Ciri Utama Kingdom Plantae

Posted on

DETALOG.COM – Kingdom Plantae atau Kerajaan Plantae merupakan organisme multiseluler yang menghasilkan makanan dengan proses fotosintesis. Plantae terdiri dari sekitar 266.000 spesies seperti: pakis, lumut, herba dan tanaman berkayu, lumut hati, tanaman merambat, semak-semak, pohon-pohon dan bentuk lain dari tanaman yang mendominasi bumi. Jenis tanaman yang termasuk organisme Plantae biasanya memiliki ukuran bervariasi dan kerumitan, mulai dari lumut non vaskular kecil sampai pohon redwood raksasa yang menarik mineral dan air melalui sistem pembuluh kayu dan akan dibawa naik lebih dari 330 meter.

Berdasarkan catatan sejarah, pada awalnya semua organisme dibagi menjadi 2 kingdom yaitu tumbuhan dan hewan. Dalam hal ini Aristoteles telah memberikan pengertian bahwa tumbuhan adalah organisme yang tidak bergerak, sedangkan hewan bergerak untuk mencari makanan. Disusul kemudian oleh Linnaeus yang membuat sistem klasifikasi modern yang telah membagi 2 dari keseluruhan organisme menjadi kingdom vegetabilia (yang kemudian disebut plantae) dan animalia. Pada perkembangan selanjutnya, fungi (jamur) dan beberapa jenis alga dikeluarkan dari kingdom plantae. Walaupun keduanya mirip dengan tumbuhan, namun keduanya tidak memiliki beberapa ciri khas tumbuhan.

Pada fungi misalnya, mengapa tidak termasuk kingdom plantae? Karena fungi mendapatkan makanan dari sisa-sisa bahan organik, bukannya melalui proses fotosintesis. Selain itu, dinding sel fungi tidak tersusun dari bahan yang sama dengan tumbuhan dan justru lebih mirip hewan. Akhirnya, fungi dipisahkan dari tumbuhan dan membuat kingdom tersendiri yaitu kingdom fungi. Sedangkan sebagian besar pada alga juga dipisahkan dari kingdom plantae karena tidak memiliki klorofil. Tumbuhan dalam arti sempit dianggap sebagai keturunan dari alga hijau.

Ciri Utama Kingdom Plantae

Dari uraian di atas, inilah ciri utama kingdom plantae yang membedakannya dengan kingdom fungi dan beberapa jenis alga:

  1. Multiseluler (memiliki banyak sel)
  2. Terdapat dinding sel yang terbuat dari selulosa
  3. Eukariotik
  4. Mendapatkan makanan dengan cara fotosintesis yang dibantu dengan cahaya matahari
  5. bereproduksi secara seksual (putik dan benang sari) maupun aseksual (cangkok, tunas, stek, dll)
  6. Alat reproduksi seksualnya adalah bunga
  7. Hidup di daratan atau perairan
  8. Autrotrof (dapat membuat makanan sendiri)
  9. Memiliki organ dan sistem organ
  10. Memiliki daun untuk mengumpulkan sinar matahari yang digunakan untuk membuat glukosa
  11. Memiliki akar untuk memperkokoh tumbuhan dan menyerap air

Klasifikasi Kingdom Plantae

Kingdom plantae dibagi menjadi 3 divisi, yaitu:

  • Bryophyta. Tumbuhan lumut termasuk dalam divisi ini. Adapun ciri-cirinya antara lain:
    • Tidak memiliki organ sejati seperti batang, daun, atau akar.
    • Memiliki suatu rhizoid kecil yang membuatnya mampu menempel di tanah.
    • Tumbuh di tempat teduh dan lembab, seperti di hutan hujan.
    • Mengalami proses metagenesis.
  • Pteridophyta. Paku termasuk dalam divisi ini. Adapun ciri-cirinya antara lain:
    • Telah memiliki kormus atau jaringan pengangkut dan telah memiliki organ sejati.
    • Melakukan reproduksi secara aseksual dengan spora.
    • Dapat hidup di darat terutama daerah hutan hujan tropis. Namun, ada beberapa jenis paku yang hidup mengapung di air.
    • Mengalami proses metagenesis.
  • Spermatophyta adalah divisi yang memiliki ciri khas yaitu berbiji. Biji adalah cikal bakal dari individu baru dan merupakan hasil pembuahan antara putik dan benang sari di bunga. Terdapat 2 sub divisi, yaitu gymnospermae (berbiji terbuka) dan angiospermae (berbiji tertutup). Tumbuhan berbiji terdapat di darat dan beberapa terdapat di air (contohnya teratai).

Manfaat dari Beberapa Jenis Kingdom Plantae dalam Kehidupan Sehari-hari

Ilmu biologi yang semakin hari semakin berkembang pesat, salah satunya telah menghasilkan keragaman pangan dimana beberapa ahli biologi khususnya botani modern telah melakukan sejumlah penelitiannya untuk masalah keragaman pangan yang dihasilkan dari adanya budidaya tanaman dari beberapa jenis kingdom plantae tersebut. Adapun beberapa manfaatnya antara lain:

  1. Sebagian besar nutrisi yang didapat manusia berasal dari tanaman. Kebanyakan berasal dari sereal seperti padi, jagung, dan gandum. Selain itu, makanan juga berasal dari umbi-umbian seperti kentang dan singkong. Manusia juga memakan sayuran, rempah-rempah, dan beberapa jenis buah-buahan, kacang-kacangan, tanaman herbal, dan beberapa jenis bunga.
  2. Terdapat beberapa jenis minuman yang diproduksi dari tumbuhan seperti kopi, teh, wine, bir, dan minuman beralkohol. Gula sendiri kebanyakan berasal dari tebu dan madu pada hakikatnya berasal dari bunga.
  3. Minyak goreng dan margarin berasal dari jagung, kacang kedelai, kelapa sawit, bunga matahari, zaitun. Penyedap rasa seperti monosodium glutamat (MSG) yang berasal dari tebu.
  4. Hewan ternak yang diambil dagingnya untuk dijadikan bahan pangan adalah jenis hewan herbivora yang kebanyakan memakan rumput atau dedaunan hijau.

 

Advertisements