Polusi Udara

Posted on

DETALOG.COM – Seperti halnya pencemaran yang terjadi pada tanah dan air, udara juga dapat tercemar. Jika lingkungan rumah sekitar kotor dan tidak terawat tentunya akan menyebabkan pencemaran terhadap udara. Artikel kali ini akan membahas tentang pencemaran udara.

Pengertian Polusi Udara

Polusi udara adalah suatu kondisi dimana udara tercemari oleh bahan kimia, zat/partikel dan bahan biologis lain yang bisa membahayakan kesehatan dan makhluk hidup serta organisme lainnya. Polusi udara bisa mengakibatkan rusaknya lapisan atmosfer dan tercemarinya oksigen yang dibutuhkan oleh manusia.

Udara yang bersih akan menciptakan lingkungan yang sehat. Demikian juga lingkungan yang sehat akan menjadikan hidup menjadi nyaman. Oleh karena itu sudah seharusnya kita untuk menjaga lingkungan kita ini dari kotornya udara. Dengan menghentikan kebiasaan merokok, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor atau mungkin menjadwalkan hari tertentu untuk hari bebas motor, tidak membuang rokok sembarangan padahal belum dimatikan atau yang lain. Karena ini semua adalah tugas kita bersama. Menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan bukan hanya menjadi tugas pemerintah tapi semua elemen masyarakat punya kewajiban untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dari polusi.

Penyebab Polusi Udara

Polusi udara, baik itu di dalam atau di luar ruangan berbahaya bagi manusia. Polusi udara disebabkan oleh pencemaran udara yang berbeda. Pencemaran udara seperti pembakaran bahan bakar seperti batu bara, minyak bumi, dan bensin ditemukan menjadi faktor utama penyebab polusi udara. Bahan bakar fosil yang digunakan di semua industri termasuk kendaraan, pesawat, industri manafaktur, pembangkit listrik, kilang minyak, dan lain sebagainya.

Gas karbondioksida yang dibutuhkan oleh tanaman untuk melakukan fotosintesis, diidentifikasi sebagai penyebab utama dalam pemanasan global. Dengan demikian, peningkatan persentase gas rumah kaca mempengaruhi kesehatan kita dan iklim global. Nitrogen oksida dan sulfur dioksida, bila dilarutkan dalam air dapat menyebabkan hujan asam, yang akan dapat menyebabkan polusi air dan mempengaruhi kehidupan akuatik.

Efek dari polusi udara pada kesehatan manusia sangatlah banyak. Beberapa diantaranya dapat menyebabkan dan memicu penyakit pernafasan, iritasi mata, dan tenggorokan. Gejala umum yang terlihat adalah sesak dada, mata terbakar, dan batuk. Mereka dengan kondisi medis tertentu seperti penyakit jantung dan asma lebih rentan terhada bahaya polusi udara daripada yang lain.

Dampak Polusi Udara

Apa saja yang akan ditimbulkan jika terjadinya polusi udara yang terus menerus dan dihisap tubuh? Dampak polusi udara bisa sangat merugikan diantaranya:

• Terjadinya gangguan pernafasan seperti radang paru-paru.

• Mengganggu kesehatan kulit sehingga kulit nampak kusam, elastisitas merosot, penuaan dini, timbul flek hitam, mengalami keriput, yang lebih parah adalah resiko penyakit kanker kulit.

• Bagi penderita asma juga bisa meningkatkan kambuhnya penyakit asmanya.

• Timbul batuk-batuk.

• Polusi udara karena asap kebakaran hutan bisa mengganggu pandangan.

• Mengalami stress dan mudah marah.

Dampak polusi udara yang utama adalah mengganggu kesehatan. Maka dari itu bagi anda yang sering berkendara di jalan-jalan yang dipenuhi dengan mobilitas yang tinggi dengan padatnya motor dan juga mobil akan lebih baik jika menggunakan masker untuk mengurangi resiko udara kotor yang terhisap ke paru-paru.

Mencegah Polusi Udara

1. Menerapkan aturan dalam memiliki jumlah kendaraan. Dengan demikian dapat mencegah polusi udara dengan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Dengan cara ini, maka akan membantu dalam pemanfaatan berkelanjutan dari bahan bakar fosil dan konservasi untuk generasi mendatang.

2. Penghematan energi tentu saja memabntu mencegah polusi udara. Mematikan lampu, kipas angin, AC, televisi, dan peralatan lainnya bila tidak digunakan. Anda uga dapat berbagi kamar dengan orang lain bila tidak digunakan. Anda juga dapat berbagi kamar dengan orang lain ketika AC atau kipas angin sedang nyala.

3. Selalu mencoba untuk memaksimalkan emisi asap, karena banyak memberikan kontribusi terhadap polusi udara. Salah satu cara adalah dengan membuat kompos dari daun kering dan sampah organik, bukannya membakarnya. Pengomposan juga akan memberikan pupuk organik untuk tanaman anda.

Advertisements