Apakah yang Dimaksud dengan Media Jaringan?

Posted on

DETALOG.COM – Jaringan adalah gabungan dari beberapa komputer dengan media jaringan serta protokol jaringan sehingga antar komputer bisa saling bertukar informasi. Untuk menjalankan sebuah jaringan, diperlukan beberapa media yang berperan sebagai pendukung jaringan tersebut.

Pengertian Media Jaringan
Media jaringan merupakan media yang dapat digunakan untuk menghubungkan komputer yang satu dan yang lain sehingga antar komputer dapat melakukan pertukaran informasi.

Jenis Media Jaringan
Didalam menggunakan media jaringan, ada beberapa jenis media yang digunakan yaitu:

1. Twisted Pair
Kabel Twisted Pair sering juga disebut dengan kabel terpilin yang menggunakan connector RJ-45 atau RJ-11.Panjang minimum kabel Twisted Pair adalah 1 meter. Sedangkan panjang maksimumnya adalah 100 meter.

Twisted Pair ada dua macam, yaitu :
a. Unshieldied Twisted Pair (UTP) yaitu kabel yang memiliki tidak selubung pembungkus.
b. Shieldied Twisted Pair (STP) yaitu kabel yang memiliki selubung pembungkus.
Topologi yang menggunakan kabel Twisted Pair adalah Topologi Bus, Topologi Ring dan Topologi Star.

2. Coaxial
Ada beberapa jenis kabel coaxial, yaitu :

a.Kabel Coaxial Thinnet ( Kabel RG-58 )
Kabel Coaxial Thinnet adalah kabel Coaxial yang memiliki diameter lebih kecil.Kabel Coaxial Thinnet atau Kabel RG-58 biasa disebut dengan kabel BNC, singkatan dari British Naval Connector.

b. Kabel Coaxial Thicknet ( Kabel RG-8 )
Kabel Coaxial Thicknet atau Kabel RG-8 adalah kabel coaxial yang dipakai untuk instalasi antar gedung, Spesifikasi kabel ini sama dengan dengan Kabel Coaxial Thinnet, hanya bentuk fisiknya lebih besar.
Topologi yang menggunakan kabel Coaxial adalah Topologi Bus.

3. Fiber Optik
Kabel fiber optik merupakan kabel jaringanyang dapat mentransmisi cahaya. Fiber optik memiliki jangkauan yang lebih jauh dari 550 meter sampai ratusan kilometer, tahan terhadap interferensi elektromagnetik dan dapat mengirim data pada kecepatan yang lebih tinggi dari jenis kabel lainnya. Kabel fiber optik tidak membawa sinyal elektrik, seperti kabel lainnya yang menggunakan kabel tembaga. Konektor kabel fiber optik terdiri dari dua jenis-konektor model ST yang berbentuk lingkaran dan konektor SC yang berbentuk persegi. Penggunaan kabel ini harus disesuaikan dengan jenis perangkat yang anda gunakan karena mereka mungkin berbeda.

Kabel fiber optik terdiri dari dua jenis
a. Single mode
Kabel single mode dapat menjangkau jarak yang lebih jauh dann hanya mengirim satu sinyal pada satu waktu. Kabel single mode dapat menjangkau ratusan kilometer.

b. Multi mode
Kabel multi mode mengirim sinyal yang berbeda pada saat yang bersamaan, mengirim data pada sudut refraksi yang berbeda pada saat yang bersamaan, mengirim data pada susut refraksi yang berbeda. Kabel multimode biasanya hanya mencapai 550 meter atau kurang.

Topologi yang menggunakan kabel Fiber Optik adalah Topologi Bus, Topologi Ring dan Topologi Star.

Advertisements