Negara yang Berbatasan dengan Indonesia di Sebelah Utara

DETALOG.COM – Indonesia adalah negara kepulauan di Asia Tenggara yang memiliki sekitar 13.487 pulau besar dan kecil. Sekitar 6.000 pulau di antaranya tidak berpenghuni, yang menyebar di sekitar khatulistiwa.  Karena letaknya di khatulistiwa maka Indonesia memiliki iklim yang tropis. Posisi Indonesia terletak pada koordinat 6°LU – 11°08’LS dan dari 95°’BT – 141°45’BT. Terletak di antara 2 benua, yaitu benua Asia dan benua Australia/Oseania, serta 2 samudera, yaitu samudera Pasifik dan samudera Hindia.

NEGARA YANG BERBATASAN DENGAN INDONESIA DI SEBELAH UTARA

Batas wilayah Indonesia diukur dari kepulauan dengan menggunakan teritorial laut, yaitu 12 mil laut serta zona ekonomi eksklusif, yaitu 200 mil laut, dan searah penjuru mata angin, yaitu di utara, selatan, barat, dan timur. Adapun negara yang berbatasan dengan Indonesia di sebelah utara meliputi:

1) Malaysia

Malaysia adalah salah satu negara di Asia Tenggara dengan jumlah penduduk terbanyak ke-43 dan negara dengan daratan terluas ke-66 di dunia. Jumlah penduduknya sekitar 27 juta jiwa dan luas wilayahnya melebihi 320.000 km2. Iklim lokal adalah khatulistiwa dan dicirikan oleh angin muson barat daya (April – Oktober) dan timur laut (Oktober – Februari).

Malaysia terdiri atas 2 kawasan utama yang terpisah oleh Laut Cina Selatan. Keduanya memiliki bentuk muka bumi yang hampir sama, yaitu dari pinggir laut yang landai hingga hutan lebat dan bukit tinggi. Puncak tertinggi di Malaysia dan juga di Kalimantan, Indonesia yaitu Gunung Kinabalu setinggi 4.095,2 meter di Sabah.

Wilayah Malaysia yang berbatasan langsung dengan Indonesia di bagian utara adalah wilayah Malaysia Timur yang terdiri dari:

  • Sabah
  • Sarawak
  • Labuan

Malaysia Timur yang termasuk dalam pulau Borneo juga termasuk sebagian wilayah Indonesia dan Brunei Darussalam. Walaupun Malaysia Timur kurang maju daripada Semenanjung Malaysia, Malaysia Timur mempunyai lebih banyak sumber daya alam seperti minyak bumi dan gas alam.

2) Singapura

Singapura adalah sebuah negara pulau di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya, 137 kilometer (85 mi) di utara khatulistiwa di Asia Tenggara. Negara ini terpisah dari Malaysia oleh Selat Johor di utara, dan dari Kepulauan Riau, Indonesia oleh Selat Singapura di selatan. Singapura adalah pusat keuangan terdepan ke-4 di dunia dan sebuah kota dunia kosmopolitan yang memainkan peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Pelabuhan Singapura adalah satu dari 5 pelabuhan tersibuk di dunia.

Singapura terdiri dari 63 pulau, termasuk daratan Singapura. Pulau utama sering disebut Pulau Singapura tetapi secara resmi disebut Pulau Ujong yang berarti pulau itu terletak di ujung daratan (semenanjung). Pulau Jurong, Pulau Tekong, Pulau Ubin, dan Pulau Sentosa adalah 4 pulau yang terbesar dari beberapa pulau kecil di Singapura. Sementara itu, titik alami tertinggi adalah Bukit Timah Hill dengan tinggi 166 m (545 kaki).

3) Philipina

Philipina adalah sebuah negara republik di Asia Tenggara, yang terletak di sebelah utara Indonesia dan Malaysia. Filipina merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di Lingkar Pasifik Barat yang terdiri dari sekitar 7.107 pulau.

Philipina memiliki luas total daratan sekitar 300.000 km². Negara ini terletak antara 116° 40′, dan 126° 34′ BT, dan 4° 40′, dan 21° 10′ LU. Di timur berbatasan dengan Laut Philipina, di barat dengan Laut China Selatan, dan di selatan dengan Laut Sulawesi. Pulau Borneo (Kalimantan) terletak beberapa ratus kilometer di barat daya, dan Taiwan di utara. Maluku, dan Sulawesi di selatan, dan di timur adalah Palau.

***

Selain ke-3 negara di atas, Laut Cina Selatan juga berbatasan dengan Indonesia di sebelah utara. Laut Cina Selatan adalah  laut tepi yang menjadi bagian dari Samudera Pasifik. Laut Cina Selatan mencakup daerah dari Singapura ke Selat Taiwan sekitar 3.500.000 km². Hal ini sekaligus menjadikannya sebagai badan laut terbesar setelah kelima samudera.

Kepulauan di Laut Cina Selatan membentuk sebuah kepulauan yang berjumlah ratusan. Laut Cina Selatan terbentang di arah barat daya ke timur laut, yang batas selatannya 3°LS antara Sumatera Selatan dan Kalimantan (Selat Karimata), dan batas utaranya ialah Selat Taiwan dari ujung utara Taiwan ke pesisir Fujian di Cina Daratan.

 

 

 

Pelajaran Menarik Lainnya: