Contoh Teks Eksposisi Pro dan Kontra

Posted on

DETALOG.COM – Saat membahas sebuah masalah atau topik, pro dan kontra selalu muncul secara bersamaan. Pro dan kontra sering sekali menimbulkan masalah yang bahkan tiada akhirnya. Satu-satunya jalan untuk menyudahi sebuah pro dan kontra adalah dengan mengambil jalan tengah dari pembahasan yang diangkat. Sebenanya pro dan kontra itu sama benarnya jika kita melihat dari sudut pandang masing – masing pihak.

Pengertian Pro dan Kontra

Pro yaitu merespon baik / positif terhadap sesuatu hal. Sedangkan kontra yaitu merespon negative terhadap sesuatu hal. Atau arti dari pro itu sendiri adalah kumpulan dari orang-orang atau pendapat yang mendukung suatu masalah atau pembahasan sedangkan kontra sebaliknya, orang yang tidak mendukung akan sebuah masalah atau topik yang sedang dibahas.

Jika kita berfikir dan melihat dari sudut pandang pro, maka pikiran kita akan mendominasi pro. Sebaliknya jika kita berfikir dan melihat dari sudut pandang kontra, maka pikiran kita pun akan mendominasi kontra. Tapi yang pastinya antara pro dan kontra akan ada positif dan negative yang bisa kita temukan. Maksudnya, jika kita memilih untuk melakukan sesuatu hal ( baik itu pro maupun kontra) pasti akan ada baik dan buruk nya. Karena segala sesuatu itu pasti ada akibat yang harus kita hadapi, hanya tergantung kita untuk memilih agar akibat yang akan kita ambil kelak tidak separah yang kita bayangkan atau tidak.

Berikut dua contoh dari teks pro dan kontra

Pro dan Kontra Kartu Kredit

Seperti banyak hal lainnya, ada keuntungan dan kerugian dalam menggunakan kartu kredit. Penggunaan kartu kredit Anda dimulai dengan memahami hal-hal berikut ini.

Keuntungan
1. Akses Langsung: Membutuhkan 1 set ban baru? Kartu Kredit dapat membantu Anda untuk membayar hal-hal yang mahal, keadaan darurat yang tidak terduga dan memberikan Anda kemudahan untuk membayarnya dari waktu ke waktu.
2. Keamanan: Jika Anda kehilangan uang tunai, uang itu takkan pernah kembali. Jika anda kehilangan kartu kredit, maka kartu kredit Anda bisa dibatalkan.
3. Penyimpanan Catatan: Laporan kartu kredit Anda adalah daftar terperinci dari pengeluaran bulanan Anda, yang dapat membantu Anda ketika membuat anggaran.
4. Kenyamanan: Kartu kredit diterima di lebih banyak tempat daripada cek, dan kartu kredit biasanya lebih cepat untuk digunakan.
5. Penggabungan Tagihan: Tagihan dapat dibayar secara otomatis melalui kartu kredit dan menggabungkan beberapa pembayaran dalam satu tagihan.
6. Hadiah: Penggunaan kartu kredit dengan program imbalan memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan misalnya perjalanan wisata gratis.

Kerugian
Kerugian paling utama dalam penggunaan kartu kredit adalah adanya biaya bunga yang ditagihkan kepada Anda. Penggunaan kredit secara bijak berarti memahami biaya-biaya tersebut dan bertindak secara sesuai. Catat pengeluaran Anda untuk memastikan bahwa Anda mampu membayarnya kembali secara utuh setiap akhir bulan.

Pro dan Kontra Larangan Membawa Handphone Ke Sekolah

HP merupakan trend yang seolah tidak dapat ditinggalkan dari para remaja saat ini. Semua remaja dipastikan memiliki hp dari merek terkenal hingga hp buatan cina. Berbagai cara remaja memanfaatkan HP, ada yang digunakan untuk semata-mata komunikasi, hiburan, bahkan ada pula yang digunakan untuk tindakan negatif. Dengan berbagai masalah yang timbul di sekolah mulai SMSan saat pelajaran hingga menyimpan video atau gambar porno rentan dilakukan oleh siswa di sekolah sehingga tak sedikit sekolah yang melarang membawa HP saat masuk sekolah. Dengan kebijakan tersebut ada yang Pro dan kontra dengan berbagai asumsi.

Bagi yang kontra dengan kebijakan ini kebijakan tersebut dianggap sebagai pemabatasan dalam hal berkomunikasi yang merupakan hak setiap bangsa yang tercantum dalam pancasila yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Ada pula yang beranggapan hal ini merupakan dengan keputusan itu siswa tidak mendapatkan hiburan saat di sekolah karena biasa menggunakan HP sebagai sarana hiburan serta masih banyak lagi asumsi. Bagi yang pro kebijakan tersebut akan menimbulkan dampak positif karena siswa akan lebih berkonsentrasi dan juga lebih bisa terkontrol. Karena tak sedikit pula siswa yang memanfaatkan HP untuk kegiatan yang negatif.

Setiap kebijakan ada pro dan kontra merupakan hal yang biasa, namun yang perlu dipahami bersama adalah setiap sendi kehidupan pastilah menginginkan hal yang terbaik. Setiap keputusan pastilah sudah dipertimbangkan antara keuntungan dan kerugian. Jika keuntungannya lebih banyak dari kerugiannya berarti keputusan tersebut layak untuk dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Advertisements