Server Proxy Adalah

DETALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Proxy server (peladen proxy) adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet.

Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia ini Internet untuk setiap komputer klien. Proxy server tidak terlihat oleh komputer klien: seorang pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya. Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server.

Proxy server juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik (seperti halnya Internet). Proxy server memiliki lebih banyak fungsi daripada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan. Proxy server yang berfungsi sebagai sebuah “agen keamanan” untuk sebuah jaringan pribadi, umumnya dikenal sebagai firewall.

Server Proxy bertindak sebagai gateway terhadap dunia Internet untuk setiap computer klien. Server Proxy tidak terlihat oleh komputer klien sehingga seorang pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah server proxy sedang menangani request yang dilakukannya.

Web server yang menerima request dari server proxy akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari server proxy. Server proxy berguna untuk menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan. Dengan adanya server proxy ini pelanggan dapat dengan cepat mengakses website-website favorit, hal ini disebabkan server telah menyimpan halaman web yang sering dikunjungi.

Cara Kerja Server Proxy
Cara kerja proxy server adalah client yang tersambung dengan proxy server dan meminta layanan tertentu seperti file, koneksi, akses web page, ataupun lainnya. Proxy server yang digunakan akan mengevaluasi permintaan layanan tersebut sesuai dengan aturan filternya. Sebagai contoh, proxy server dapat menyaring traffic berdasarkan IP (Internet Protocol) address. Jika permintaan itu divalidasi oleh fiternya, maka proxy akan menyediakan apa yang diminta dengan menyambung ke server yang diminta dan meminta layanan dari server tersebut untuk clientnya.

Proxy server memiliki lebih banyak fungsi daripada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan. Proxy server beroperasi pada layer Aplikasisebagai proxy dan juga beroperasi pada level sirkuit.

Jenis Server Proxy
Umumnya proxy adalah web proxy, yang memberikan izin penggunanya untuk dapat mengakses konten di internet. Terdapat banyak jenis server proxy sesuai dengan tujuanya yaitu:

1. Untuk keamanan.
2. Untuk mnerapkan aturan akses terhadap internet atau isinya, e.g. to block undesired sites.
3. Menggunakan caching untuk meningkatkan akses ke sumber. Umumnya Web proxy digunakan untuk cache halaman internet dari server web.
4. Untuk melewati kontrol keamanan/ parental.
5. Untuk penggunaan log / audit, yaitu untuk menyediakan karyawan perusahaan pelaporan penggunaan Internet.
6. Untuk memindai konten outbound, contohnya untuk melindungi kebocoran data.
7. Untuk menghindari pembatasan regional.
8. Untuk memindai perpindahan konten jika sebelumnya terdapat malware.

Pelajaran Menarik Lainnya: