Tips Mencegah dan Menghilangkan Syringoma

Posted on

DETALOG.COM –  Syringoma berasal dari bahasa Yunani yaitu syrinx, yang berarti pipa atau tabung.

Pengertian Syringoma

Syringoma adalah tumor jinak yang berasal dari saluran keringat, bentuk putih kekuningan biasanya terjadi pada wanita dimulai pada usia pubertas, lokasi paling sering disekitar kelopak mata
Dihilangkan dengan kauterisasi

Jika Anda mendapati kulit di sekitar mata, kelopak mata atau di bawah mata, ditumbuhi bintik hitam atau putih yang disebut itulah yang dinamakan syringoma. Menurut dr. Nila Sandra Pridady, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, syringoma merupakan golongan tumor jinak dari kelenjar keringat (ekrin). Ditambahkan oleh dr. RA Putri Ambarani, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, syringoma terjadi karena penyumbatan kelenjar ekrin. Kelenjar keringat terdiri dari dua jenis, yaitu ekrin yang disebut syringoma dan apokrin yang terdapat di ketiak.

Ciri-ciri Syringoma

  • Syringoma berbentuk pipih yang disebut papul tonjolan kulit tetapi flat, lebih pipih dan lebar.
  • Warna syringoma cenderung serupa seperti warna kulit, tetapi terkadang berwarna kekuningan.
  • Syringoma bisa ditandai dengan timbulnya bintik-bintik kecil seperti warna kulit, terasa lebih gatal, meskipun pada beberapa orang hampir tidak merasakan gatal atau keluhan. Rasa gatal bisa muncul karena pemakaian kosmetik yang tidak sesuai.

Penyebab Munculnya Syringoma

Syringoma biasanya muncul dikarenakan faktor keturunan dan terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Selain itu ada beberapa faktor lain seperti :

  • Terkait dengan Down sindrom dalam beberapa kasus
  • Syringomas erupsi yang sering terjadi di Afrika, Amerika dan Asia.
  • Beberapa syringomas dapat berhubungan dengan diabetes melitus
  • Disebabkan oleh kelenjar keringat yang terlalu produktif
  • Terkait dengan Ehlers-Danlos
  • Terkait dengan sindrom Marfan

Biasanya syringorna lebih banyak dialami oleh para wanita dibandingkan pria karena perbedaan hormon. Umumnya syringoma ini mulai muncul ketika seseorang mengalami masa pubertas atau masa remaja, ketika kulit mengalami perubahan.

Pencegahan dan Pengobatan Syrigoma

Meski tidak tergolong dalam jenis tumor ganas, tetapi sangat penting untuk tetap melakukan pengobatan dan pencegahan syrigoma ini. Berikut cara pencehagan dan pengobatan syringoma

Pencegahan :

  • Dianjurkan untuk rutin menggunakan sunblook yang akan mengurangi efek sinar matahari yang mampu mencegah proses penuaan dini.
  • Menggunakan krim-krim yang diresepkan oleh dokter spesialis kulit saran dokter spesialis kulit (biasanya jenis krim yang mengandung retinoid dan retinoin)

Pengobatan :

Jika syringoma sudah terlalu dalam dan melebar, sebaiknya lakukan treatment seperti dermabrasi, laser ablatif seperti laser C02 dan elektrokauter agar syringoma bisa diambil dan diangkat dari permukaan kulit.

  • Dermabrasi adalah proses pengelupasan kulit yang bisa menjangkau hingga lapisan dermis (lapisan dalam) kulit.
  • Laser ablatif adalah laser yang bisa memengaruhi kondisi kulit bagian luar. Biasanya pada laser ini ada efek merusak seperti laser C02.
  • Elektrokauter adalah teknik bedah dengan menggunakan listrik.

Proses pengerjaan treatment-treatment tersebut berlangsung selama 30-60 menit, tergantung lebarnya syringoma . Setelah treatment sebaiknya hindari air karena setelah treatment kulit akan mengalami luka, sehingga dianjurkan menghindari air hingga luka mengering. Dianjurkan juga mengoleskan salep antiseptik ataupun Betadine hingga lukanya kering agar tidak infeksi.

Bagaimana dengan efek samping atau resiko dari pengobatan atau treatment syringoma ? Untuk efek samping dari treatment atau pengobatan ini biasanya kulit mengalami infeksi. Tetapi Anda akan diberikan salep antiseptik agar luka cepat mengering dan terbebas dari kuman. Efek samping lainnya adalah kulit menjadi kehitaman, lebih putih dan timbul jaringan parut setelah pengobatan.

Beberapa jenis treatment diatas belum menjamin syringoma tidak akan kembali.Sampai saat ini belum ditemukan obat yang bisa menghilangkan jenis tumor jinak ini secara tuntas.

***

Demikian sedikit ulasan, ciri, pencegahan dan pengobatan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi syringoma. Yang penting untuk dilakukan adalah Anda perlu melakukan pengecekan sendiri dengan menggunakan petunjuk dari ciri syringoma yang sudah disebutkan diatas sebelumnya. Jika salah satu ciri tersebut berada pada bagian bawah kelopak mata Anda, lakukan pemeriksaan langsung pada dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan selanjutnya.

Semoga bermanfaat.

Advertisements