Struktur Generik Adalah

DETALOG.COM – Struktur generik adalah struktur umum yang menggabungkan beberapa kalimat ke dalam paragraf atau naratif.Generic struktur terdiri dari: introducting atau identifikasi dan deskripsi.

Struktur Generik
Berikut beberapa struktur dari generik

1. Even (-even) utama
2. Elaborasi (latar belakang, paryisipan, waktu, tempat) even (-even)
3. Sumber-sumber informasi

Fitur Bahasa yang Dominan:
1. Penggunaan kalimat pendek, tentang kabar yang disajikan pada judul berita.
2. Penggunaan kata kerja aksi.
3. Penggunaan ungkapan-ungkapan
4. Penggunaan kata keterangan: waktu, tempat, dan tatacara.

Contoh Struktur Generik

KLOTER I BERANGKAT JUM’AT
Sidoarjo. Calon Jemaah Haji (CJH) Sidoarjo dijadwalkan berangkat jumat (15/10). Total CJH Sidoarjo sebanyak 2.450. Jumlah terebut terbagi menjadi enam kloter. Yakni, kloter 10, 11,15, 16, 17, dan 18. Mereka akan berangkat pada Jum’at (15/10), Minggu (17/10), dan senin (18/10)

Kepala seksi penyelenggara Haji dan Umrah Depag Kabupaten Sidoarjo Misbakhul Munir menerangkan, jemaah haji akan diberangkatkan dari pendopo Surabaya. Setelah dikarentina semalam, keesokan harinya mereka terbang ke Arab Saudi.

Untuk mengurangi kepadatan, Misbakhul menuturkan bahwa pihaknya akan membatasi jumlah pengantar. “Hanya mobil berstiker yang boleh mengantar. Tapi pengantar dilarang masuk pendopo,” ujarnya.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada saat keberangkatan jemaah haji, lalu lintas di sekitar Alun-alun Sidoarjo akan padat. Karena itu, dia mengimbau para pengendara untuk melewati jalur alternatif

Istilah Struktur Generik
Istilah istilah dalam generic structure:

1. Orientation
Orientation mengacu pada bagian teks yang memberi setting atau pendahuluan. Bagian teks yang merupakan orientation akan menggring pembaca membuat terkaan akan bentuk bacaan juga konten apa yang akan dia baca. Biasanya orientation merupakan sebagian teks yang memberi latar cerita atau awal mula kejadian

2. Re – orientation
Re – Orientation mengacu pada bagian teks yang memberi isyarat bahwa yang dibicarakan teks sudah selesai / merupakan ungkapan / kalimat penutup.

3. Event
Event merupakan bagian teks yang menunjukan suatu peristiwa atau kejadian yang berlangsung.

4. Incident
Incident merupakan bagian teks yang menunjukan suatu peristiwa / kejadian yang berlangsung (identik dengan event)

5. General classification
General classification merupakan bagian teks yang menunjuk hal yang di ulas termasuk golongan apa atau ruang lingkup apa. Misalnya : dolphins are sea-living mammals ( lumba – lumba adalah binatang mamalia yang ada di laut)

6. Description
Description merupakan bagian teks yang menggambarkan hal / benda yang di ulas seperti apa; umumnya penggambaran ini mencakup bagian – bagian yang dimiliki oleh hal / benda yang sedang di ulas.

7. General statement
General statement mengacu pada bagian teks yang menyatakan pendapat penulis atau fenomena yang terjadi di alam ini yang mana mayoritas pembac akan setuju terhadap apa yang dinyatakan tersebut.

8. Thesis
Thesis merupakan bagian kalimat (topic sentence) yang menyatakan pendapat penulis akan suatu kasus/fenomena; pendapat ini tidak harus benar adanya. Umumnya menimbulkan pro contra.

9. Issue
Issue merupakan bagian teks yang mengosyaratkan terdapatnya suatu permasalahan atau topik layak mendapat pembahasan atau ulasan.

10. Argument
Mengacu pada bagian teks yang berupa alasan – alasan yang di paparkan penulis untuk mendukung atau memperkuat pendapatnya.

11. Elaboration
Elaboration meerupakan bagian teks yang berupa penjelasan atau uraian detil dari argumen yang disodorkan penulis.

12. Explanation
Explanation merupakan bagian teks yang berupa penjelasan dari fenomena yang diulas oleh penulis (identik dengan elaboration)

13. Conclusion
Conclusion merupakan bagian teks yang berupa menyatakan kesimpulan penulis terhadap suatu permasalahan yang dibahasnya.

14. Newsworty event
Newsworty event merupakan bagian teks yang menyatakan suatu peristiwa yang bermuatan berita atau informasi kejadian yang khalayal tahu.

15. Background event
Background event merupakan bagian teks yang berupa komentar participant, saksi, pihak yang berwenang terhadap suatu peristiwa.

16. Abstract
Abstract merupakan bagian teks yang berupa isyarat akan apa yang diceritakan berupa kejadian yang tidak lumrah, tidak biasa, aneh. Abstract juga dapat berupa rangkuman atas apa yang dipaparkan dalam teks.

Pelajaran Menarik Lainnya: