Sebutkan 3 Macam Seni Relief Yang Kamu Ketahui

Posted on

DETALOG.COM –

Pengertian Seni.

Ungkapan perasaan seseorang yang dituangkan kedalam kreasi dalam bentuk gerak, rupa, nada, syair, yang mengandung unsur-unsur keindahan, dan dapat mempengaruhi perasaan orang lain.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli.
– Alexander Baum Garton.
Seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.
– Aristoteles.
Seni adalah bentuk yang pengungkapannya dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah meniru alam.
– Immanuel Kant.
Seni adalah sebuah impian karena rumus rumus tidak dapat mengihtiarkan kenyataan.
– Ki Hajar Dewantara.
Seni merupakan hasil keindahan sehingga dapat menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnya, oleh karena itu perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dapat menimbulkan perasaan indah itu seni.
– Leo Tolstoy.
Seni adalah ungkapan perasaan pencipta yanng disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan pelukis.
– Sudarmaji.
Seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume dan gelap terang.

Macam-macam Seni.

– Seni Musik adalah curahan perasaan seseorang yang dituangkan dalam bentuk nada dan syair yang indah.
– Seni Rupa adalah curahan perasaan seseorang yang dituangkan dalam bentuk rupa / gambar-gambar.
– Seni Drama adalah curahan perasaaan seseorang yang dituangkan dalam bentuk gerak bercerita yang diramu dengan musik yang sesuai.
– Seni Tari adalah curahan perasaan seseorang yang dituangkan dalam bentuk gerak anggota badan yang teratur dan berirama.

Namun pada artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai Relief yang merupakan salah satu cabang dari Seni Rupa tiga dimensi yang juga merupakan contoh dari seni rupa murni. Definisi karya seni rupa tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi atau memiliki volume.

Contoh Seni Rupa Murni.
– Patung.
Patung adalah hasil ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan dengan membuat bentuk visual melalui media tiga dimensi untuk tujuan estetika. Patung biasa ditemukan di atas meja, lobi gedung, persimpangan jalan, taman, dll. Pada umumnya patung berwujud manusia, hewan, atau makhluk mitologi.

– Seni Relief.
Seni Relief adalah semacam gambar atau lukisan yang ditampilkan dalam bentuk tri dimensi (tri matra) di atas bidang yang dua dimensi (dwi matra). Bidang datar ini umumnya berupa dinding sebuah bangunan, tetapi ada pula berupa tugu peringatan. Relief pada umumnya berisi diorama dan memiliki nilai sejarah yang tinggi.

– Lukisan.
Lukisan adalah karya seni yang dibuat dengan mengoleskan cat dengan kuas, pisau palet, atau peralatan lain, pada sebuah kanvas sebagai media.

Jenis-jenis Relief.
Dalam penciptaanya relief bentuknya bermacam-macam, ada beberapa istilah diantaranya:

a. Bas relief atau relief rendah, yaitu bila bagian yang timbul kurang dari setengah tebalnya. Tonjolan atau kedalaman ukirannya bervariasi dan biasanya hanya beberapa sentimeter atau kurang dari 50 persen kedalaman dimensi ukiran. Contoh dari relief rendah atau bas-relief adalah relief-relief pada candi periode klasik Jawa kuno, misalnya relief candi Borobudur.

b. Haut relief atau relief tinggi, yaitu bila bagian yang timbul lebih dari setengah tebalnya. Relief ini hampir menampilkan seni patung yang utuh yang menempel pada dasar permukaan dinding. Contoh relief tinggi adalah kebanyakan arca periode Hindu Buddha Jawa yang bersandar pada stela sandaran arca, atau relief-relief dewata Lokapala pada candi Prambanan. Contoh lainnya adalah relief-relief Yunani dan Romawi kuno yang lebih menonjol.

c. Demi relief, yaitu bila bagian yang timbul tepat setengah tebalnya.

Cara Membuat Relief.
Cara yang digunakan membuat relief ditentukan oleh jenis bahan yang akan dibentuk. Ada bahan yang bersifat keras, padat, lunak, dan lentur. Bahan-bahannya pun dapat diperoleh dari alam terbuka seperti kayu, tanah dan batu. Namun ada juga bahan yang dibuat oleh pabrik seperti plastisin, lilin, dan malam ataupun sabun batang.

Teknik Membuat Relief.
Berikut ini beberapa teknik membuat Relief :
1. Memahat
Memahat adalah membentuk sesuatu dari bahan keras dengan mempergunakan pahat. Bahan yang biasa dipahat seperti batu, kayu, marmer dan gading

2. Membutsir
Membutsir adalah membentuk sesuatu dengan menggunakan jari dan alat sudip. Bahan-bahannya antara lain tanah liat, plastisin, lilin, malam, bubur kertas dll.

3. Mengecor
Mengecor adalah menuang dalam cetakan. Oleh karena itu, yang perlu dibuat terlebbih dahulu adalah pola acuannya atau cetakannya. Bahan pengisinya adalah lilin cair atau adukkan semen.

Advertisements