orang sejak ribuan tahun sebelum Masehi seperti pada tahun 2.640 SM negara Cina sudah menghasilkan serat sutera dan tahun 1.540 SM telah berdiri industri kapas di India, serat flax pertama digunakan di Swiss pada tahun 10.000 SM dan serat wol mulai digunakan orang di Mesopotamia pada tahun 3000 SM. Selama ribuan tahun serat flax, wol, sutera dan kapas melayani kebutuhan manusia paling banyak. Pada awal abad ke 20 mulai diperkenalkan serat buatan hingga sekarang bermacam-macam jenis serat buatan diproduksi.

Jenis Serat
Serat bisa dibagi menjadi dua kelompok yakni :

1. Serat alam yaitu jenis serat yang berasal dari binatang, tumbuh-tumbuhan, dan mineral. Bahan-bahan serat alam dapat menghasilkan kerajinan tangan yang beraneka ragam, misalnya tas, dompet, topi, alas meja, tempat lampu.

Teknik pembuatan kerajinan dari serat alam ini sebagian besar dibuat dengan cara menganyam.

Serat alam menurut Jumaeri, (1977:5), yaitu “SERAT yang langsung diperoleh di alam. Pada umumnya kain dari SERAT alam mempunyai sifat yang hampir sama yaitu kuat, padat, mudah kusut, dan tahan penyetrikaan”.

Jenis Serat Alam
1. Serat Tumbuh-tumbuhan (selulosa)
Serat tumbuh-tumbuhan memiliki dasar kimia selulosa yang berdasrkan pada asal tumbuhannya dapat berasal dari biji, daun, batang, dan, buah.

2. Serat Protein
Serat proteina dapat berbentuk staple atau filamen. SERAT protein berbentuk stapel berasal dari rambut hewan berupa domba, alpaca, unta, cashmer, mohair, kelinci, dan vicuna. yang paling sering digunakan adalah wol dari bulu domba.

Contoh kerajinan yang dibuat dengan serat alam adalah alas meja.

Alat :
Gunting
Pisau
Setrika

Bahan :
Pelepah pisang
Lem kayu
Biji-bijian (terserah sesuai selera)
Daun daunan hias
Kardus tisu bekas
Tali kur warna emas

Cara pembuatan :
1. Ambil pelepah pisang lalu sayat tipis dan dikeringkan
2. Bersihkan pelepah pisang yang sudah kering tadi
3. Setrika pelepah pisang, hingga mudah untuk di tempelkan
4. Tempelkan pelepah pisang tersebut ke seluruh permukaan kotak tisu
5. Tunggu beberapa waktu hingga kering
6. Jika sudah kering, lekatkan tali kur di bagian – bagian rusuk kotak tisu
7. Rancanglah pola biji-bijian sesuai selera hingga tampak bagus dan serasi
8. Terakhir, lekatkanlah biji-bijian dan daun-daunan tersebut.

2. Serat buatan yaitu jenis serat yang berasal dari polimer alam, polimer sintetik, dan lainnya.

Sifat Umum Serat Buatan
Sifat-sifat umum dari serat buatan, yaitu kuat dan tahan gesekan”.
1. Rayon
Rayon merupakan seart buatan yang paling awal dibuat, memiliki faktor yang terpenting untuk keberhasilan pemasaran serat rayon adalah harga yang murah dan dapat dipergunakan untuk membuat kain yang bagus dengan warna menyerupai wol, sutera ataupun linen. Serat rayon pertama kali dibuat untuk membuat kain pakaian jenis krep atau menyerupai linen. Serat rayon ada bermacam-macam yaitu serat rayon viskos, serat rayon kupramonium, serat rayon modulus, serat rayon kekuatan tinggi, serat polinosic. Jenis serat rayon yang dapat digunakan sebagai kain untuk busana anak, yaitu serat rayon viskosa dan rayon kuproamonium.

2. Polimer Sintesis
Polimer sintetis yaitu SERAT yang dibuat dari polimer-polimer buatan. Polimer sintesis diantaranya poliamida (Nylon) dan poliester.