Contoh Hak Dan Kewajiban Manusia Terhadap Lingkungan

Posted on

DETALOG.COM – Setiap hal yang ada disekitar kita, baik itu benda, keadaan, makhluk hidup dan kelakuannya, adalah sesuatu yang kita sebut dengan lingkungan hidup. Lingkungan hidup ini tentu menjadi hal penting karena sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup serta tingkat kesejahteraan kita sebagai manusia.

Sebaik-baiknya lingkungan hidup adalah yang dilestarikan fungsi dan pemanfaatannya, dipelihara serta diawasi dengan baik guna menghindari terjadinya pencemaran dan kerusakan. Seperti yang kebanyakan orang telah ketahui, sebagian besar kerusakan lingkungan terjadi akibat dari ulah manusia yang seakan-akan merasa tidak peduli dengan keadaan lingkungan sekitar. Manusia terus memanfaatkan sumber daya alam secara berlebih tanpa memperhatikan dan melestarikan lingkungan sehingga terjadilah kerusakan lingkungan.

Setiap orang memiliki hak dan kewajiban terhadap lingkungan. Dan beberapa kewajiban tersebut antara lain:

> Tidak membuang sampah sembarangan. Ini merupakan satu hal yang sederhana namun seperti sangat sulit untuk mulai diterapkan. Orang-orang hingga saat ini masih saja selalu membuang sampah dimanapun yang mereka inginkan. Padahal inilah yang menjadi salah satu penyebab kerusakan lingkungan.

> Melakukan penanaman kembali, memulai menanam satu pohon pun akan lebih baik daripada tidak menanam sama sekali. Penanaman ini jika dilakukan, dapat memberi banyak keuntungan bagi manusia dan lingkungannya, melindungi lapisan ozon yang mulai menipis dan mengurangi pencemaran udara.

> Menggunakan jenis kendaraan yang ramah lingkungan. Aksi ini bisa mencegah polusi udara yang semakin hari semakin parah. Salah satu contoh kendaraan yang ramah lingkungan yaitu mobil tenaga surya.

> Memperindah lingkungan dengan menghias taman atau kebun dengan berbagai macam bunga dan tanaman hijau. Hal ini tidak saja dapat membuat lingkungan menjadi lebih indah, namun juga akan lebih sehat karena tanaman hijau khususnya mampu memberi oksigen yang lebih baik kepada manusia. Oksigen yang cukup akan memberi pengaruh positif terhadap segala kegiatan yang akan kita lakukan.

Setelah memenuhi segala kewajiban guna melestarikan lingkungan hidup, orang-orang dapat memperoleh haknya, yang berupa:

> Menikmati segarnya lingkungan hidup. Lingkungan yang bersih dan segar akan membuat kita menjadi manusia yang lebih sehat dan nyaman. Kenyamanan dapat meningkatkan suasana hati sehingga kita akan merasa mampu melakukan hal apa pun.

> Mendapatkan pasokan air yang bersih dan sehat. Alam yang bersih akan menghasilkan air yang juga bersih, sehingga aman digunakan untuk mandi, mengairi sawah dan juga dijadikan sebagai alat pembangkit tenaga listrik.

> Tumbuhan dan hewan juga akan hidup sehat di lingkungan yang bersih, sehingga kebutuhan protein hewani dan nabati kita dapat terpenuhi dengan lebih baik.

> Mendapatkan kelancaran dalam membangun sarana dan prasarana yang dapat mendukung kelancaran kegiatan hidup manusia. Misalnya saja, membuat gedung olahraga serta pertokoan. Kelestarian lingkungan yang terpelihara dapat membuat manusia memanfaatkan lahan dengan sebaik-baiknya.

> Terbebas dari berbagai polusi dan pencemaran lingkungan. Hal ini tentu akan membuat kita terhindar dari berbagai penyakit yang mengancam kesehatan.

Keinginan untuk hidup sehat harus diawali dengan melaksanakan tanggung jawab kita dalam melestarikan lingkungan. Sebab manusia dan lingkungan memiliki kaitan yang sangat erat satu sama lain, makhluk hidup dan alam selalu mengalami proses saling memberi dan menerima, jadi memang kita harus senantiasa menjaga alam dari berbagai ancaman kerusakan.

Oleh sebab itu, berikut disajikan beberapa contoh sikap dan perilaku yang tepat dalam mewujudkan lingkungan hidup yang lebih baik:

1. Senantiasa menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selainn itu setiap orang sebaiknya mulai menerapkan prinsip daur ulang guna mengurangi jumlah sampah yang beredar di lingkungan kita.

2. Tidak memanfaatkan sumber alam secara berlebihan. Meskipun selalu disediakan dengan sendirinya oleh alam, namun bukan berarti bahwa sumber alam tersebut tidak terbatas. Maka dari itu manfaatkanlah seperlunya, berikan perhatian yang layak agar tidak terjadi bencana seperti banjir, longsor, serta kerusakan lain yang merugikan masyarakat.

3. Penggunaan teknologi harus diseimbangkan dengan lingkungan hidup tempat kita tinggal. Jangan sampai teknologi yang Anda gunakan menjadi sumber kerusakan terhadap alam.

Itulah beberapa contoh sikap dan perilaku yang harus dilakukan setiap orang dalam menjaga kelestarian lingkungan. Hidup yang sehat dapat memungkinkan kita untuk hidup lebih lama, maka jangan pernah melakukan hal sekecil apapun yang dapat merusak lingkungan hidup.

Advertisements