Ciri-ciri Hewan Vivipar

Posted on

loading...

DETALOG.COM – Diantara beberapa jenis hewan, ada yang termasuk jenis sebagai hewan vivipar. Hewan vivipar adalah hewan yang melakukan perkembangbiakan dengan cara beranak atau melahirkan. Cara perkembangbiakan dari hewan vivipar pada umumnya terjadi pada jenis hewan mamalia atau menyusui.

Pada dasarnya semua makhluk hidup akan berkembang biak yang mana artinya, makhluk hidup dapat menghasilkan keturunan. Tujuan makhluk hidup berkembang biak, yaitu untuk memperbanyak keturunan, agar jenisnya tidak habis atau punah.

CIRI-CIRI HEWAN VIVIPAR

  1. Memiliki puting susu.
  2. Memiliki daun telinga.
  3. Memiliki penutup tubuh berupa rambut.
  4. Hewan-hewan Vivipar biasanya adalah kelompok dari hewan mamalia.

CONTOH HEWAN VIVIPAR

1) Kucing

kucing mengalami masa kehamilan selama 9 minggu. Kucing mengalami pertumbuhan dari bayi hingga dewasa. Siklus reproduksi kucing tidak berlangsung teratur dalam periode tertentu. Tahap birahi/minta kawin (estrus) pada kucing dipengaruhi oleh berbagai hal. Salah satunya adalah lama matahari bersinar dalam satu hari.

2) Anjing

Anjing mengalami siklus reproduksi yang rutin dan spontan, dalam hal pelepasan sel telur dari indung telur. Anjing berkembang biak dengan cara mengandung dan melahirkan. Periode hamil pada anjing berkisar antara 55-65 hari. Saat hamil, anjing bisa mengandung lebih dari 4 bayi.

3) Sapi

Sapi memiliki daun telinga dan kelenjar susu. Sapi banyak dibudidayakan manusia untuk diambil tenaga, kulit, daging, dan susunya. Hewan ini hamil selama 270 hari jika bayinya bayi perempuan, sedangkan jika bayinya bayi laki-laki, maka usia kehamilannya lebih dari itu.

4) Kambing

Kambing merupakan mamalia yang banyak dibudidayakan manusia sebagai ternak rumahan. Kambing betina memiliki usia kehamilan selama 150 hari atau sekitar 5 bulan. Setelah melahirkan, betina dewasa akan menyusui bayinya selama 3 bulan, sebelum akhirnya dapat dikawinkan lagi.

5) Kuda

Kuda mengalami masa kehamilan selama 11-12 bulan setelah proses ovulasi. Proses melahirkan secara umum berlangsung pada malam hari, tepatnya saat matahari selesai terbenam. Jarang ada kuda yang melahirkan saat pagi atau siang hari.

6) Gajah

Gajah yang merupakan hewan berbelalai dan bertelinga lebar juga mengalami masa kehamilan dan melahirkan anaknya. Periode hamil pada gajah berkisar antara 18 – 24 bulan. Gajah betina dewasa umumnya hanya dapat melahirkan anak sebanyak 4-5 kali. Oleh karena itulah perkembangbiakan gajah sangat terbatas dan terancam mengalami kepunahan.

7) Kera

Semua keluarga kera atau primata adalah mamalia yang termasuk contoh hewan vivipar. Kera akan mengalami masa kehamilan setelah terjadi ovulasi atau perkawinan dengan kera jantan. Lamanya periode hamil masing-masing jenis kera berbeda karena dipengaruhi oleh faktor fisiologis. Beberapa keluarga kera yang bisa menjadi contoh hewan vivipar di antaranya: gibbon, siamang, orang utan, simpanse, gorila, dan bekantan.

8) Ikan Paus

Ikan paus adalah jenis mamalia air yang termasuk contoh hewan vivipar. Meski pada umumnya ikan berkembang biak dengan cara bertelur, namun ikan paus justru akan mengalami kehamilan dan melahirkan. Paus mengalami masa kehamilan atau mengandung selama 19 bulan di mana setiap periode kehamilan mereka hanya akan hamil 1 bayi saja.