Posisi Geografis Negara India

DETALOG.COM – Jika pertama kali mendengar kata India maka yang terlintas di pikiran adalah budayanya yang didominasi dengan tarian dan nyanyian seperti yang sering diperlihatkan dalam film-film atau drama India. Tetapi India tidak hanya sebatas itu saja. Seperti halnya penduduk Cina yang bisa dijumpai di hampir semua negara di belahan dunia, orang-orang India pun seperti itu. Jika kamu berkunjung ke luar negeri, kamu bisa dengan mudah menemukan restoran dan toko milik orang India.

Salah satu peradaban kuno terkenal di dunia, yaitu peradaban lembah sungai Indus terjadi di India. Negara ini juga menjadi tempat kelahiran agama Hindu dan Budha. Di masa lalu, India juga pernah menjadi bangsa terjajah ketika dijajah oleh Britania Raya dan dijadikan sebagai bagian dari negara itu. Hingga akhirnya India meraih kemerdekaannya pada 15 Agustus 1947 setelah melalui perjuangan yang berat. Mahatma Gandhi adalah tokoh nasional India sekaligus tokoh dunia yang mengusung kemerdekaan India tanpa adanya kekerasan melainkan melalui aksi demo yang damai.

POSISI GEOGRAFIS INDIA

India yang terletak di kawasan benua Asia, tepatnya di Asia Selatan, sejak dulu terkenal sebagai bagian dari rute perdagangan penting mengingat posisinya yang strategis dengan garis pantai sepanjang 7.000 km. Adapun posisi geografis India meliputi:

  • Utara: Barisan pegunungan Himalaya.
  • Barat: Gurun Thar yang membatasinya dengan negara Pakistan tenggara.
  • Selatan: Semenanjung India yang hampir seluruhnya merupakan bagian dari hamparan Deccan. Di kedua sisi hamparan itu terdapat dua barisan pesisir yang berbukit-bukit, yaitu Ghats Barat dan Ghats Timur.

Selain itu, India juga membagi wilayah perbatasannya dengan beberapa negara, seperti: Pakistan, Republik Rakyat Tiongkok, Myanmar, Bangladesh, Nepal, Bhutan, dan Afganistan. Sementara itu, Sri Lanka, Maladewa, dan Indonesia adalah negara kepulauan yang bersebelahan dengannya.

Posisi geografis di India menyebabkan cuacanya menjadi beragam, dari cuaca tropis di selatan hingga cuaca menengah di utara. Sebagian wilayah India yang terletak di kawasan pegunungan Himalaya memiliki cuaca tundra. Sementara itu, India memperoleh hujan dari pergerakan angin muson.

WILAYAH ADMINISTRATIF INDIA

Wilayah administratif India dibagi menjadi:

1) Wilayah Negara Bagian

Ada 28 negara bagian yang kemudian dibagi ke dalam suatu distrik. Masing-masing negara bagian memiliki pemerintah yang dilantik sendiri. Berikut ini ke-28 negara bagian di India:

  1. Andhra Pradesh
  2. Arunachal Pradesh
  3. Assam
  4. Bihar
  5. Chhattisgarh
  6. Goa
  7. Gujarat
  8. Haryana
  9. Himachal Pradesh
  10. Jammu dan Kashmir
  11. Jharkhand
  12. Karnataka
  13. Kerala
  14. Madhya Pradesh
  15. Maharashtra
  16. Manipur
  17. Meghalaya
  18. Mizoram
  19. Nagaland
  20. Orissa
  21. Punjab
  22. Rajasthan
  23. Sikkim
  24. Tamil Nadu
  25. Tripura
  26. Uttaranchal
  27. Uttar Pradesh
  28. Bengal Barat

2) Wilayah Persatuan

Ada 6 wilayah persatuan yang masing-masing diperintah oleh seorang pengurus yang dilantik oleh Pemerintah Persatuan (union government), meski beberapa di antaranya memiliki pemerintah yang dilantik. Berikut ini ke-6 wilayah persatuan India:

  1. Kepulauan Andaman dan Nicobar
  2. Chandigarh
  3. Dadra dan Nagar Haveli
  4. Daman dan Diu
  5. Lakshadweep
  6. Pondicherry

3) Wilayah Ibukota Nasional

Wilayah ibukota nasional adalah New Delhi. Kota ini merupakan tempat pemerintahan liberal demokrasi terbesar di dunia, sekaligus sebagai kota metropolis terbesar ke-3 di India. Hingga saat ini, populasi penduduk yang menetap di New Delhi adalah sekitar 10 juta jiwa. New Delhi adalah kota yang mudah dijelajahi karena jalan-jalanya dirancang dengan cermat sebelum pembangunan gedung dimulai pada tahun 1903. Jalan raya utamanya adalah Raj Path.

KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA ORANG INDIA

  • Kebudayaan tradisional India memiliki hierarki sosial yang relatif ketat. Sejak usia dini, anak-anak diajari tentang peran dan kedudukan mereka dalam masyarakat. Tradisi ini diperkuat dengan kepercayaan kepada dewa-dewa dan roh yang dianggap berperan penting dan tak terpisahkan dari kehidupan mereka.
  • Dalam sistem kasta di India, ditetapkan stratifikasi sosial dan pembatasan dalam kehidupan sosial. Kelas-kelas sosial dibentuk oleh ribuan kelompok herediter yang mempraktekkan endogami, yang umum disebut kasta.
  • Orang India sangat menghargai nilai-nilai kekeluargaan tradisional. Walaupun demikian, rumah-rumah di perkotaan sekarang lebih sering hanya didiami oleh keluarga inti. Hal ini disebabkan keterbatasan ekonomi, dan sosial untuk hidup bersama dalam sebuah keluarga besar.
  • Di kawasan pedesaan masih umum dijumpai anggota keluarga dari 3 hingga 4 generasi yang tinggal di bawah satu atap.
  • Mayoritas terbesar orang India menikah setelah dijodohkan oleh orang tua mereka atau anggota keluarga yang dituakan, namun dengan persetujuan antara calon pengantin pria dan calon pengantin wanita.
  • Pernikahan dipandang sebagai ikatan seumur hidup sehingga angka perceraian sangat rendah.
  • Pernikahan dini masih merupakan tradisi yang umum, dimana separuh dari populasi wanita India menikah sebelum mencapai usia 18 tahun yang merupakan usia dewasa menurut hukum.