5 Sungai Terkenal di India

DETALOG.COM – Sungai menjadi hal yang sangat vital dalam kehidupan masyarakat India mengingat negara ini didominasi oleh masyarakat yang beragama Hindu. Dalam salah satu ritual keagamaan Hindu yang dijalankan orang India, mereka akan melakukan ritual pemujaan di sungai yang dianggap menjadi tempat yang suci dan sakral dalam mengabulkan keinginan atau permohonan mereka. Tidak hanya itu, dalam upacara kematian agama Hindu, biasanya setelah mayatnya dibakar, maka abunya akan dihanyutkan atau ditebar ke sungai. Jadi, sungai memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat di India yang sudah menjadi bagian dari tradisi leluhur mereka.

SUNGAI-SUNGAI TERKENAL DI INDIA

Ada 5 sungai di India yang terkenal, yaitu:

1) Sungai Gangga

Sungai Gangga yang terletak di India Utara telah ditetapkan oleh pejabat pemerintahan India sebagai sungai nasional Bharat. Dalam ajaran agama Hindu, sungai Gangga juga disembah sebagai dewi. Karena itula sungai Gangga menjadi salah satu tempat suci bagi masyarakat India yang beragama Hindu karena mengandung amrit, yaitu sebuah nektar keabadian. Sungai Gangga melintasi beberapa negara bagian di India, yaitu: Uttaranchal, Uttar Pradesh, Bihar, Jharkhand, dan Bengal Barat. Sungai Gangga juga melintasi negara Bangladesh.

2) Sungai Godavari

Sungai Godavari adalah terletak di pantai timur India yang membentang dari barat ke selatan India, dan dianggap sebagai salah satu Daerah Aliran Sungai besar di India. Dengan panjang mencapai sekitar 1500 km, sungai Godavari merupakan sungai terpanjang kedua setelah Sungai Gangga. Sungai Godavari juga dikenal sebagai Sungai Ganggga selatan. Meskipun begitu, hulu sungaiGodavari akan mengalami kekeringan di musim dingin dan musim semi sehingga tidak bisa digunakan untuk irigasi. Sungai Godavari juga dianggap sebagai salah satu sungai yang suci bagi masyarakat Hindu di India. Aliran sungai ini berasal dari barat Ghats Trimbakeshwar dan kemudian mengalir ke arah timur dataran tinggi Deccan melalui wilayah Maharasthra. Setelah itu, airnya mengalir ke tenggara hingga bermuara di Teluk Benggala, 50 mil (80 km) dari Laut Arab. Lalu, pada akhirnya aliran airnya akan bermuara ke Samudera Hindia. Negara bagian India  yang dilintasi sungai Godavari meliputi: Maharashtra, Telangana, Chhattisgarh, Andhra Pradesh, dan Puducherry.

3) Sungai Yamuna

Sungai Yamuna terletak di India bagian utara. Aliran sungai ini berasal dari gletser Yamunotri pada ketinggian sekitar 6.3387 meter. Seperti halnya sungai Gangga, sungai Yamuna juga sangat dihormati oleh masyarakat India beragama Hindu karena sungai ini menjadi tempat pemujaan Dewi Yamuna. Dalam mitologi Hindu, Dewi Yamuna adalah putri dari Surya, Dewa Matahari,  dan adik dari Yama, Dewa Kematian. Itulah sebabnya menurut legenda populer, jika mandi di air suci sungai Yamuna maka bisa membebaskan seseorang dari siksa maut. Air sungai Yamuna dikenal juga dengan kualitasnya yang baik. Terlebih lagi keindahan sungai Yamuna bisa dilihat langsung di depan Taj Mahal di kota Agra yang merupakan kota dari negara bagian Uttar Pradesh. Negara bagian lain yang dilintasi aliran sungai Yamuna adalah Uttaranchal, Himachal Pradesh, dan Haryana. Wilayah ibukota nasional Delhi juga turut dialiri sungai ini.

4) Sungai Brahmaputra

Brahmaputra adalah sebuah sungai utama di Asia yang melintasi negara India, Bangladesh, dan wilayah Tibet. Penggunaan nama Brahmaputra berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti “Anak Brahma“. Air sungai Brahmaputra berasal dari pegunungan Himalaya di wilayah Tibet Barat. Aliran sungai Brahmaputra pada akhirnya akan bertemu dengan aliran sungai Gangga yang disebut Padma di Bangladesh serta sungai Meghna untuk membentuk delta sungai terbesar di dunia yang kebanyakan berada di Bangladesh. Sebagian dari wilayah sungai Brahmaputra menjadi tempat suci bagi masyarakat India yang beragama Hindu. Karena aliran sungai Brahmaputra berasal dari pegunungan Himalaya, maka sungai ini rawan banjir saat musim semi ketika salju di pegunungan Himalaya meleleh. Di India sendiri, sungai ini melintasi 2 negara bagian, yaitu Assam dan Arunachal Pradesh.

5) Sungai Khrisna

Aliran sungai Krishna berasal dari Ghats barat dekat Mahabaleshwar di ketinggian sekitar 1.300 meter, di negara bagian Maharashtra, India Tengah. Sungai ini merupakan rumah bagi Satavahana dan dinasti Raja Ikshvaku Sun. Delta sungai Khrisna adalah salah satu daerah yang paling subur di India, namun masih rentan terhadap terjadinya erosi tanah berat selama banjir di musim hujan. Alirannya sungai ini sangat deras dan mencapai kedalaman lebih dari 23 meter. Aliran air sungai ini berkebalikan dengan karakter Dewa Khrisna yang tenang. Negara bagian di India yang dilintasi oleh sungai Khrisna meliputi: Maharashtra, Karnataka, Telangana, dan Andhra Pradesh.

Pelajaran Menarik Lainnya: