Peranan Rayap dalam Kehidupan

DETALOG.COM – Rayap merupakan serangga berukuran kecil yang hidup berkelompok dengan sistem kasta yang berkembang sempurna. Serangga ini masuk dalam ordo isopteran ( dari bahasa Yunani, iso = sama dan ptera = sayap ) (Borror 1971). Dijelaskan, dalam biosfera pada dasarnya rayap merupakan bagian dari komponen lingkungan biotik yang memerankan peranan penting, seperti dapat membantu manusia menjaga keseimbangan alam dengan cara menghancurkan kayu untuk mengembalikannya sebagian unsur hara dalam tanah.

Rayap merupakan serangga sosial yang hidup dalam suatu komunitas yang disebut koloni. Mereka tidak memiliki kemampuan hidup lebih lama bila tidak berada dalam koloninya. Komunitas tersebut bertambah efektif dengan adanya spesialisasi (kasta) dimana masing-masing kasta mempunyai bentuk dan peran berbeda dalam kehidupannya (Nandika dkk, 2003).

Ratu rayap adalah ulat besar yang terdapat dalam sarang rayap yang memiliki tubuh gemuk dan berukuran sebesar kelingking orang dewasa dan juga bisah lebih, Ratu rayap hanya terdapat satu saja di dalam satu koloni sarang

Jenis-jenis Rayap Perusak
Berikut beberapa jenis dari rayap yang dikategorikan menjadi rayap perusak, antara lain:
Cryptotermes curvidnathas, Schedorhinotermes Javanica, Macrotermes gilvus, Cryptotermes cynocepha, dan Microtermes inspiparis.

Peranan Rayap
Berikut beberapa peranan dari rayap, antara lain:

1. Sarang Rayap Bisa Menguak Lokasi Tambang Emas
Ternyata, hewan satu ini bisa menemukan lokasi tambang emas.
Bahkan “saking kayanya” sarang hewan kecil itu ada yang mengandung serbuk logam mulia tersebut. Para peneliti menemukan sarang rayap itu mengandung kosentrasi emas tinggi, lima sampai enam kali lebih tinggi daripada konsentrasi yang ditemukan lebih dari 16 meter dari gundukan.

Para ilmuwan menjelaskan secara rinci temuan mereka pada edisi November jurnal Geochemistry: Exploration, Environment, Analysis.
Rayap dapat masuk hingga jauh ke dalam tanah. Kemampuan ini tergantung dari jenis rayap. Rayap sangat suka terhadap lokasi-lokasi yang mengandung logam, terutama logam mulia (emas). Logam ini akan dikeluarkan kembali oleh rayap.

2. Sarang Rayap tidak hanya sekadar tempat tinggal, Tapi, Juga Membantu Ekosistem di Sekitarnya Untuk Bertahan Dalam Masa Kekeringan.

Rayap membangun sarang dengan menggali lubang serupa pori-pori kecil di tanah. Akibatnya, air bisa meresap lebih jauh ke dalam tanah sehingga tidak menguap.

Para peneliti dari Universitas Princeton, Amerika Serikat, menyatakan sarang rayap ibarat oasis di padang gurun. Corina Tarnita, peneliti dan asisten profesor ekologi dan biologi evolusi di Princeton University, mengatakan proses penggurunan tidak terlalu mempengaruhi habitat di sekitar sarang rayap.

Manfaat dan peranan lain dari rayap untuk kehidupan manusia adalah 95 persen dari jenis rayap yang ada di Indonesia justru sangat bersahabat dgn manusia. Mereka ini adalah jenis rayap yg mkanannya kayu lapuk. Pohon yg sudah mati ini dimakan rayap. Lalu diubah menjadi zat hara tanah yg dapat menyuburkan. Begitu juga daun tidak bisa membusuk. Tanah menjadi miskin unsur hara karena tidak ada yg kembali ke tanah.

Pelajaran Menarik Lainnya: