Fungsi Karbohidrat bagi Tubuh Manusia

Posted on

DETALOG.COM – Untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, maka tubuh kita memerlukan nutrisi. Nutrisi atau gizi adalah substansi organik yang dibutuhkan manusia atau organisme hidup lainnya agar tubuh dapat menjalankan fungsi normalnya untuk dapat tumbuh dan tetap sehat. Agar tubuh kita dapat menjalankan fungsinya dengan baik maka diperlukan nutrisi yang seimbang. Nutrisi yang seimbang itu dapat diperoleh dari berbagai bahan makanan terutama yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan lemak sehat tentunya.

Karbohidrat dan Fungsinya

Karbohidrat merupakan salah satu senyawa organik yang melimpah di bumi. Karbohidrat sendiri terdiri dari karbon, hidrogen, serta oksigen. Karbohidrat memiliki berbagai fungsi dalam tubuh manusia, terutama sebagai bahan bakar (misalnya glukosa), cadangan makanan, dan materi pembangun. Sebagai nutrisi untuk tubuh manusia, 1 gram karbohidrat memiliki nilai energi 4 kalori. Dalam menu makanan orang Asia Tenggara termasuk Indonesia, umumnya kandungan karbohidrat cukup tinggi, yaitu antara 70–80%. Adapun Fungsi Karbohidrat adalah sebagai berikut:

  1. Karbohidrat menyediakan kebutuhan dasar yang diperlukan tubuh manusia. Monosakarida, khususnya glukosa, merupakan nutrien utama sel. Glukosa akan mengalir dalam aliran darah sehingga tersedia bagi seluruh sel tubuh. Sel-sel tubuh tersebut menyerap glukosa dan mengambil tenaga yang tersimpan di dalam molekul tersebut pada proses respirasi seluler untuk menjalankan sel-sel tubuh.
  2. Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan asam basa di dalam tubuh, berperan penting dalam proses metabolisme dalam tubuh, dan pembentuk struktur sel dengan mengikat protein dan lemak.
  3. Karbohidrat dapat mencegah terjadinya ketidaksempurnaan dari proses oksidasi lemak.
  4. Makanan dengan kadar karbohidrat dan serat tinggi dapat membantu memperlancar proses pada pencernaan. Perlu diketahui bahwa daya cerna tubuh manusia terhadap karbohidrat sebenarnya juga bermacam-macam tergantung pada sumbernya, yaitu bervariasi antara 90%–98%. Serat dapat menurunkan daya cerna karbohidrat menjadi 85%. Manusia tidak dapat mencerna selulosa sehingga serat selulosa yang dikonsumsi manusia hanya lewat melalui saluran pencernaan dan keluar bersama feses. Serat-serat selulosa mengikis dinding saluran pencernaan dan merangsangnya mengeluarkan lendir yang membantu makanan melewati saluran pencernaan dengan lancar sehingga selulosa disebut sebagai bagian penting dalam menu makanan yang sehat. Contoh makanan yang sangat kaya akan serat selulosa, yaitu buah-buahan segar, sayur-sayuran, dan biji-bijian.
  5. Karbohidrat juga berperan penting untuk mengoptimalkan kerja protein, karena apabila tubuh mengalami kekurangan asupan karbohidrat, maka protein akan menggantikan fungsi karbohidrat sebagai penghasil energi dan zat pembentuk tubuh.
  6. Karbohidrat juga berfungsi sebagai pencegah terbentuknya proses ketosis. Proses ketosis sebisa mungkin harus dicegah, karena malalui proses ini, fungsi utama dari karbohidrat sebagi pemasok energi yang paling utama telah tergantikan oleh protein sepenuhnya. Sedangkan fungsi protein hanya sebagai cadangan, sedangkan fungsi utama protein adalah memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Sumber Makanan yang Mengandung Karbohidrat

  1. Beras merah dengan magnesium, vitamin B Kompleks, dan zat besi serta tinggi akan serat
  2. Ubi dengan kandungan potassium, zat besi, serat, vitamin A, B6, dan C serta betakaroten penghasil antioksidan
  3. Kentang dengan kandungan potassium dan efek kenyang yang cepat
  4. Singkong yang sumber pangannya terdapat pada akarnya yang nutrisinya setara dengan beras merah
  5. Jagung yang tinggi akan kandungan asam folat dapat dijadikan pangan pengganti beras atau beras merah dengan cara dibakar atau direbus
  6. Gandum dengan kandungan zat besi dan serat yang tinggi selain untuk energi juga baik untuk melancarkan pencernaan dan baik untuk kesehatan jantung
  7. Kacang-kacangan yang di dalamnya termasuk kacang tanah, kacang kedelai, kacang hijau, kacang polong yang selain memberi efek mengenyangkan juga memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan folic acid
  8. Buah-buahan yang meskipun termasuk dalam karbohidrat sederhana, namun buah mempunyai kandungan fruktosa yang jelas tanpa lemak. Kandungan tersebut dapat berperan sebagai pemasok energi. Buah-buahan dari keluarga berry dan apel lebih di utamakan
  9. Oatmeal dapat digunakan untuk orang-orang yang ingin menjalankan diet sehat dengan kandungan serat, zat besi, vitamin B Kompleks
  10. Sayur dengan daun hijau mengandung karbohidrat yang tinggi serta rendah kalori.
  11. Jenis pasta seperti macaroni, spaghetti, dan fettuccini juga dapat dijadikan pangan alternatif penghasil karbohidrat.

Advertisements