Bahan Utama Pembuat Gipsum

DETALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Kata gipsum berasal dari kata kerja dalam bahasa Yunani μαγειρεύω, yang artinya memasak. Disebut memasak karena di daerah Montmartre, Paris, pada beberapa abad yang lalu orang-orangnya membakar gipsum untuk berbagai keperluan, dan material tersebut kemudian disebat dengan plester dari Paris.

Orang-orang di daerah ini juga menggunakan gipsum sebagai krim untuk kaki, sampo, dan sebagai produk perawatan rambut lainnya. Karena gipsum merupakan mineral yang tidak larut dalam air dalam waktu yang lama, sehingga gipsum jarang ditemui dalam bentuk butiran atau pasir. Tetapi ada suatu kejadian unik di White Sands National Monument, di negara bagian New Mexico, Amerika Serikat, terdapat 710 km² pasir gipsum putih yang cukup sebagai bahan baku untuk industri drywall selama 1000 tahun.

Kristal gipsum terbesar dengan panjang lebih dari 10 meter pernah ditemukan di Naica, Chihuihua, Mexico. Gipsum banyak ditemukan di berbagai daerah di dunia, yaitu Jamaika, Iran, Thailand, Spanyol (penghasil gipsum terbesar di Eropa), Jerman, Italia, Inggris, Irlandia, Manitoba, Ontario, Canada, New York, Michigan, Indiana, Texas, Iowa, Kansas, Oklahoma, Arizona, New Mexico, Colorado, Utah, Nevada, Paris, California, New South Wales, Kalimantan, dan Jawa Barat.

Gipsum adalah salah satu contoh mineral dengan kadar kalsium yang mendominasi pada mineralnya. Gipsum yang paling umum ditemukan adalah jenis hidrat kalsium sulfat dengan rumus kimia CaSO4.2H2O. Gipsum adalah salah satu dari beberapa mineral yang teruapkan. Contoh lain dari mineral-mineral tersebut adalah karbonat, borat, nitrat, dan sulfat. Mineral-mineral ini diendapkan di laut, danau, gua dan di lapian garam karena konsentrasi ion-ion oleh penguapan. Ketika air panas atau air memiliki kadar garam yang tinggi, gipsum berubah menjadi basanit (CaSO4.H2O) atau juga menjadi anhidrit (CaSO4). Dalam keadaan seimbang, gipsum yang berada di atas suhu 108 °F atau 42 °C dalam air murni akan berubah menjadi anhidrit.

Cara Membuat Gipsum
Kerajinan gypsum bisa juga menjadi alternative usaha untuk yang mencari peluang usaha. Dibanding dengan Keramik gipsum memiliki keunggulan karena tidak perlu proses pembakaran, dibanding dengan fiberglass bahan gipsum lebih murah.

Sedangkan kerajinan berbahan dasar gipsum bahannya murah serta mudah didapat dan pembuatannya mudah.

Berbagai bentuk kresasi yang bisa dihasilkan dari gypsum sudah sering kita lihat dipasaran antara lain: celengan gypsum, boneka macam –macam bentuk, frame photo atau pigura foto dari gypsum, souvenir kecil-kecil misal tempelan kulkas, tempat tusuk gigi, gantungan baju , dekorasi ornament gypsum untuk hiasan rumah, dsb.

Tapi gypsum juga memiliki kelemahan yaitu mudah pecah/rusak/patah.

Bahan membuat gipsum
tepung gipsum , air, serat, resin, calsium

Alat-alat membuat gipsum
wadah, pengaduk , timbangan, gelas ukur, cetakan

Cara membuat gipsum
untuk membuat souvenir aduk gypsum dan air lalu masukkan dicetakan biarkan kering bisa dengan panas matahari atau dioven, untuk membuat gypsum untuk ornament rumah agar hasil lebih kuat adonan bisa dicampur resin, semen putih, calcium bahan tersebut dicampur semua diaduk masukkan di cetakan.

Setelah semua kering baru di cat, sesuai dengan permintaan warna.