Yastrib Adalah

DETALOG.COM – Yatsrib merupakan nama pertama dan tertua untuk menunjukan nama Madinah. yatsrib berasal dari nama salah seorang anak keturunan Nabi Nuh a.s. yang mengembara dari daerah Babilonia, Irak dan kemudian tinggal di kawasan itu. Dengan bermukimnya Yatsrib dan keturunannya disana maka tempat itu dinamakan Yatsrib.

Sebutan Madinah dikenal setelah masuknya Islam ke kota ini. Madinah juga dikenal dengan Madinatun Nabi (Masjid Nabi) atau al-Madinah al-Munawwarah (Kota yang Bercahaya) keadaan kota ini terletak di lembah yang subur yang berada pada jarak kurang 300 km sebelah utara kota mekah. Keadaan social masyarakat Yatsrib sebelum kedatangan Nabi Muhammad Saw. memiliki beberapa kemiripan dengan keadaan di Makkah.

Suku-suku dan kelompok masyarakat yang tinggal di sana berperang satu sama lain. Tidak ada suatu model pemerintahan yang mengatur kehidupan masyarakatnya, seperti halnya kerajaan. Kekuasaan berada di tangan suku-suku atau kelompok tertentu secara bergantian. Bergantung kepada siapa yang paling kuat diantara mereka.

Keadaan yang sedikit membedakan antara Makkah dengan Yastrib adalah situasi alam dan watak penduduknya. Madinah merupakan kota pertanian yang subur. yastrib merupakan kota yang makmur dan subur dengan pertaniannya. Air yang tersedia di kota ini mencukupi untuk membangun pertanian. Kota ini dikelilingi oleh gunung berbatu. Di terdapat banyak lembah, atau yang paling terkenal dikenal dengan nana Wadi. Para ahli hikayat menafsirkan bahwa suku yang pertama tinggal di kota ini adalah suku amaliqoh yang mana suku ini membangun perkampungan dan peradaban barulah setelah itu banyak para pengungsi-pengungsi dari golongan yahudi yang akhirnya mengalakan suku amaliqoh dan berhasil menduduki kota itu.

Orang-orang Yahudi tiba dan menetap di Madinah sejak mereka terusir akibat adanya invasi (penyerangan) bangsa Romawi ke wilayah Syria dan Mesir. Orang-orang Yahudi dari Bani Quraizhah dan Bani Nazhir datang ke Madinah dan menetap di sana. Mereka menetap di Harrah Waqim, daerah bagian timur Madinah, yang merupakan daerah paling subur. Kehidupan mereka lebih baik dan bersatu.

Mereka disebutkan sebagai kelompok yang paling makmur dan berbudaya. Oleh karena itu, jelaslah bahwa sebelum kedatangan orang-orang Arab, Madinah sepenuhnya dikuasai oleh orang-orang Yahudi, baik secara ekonomi, politik, maupun intelektual. Sejarah menyebutkan bahwa orang-orang Masehi (Kristen) di Syam (Siria) sangat membenci orang-orang Yahudi.

Suku suku di Yastrib
Yastrib terdiri atas dua suku bangsa, yaitu

Suku Arab setempat, yakni :
1. Suku Amaliqah atau Baidah [ keduanys sudah punah ]
2. Suku Arab pendatang. Suku Arab pendatang masuk ke Yastrib dari daerah Yaman karena pecahnya bendungan Ma’arib. Kemudian suku ini dikenal dengan

Suku Aus, yakni
Suku Khazraj. Mereka inilah yang kelak menjadi kaum Anshar.
Yahudi. Terdiri dari suku :
1. Bani Quraizah,
2. Bani An Nadhir, dan
3. Bani Qainuqa.