Apa yang Dimaksud dengan Klorofil ?

Posted on

DETALOG.COM – Klorofil adalah zat hijau daun pada tanaman yang memfasilitasi penyerapan cahaya dari matahari. Klorofil memiliki kemampuan untuk mengubah energi cahaya agar menjadi bentuk yang dapat digunakan untuk berbagai proses seperti fotosintesis, yaitu pada tanaman hijau untuk menyiapkan makanannya sendiri.

Sel Tanaman menyimpan sinar matahari dan kemudian membuatnya agar bisa kita konsumsi. ItulH alasan di balik warna hijau dan pigmentasi pada tanaman. Ada berbagai macam bentuk klorofil yang terbentuk secara alami, seperti klorofil a dan klorofil b. Namun yang paling penting dan banyak terdapat dalam tanaman adalah klorofil a.

Klorofilin merupakan turunan klorofil yang diperoleh dari campuran sodium dan garam tembaga yang berasal dari klorofil. Sementara klorofil larut dalam lemak, dan klorofilin larut dalam air dan juga digunakan sebagai obat alternatif.

Fakta menarik tentang klorofil adalah struktur molekulnya yang mirip dengan hemoglobin, yaitu yang merupakan bagian terpenting dari darah manusia. Satu satunya pengecualiannya adalah atom pusatnya, kalau zat besi untuk hemoglobin dan magnesium untuk klorofil. Karena kualitasnya yang unik ini, maka klorofil cair dapat melakukan fungsi yang sama dalam tubuh manusia sebagai hemoglobin. Meskipun dunia gizi belum mengagumi potensi klorofil yang sesungguhnya, klorofil adalah diantara elemen yang paling penting bagi tanaman dan dunia biologis sejak ada.

FUNGSI KLOROFIL

Klorofil merupakan salah satu metabolism sekunder yang potensial. Zat hijau daun ini tak hanya penting, dalam proses fotosintesis tumbuhan saja, tetapi juga sangat berguna untuk menunjang kesehatan bagi yang mengkonsumsinya.

Seorang penelitian bernama Franz Miller menganjurkan penggunakan klorofil sebagai obat istimewa kerena keberadaannya dapat memperbaiki kondisi kesehatan yang buruk. Selain itu klorofil juga merupakan zat pewarna hijau bagi tumbuhan.
(Campnbell.A, 1974) Klorofil atau yang biasa dikenal dengan zat hijau daun, sama sperti namanya merupakan kandungan yang menyebabkan warna hijau pada tanaman.

Apa yang dilakukan klorofil? Klorofil ini akan menyerap energi dari matahariuntuk memfasilitasi berlangsungnya proses fotosintesis pada tumbuhan. Klorofil ini dalam tanaman sama seperti darah pada manusia. Zat ini sangat berperan dalam fungsi metabolism seperti pertumbuhan dan respirasi (pernapasan) tumbuhan. Yang lebih menarik lagi, komposisi kimia klorofil hamper sama dengan komposisi darah manusia.
Bedanya, atom sentral klorofil adalah magnesium sedangkan atom sentral manusia adalah besi. Hal ini, ditambahkan dengan pentingnya klorofil dalam proses metabolism tumbuhan menarik perhatian ilmuan untuk mencari tahu kemungkinan apakah klorofil bisa mendatangkan manfaat yang sama pula pada manusia.

Hasilnya, banyak penelitian yang telah menemukan manfaat dari klorofil bagi kesehatan manusia yang mengkonsumsinya.

MANFAAT KLOROFIL BAGI KESEHATAN

Klorofil mengandung antioksidan, antiperadangan, dan zat yang bersifat menyembuhkan luka. Kandungan ini bermanfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat lain dari klorofil :

1. Klorofil berfungsi membantu pertumbuhan dan perbaikan tumbuhan.

2. Klorofil membantu menetralkan polusi yang kita hirup maupun yang kita dapatkan melalui asupan makanan. Karena itu, klorofil merupakan suplemen yang sangat bagus bagi perokok.

3. Klorofil secara efisien melepaskan magnesium dan membantu darah membawa oksigen yang dibutuhkan ke semua sel di jaringan-jaringan tubuh.

4. Klorofil juga terbukti berfungsi mengasimilasikan kalsium dan mineral-mineral berat lainnya.

5. Klorofil potensial dalam menstimulus sel-sel darah merah untuk menyediakan suplai oksigen.

6. Bersama dengan vitamin lain seperti vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin E, klorofil terbukti bisa membantu menetralkan radikal bebas yang berusak sel-sel dalam tubuh.

7. Klorofil juga berperan sebagai deodoran dalam mengurangi bau mulut, air seni, sisa pembuangan, serta menghilangkan bau badan.

8. Klorofil juga mengurangi kemampuan zat-zat karsinogen untuk mengikat diri pada DNA dalam organ-organ utama dalam tubuh.

9. Klorofil bermanfaat dalam mengatasi gangguan akibat pembentukan batu kalsium oksalat.

10. Klorofil juga bisa digunakan untuk mengatasi infeksi luka secara

Manfaat lain dari klorofil adalah membersihkan : misalnya, bekerja untuk membersihkan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh secara alami dan tanpa efek samping.
Menyeimbangkan : misalnya, membantu menyeimbangkan hormon dan kandungan asam basa dalam tubuh yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk memaksimalkan kondisi tubuh yang sehat.

Advertisements