Apa Yang Dimaksud Set Uper Dalam Permainan Bola Voli?

Posted on

DETALOG.COM – Permainan bola voli pertama kali muncul Pada tahun 1895 oleh William C. Morgan, seorang direktur YMCA di Holyke, Massachusetts, menemukan sebuah permainan bernama mintonette dalam usahanya memenuhi keinginan para pengusaha lokal yang menganggap permainan bola basket terlalu menghabiskan tenaga dan kurang menyenangkan.

Permainan bola voli masuk ke Indonesia pada waktu penjajahan Belanda (sesudah tahun 1928). Perkembangan permainan bola voli di Indodesia sangat cepat. Hal ini terbukti pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-2 tahun 1952 di jakarta. Sampai sekarang permainanbola voli termasuk salah satu cabang olahraga yang resmi dipertandingkan.

Pengertian Permainan Bola Voly
Permainan Bola Voli adalah salah satu cabang olahraga yang banyak ditemukan dilingkungan masyarakt, baik itu di daerah perkotaan maupun di pedesaan. Tingkat kecintaan masyarakat pada permainan bola voli karena permainan ini cukup mudah untuk dimainkan dan pastinya menyehatkan.

Syarat-syarat Permainan Bola Voli?
Permainan Bola Voli adalah salah satu cabang olahraga yang banyak ditemukan dilingkungan masyarakt, baik itu di daerah perkotaan maupun di pedesaan. Tingkat kecintaan masyarakat pada permainan bola voli karena permainan ini cukup mudah untuk dimainkan dan pastinya menyehatkan.

1. Lapangan Permainan bola voly
Lapangan permainan bola voly berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran sebagai berikut:
Lebar: 9 meter
Panjang: 18 meter
Lebar garis: 5 centimeter

2. Jaring Net
Panjang: 9,5 meter
Lebar: 1,00 meter
Lebar mata jaring: 10 centimeter
Bagian atas net harus dilengkapi pita putih yang lebarnya 5 centimeter
Tinggi jarring net untuk putra: 2,44 meter
Tinggi net untuk puti: 2, 24 meter
Pada kedua tepi net dipasang antenna yang letaknya lurus di atas garis lapangan. Warna antenna harus belang kontra. Panjang antenna 1,80 meter. Antena terbuat dari bahan yang lentur dengan diameter 1 centimeter.

3. Bola
Bola voly terbuat dari kulit yang lunak atau bahan lain yang sejenis, bentu bola bulat dan bahan dalamnya terbuat dari karet. Warna bola harus terang misalnya warna putih.
Diameter bola voly: 65 cm – 67 cm
Berat: 250 – 280 gram
Tekanan udara: 0,48 kg/cm2 – 0,52 kg/cm2
Jumlah jalur: 12 – 18 jalur

4. Kelengkapan pemain
Pemain bola voly harus memakai pakaian olahraga dengan nomor punggung dan dada, memakai celana pendek dan memakai sepatu olahraga.

5. Jumlah pemain
Jumlah pemain dalam satu regu bola voly berjumlah 6 orang dengan jumlah pemain cadangan juga enam orang.

Jenis Pelanggaran-pelangaran Dalam Permainan Bola Voly?
1. Pemain dengan sengaja atau tidak sengaja menyentuh net dengan tangan. Namun pemain tidak dinyatakan pelanggaran bila anggota tubuh selain tangan menyentuh net dengan tidak disengaja. Misalnya seorang pengumpan sedang memberi umpan kepada temannya secara tidak sengaja punggungnya menyentuh net, maka itu tidak dinyatakan pelanggaran.
2. Kedua kaki masuk ke area daerah lawan
3. Pada saat melakukan blocking kedua tangan atau salah satu tangan terlalu masuk ke daerah area lawan.
4. Berbicara tidak sopan terhadap wasit atau juri
5. Menegur wasit atau pembantu wasit
6. Menerima petunjuk dari luar lapangan selama pertandingan berlangsung
7. Berusaha mempengaruhi wasit
8. Pemain keluar lapangan tanpa izin wasit selama pertandingan berlangsung

Posisi Dalam Permainan Bola Voly
a. Tosser/Set-uper
Tugas tosser/set-uper adalah sebagai pengatur serangan sekaligus sebagai pengumpan. Sesuai dengan tugasnya sebagai pengatur serangan, seorang set-uper harus memiliki keterampilan passing atas dan passing bawah yang bagus sehingga bola-bola yang diumpankan kepada smasher dapat dipukul dengan baik.
b. Smasher
Tugas smasher adalah sebagai penyerang maka keterampilan utama yang harus dimiliki, yaitu kemampuan memukul dengan berbagai macam variasi. Posisi smasher selalu di depan (posisi 2 dan 4) sehingga sekaligus sebagai blocker atau pembendung serangan lawan.
c. Universaler
Universaler adalah pemain serba guna, bisa sebagai pengumpan, bisa sebagai penyerang, dan juga bisa sebagai pemain bertahan. Seorang pemain universaler dapat bekerja dengan baik di mana pun posisinya. Saat berada di daerah belakang, dia dapat mengambil bola dengan baik sehingga pengumpan dapat meneruskan bola kepada smasher dengan baik pula. Saat posisinya di depan ia dapat melakukan smash dan membendung serangan lawan dengan melakukan blocking.
d. Libero
Libero adalah pemain yang posisinya selalu di belakang sebagai pemain pertahanan. Ia tidak boleh melakukan servis dan smash. Tugasnya, yaitu mengambil bola yang berasal dari lawan dengan passing atas ataupun passing bawah.

Advertisements