Teknik Dasar Pivot

Posted on

DETALOG.COM – Pivot adalah gerakan berputar dengan berporos salah satu kaki, kedua tangan memegang bola dengan tujuan untuk menghindari sergapan lawan yag akan merebut bola. Pivot dapat dilakukan dengan dua cara yaitu gerakan berputar ke arah depan dan gerakan berputar ke arah belakang.

Gerakan yang satu ini merupakan gerakan dasar dari bermain bola basket, dengan posisi bola yang masih ditangan ( mempertahankan bola ) dari lawan, dengan menggunakan gerakan badan,putaran kaki atau badan tersebut dapat diputar sampai 360 derajat, selama tidak bergeser kaki yang satunya.karena satu kaki sebagai tumpuan, atau poros, jika kedua kaki sama-sama bergerak maka akan terjadi pelanggaran

Dalam melakukan gerakan pivot pastikan salah satu kaki yang berperan sebagai poros tidak menggeser akibat gerakan berputar yang tengah dilakukan. Gerakan memutar pada teknik ini dapat dilakukan hingga 360 derajat. Terdapat 2 macam cara melakukan pivot yaitu gerakan berputar ke arah belakang serta gerakan berputar pada arah depan.

Terdapat 3 jenis gerakan pivot dalam permainan bola basket yaitu:
Gerakan yang dapat dilakukan setelah melakukan pivot antara lain:

1. Pivot dilanjutkan dribble (saat membawa bola)
2. Pivot dilakukan shooting (saat menembakan bola ke ring lawan)
3. Pivot dilakukan passing (melempar bola)

Cara Berputar (Pivot)
Memutar badan dengan salah satu kaki menjadi as/poros putaran (setelah kita menerima bola).
1. pivot kemudian dribble (membawa bola)
2. pivot kemudian passing (melempar bola)
3. pivot kemudian shooting (menembakan bola)

Teknik Gerakan Dasar Pivot
Teknik dalam melakukan gerakan dasar pivot:

Teknik dalam melakukan pivot dapat dilakukan dengan cara berikut:
Gunakan salah satu kaki sebagai poros untuk menyangga berat badan tubuh (kaki yang berperan sebagai poros, tidak boleh digerakkan sepanjang melakukan pivot karena jika terjadi, maka akan terjadi pelanggaran).

1. Gunakan kaki untuk melangkah ke segala arah. Kaki yang satu tetap bertahan sebagai poros.

2. Selesai melakukan pivot, kembalilah ke sikap dasar dan bersiap untuk melakukan langkah yang selanjutnya.

Latihan melakukan gerakan pivot di atas ditujukan bagi mereka yang masih baru atau pemula. Melakukan pivot dalam permainan basket membantu seseorang untuk mengelabui lawan melalui gerakan berputar yang dapat dilakukan ke segala arah. Selain itu pivot dapat juga dilakukan sebagai persiapan dalam melakukan shooting ke arah ring lawan atau saat akan mengoper bola pada rekan. Seorang penyerang yang telah mahir, biasanya menggunakan pivot untuk membuat lawan kesulitan menghentikan serangannya.

Bentuk gerakan pivot antara lain;
In front pivot
Reverse pivot

Basics Of Pivot Points
Dalam trading tentunya akan sangat menyenangkan kalau kita memiliki peta yang dapat memberikan gambaran dimana suatu posisi suatu lever harga secara relatif terhadap kondisi pasar dan kemana saja kemungkinan pergerakan-pergerakan mata uang berdasarkan kondisi pasar tersebut. Peta semacam ini akan sangat membantu kita dalam memutuskan transaksi apa saja yang bisa diambil untuk memperoleh keuntungan.

Pivot point adalah teknik yang dikembangkan oleh para pialang saham di lantai bursa, yang dapat membantu kita melihat dimana letak suatu level harga secara relatif terhadap situasi dan dinamika pasar yang terjadi sebelumnya.

Sesuai dengan arti katanya, pivot point berarti titik atau batas dimana suatu pergerakan harga akan berbalik arah. Dalam forex, pivot point adalah level dimana sentimen pasar berubah dari ‘bullish’ (naik) menjadi ‘bearish’ (turun) atau sebaliknya. Pivot point bersifat seperti support atau resistance, harga yang bergerak mendekati titik ini akan mendapat perlawanan dan akan berbalik arah. Tetapi jika harga berhasil menembus dan bergerak melewati titik ini, pergerakan itu akan berlanjut terus hingga mencapai pivot point berikutnya.

Para trader profesional seringkali menggunakan pivot point ini untuk mengidentifikasi level-level support dan resistance yang penting. Secara sederhana dapat dikatakan, pivot point dengan semua level-level support dan resistance-nya adalah wilayah dimana arah pergerakan mata uang memili kemungkinan untuk berubah.

Pivot point terutama sangat bermanfaat bagi para trader harian yang sering memanfaatkan gerakan-gerakan kecil yang terjadi di pasar untuk meraih keuntungan. Pada kondisi pasar ‘range-bound’ pivot point digunakan untuk memperkirakan batas atas da batas bawah gerakan mata uang, sedangkan pada pasar yang trending pivot point digunakan untuk memperkirakan level dimana harga akan bergerak lepas (breakout).