Selat Terpenting di Dunia

DETALOG.COM – Selat adalah daerah perairan sempit yang menghubungkan dua perairan yang lebih besar, oleh karena dia terbentuk diantara dua pulau, ada juga yang mengartikan bahwa selat merupakan wilayah perairan sempit yang menghubungkan dua pulau. Karena Indonesia terdiri dari banyak pulau, maka indonesia juga memiliki banyak selat. Contohnya adalah selat malaka.

Selat adalah laut sempit yang menghubungkan dua pulau atau lebih yang saling berdekatan. Selat fungsinya sebagai pemisah pulau, dan juga sebagai penghubung antarpulau.

Wilayah Indonesia yang terdiri atas beribu-ribu pulau besar dan kecil mempunyai selat yang banyak. Misalnya Selat Malaka yang terletak antara Pulau Sumatera dan semenanjung Malaysia. Selat Sunda yang terletak antara Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Selat Makassar yang terletak antara Pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi. Selat Bali yang terletak antara Pulau Jawa dan Pulau Bali. Selat merupakan sarana penghubung dalam kegiatan pelayaran antarpulau.

Selat Terpenting di Dunia
Menurut ‘Time Atlas of The Ocean’, tujuh selat terpenting di dunia adalah selat Dover di antara Inggris dan Perancis, selat Malaka dan selat Singapura, Selat Gibraltar, Selat Hormuz di antara Iran dan Uni Emirat Arab yang menjadi pintu gerbang ke Teluk Persia dan Samudera Hindia, Selat Dardanelles dan Bosporus antara Laut Hitam dan Laut Tengah, selat Sunda dan Selat Lombok, serta selat Bab el Mandeb di antara Laut tengah dan Samudera Hindia

Dari semua selat-selat strategis ini, Selat Malaka adalah selat yang paling sibuk di dunia setelah selat Dover dari segi intensitas lalu lintasnya, namun selat Malaka adalah selat terpenting nomor 2 di dunia dalam hal jalur transportasi (migas) antara negara-negara di samudera Hindia dan Pasifik. Sementara selat sunda dan Lombok adalah jalur pelayaran penting antara negara-negara di Asia Timur dan Pasifik selatan. Pada masa perang dingin, selat-selat ini dikuasai oleh Amerika Serikat, namun perubahan geopolitik dunia saat ini menunjukkan bahwa angkatan Laut Cina dan India juga pernah menaruh perhatian serta kepentingan yang besar terhadap Laut Cina Selatan dan Selat Malaka.

Untuk menyeberangi selat biasanya menggunakan kapal fery, yaitu kapal laut berukuran kecil.

Pelajaran Menarik Lainnya: