Penyakit Panu, Kadas, dan Kurap

Posted on

DETALOG.COM – Anda pasti sering mendengar istilah ‘kadas’ dan ‘kurap’. Ya, biasanya istilah ini muncul di iklan kesehatan dan biasanya digabungkan dengan jenis penyakit kulit lain, misalnya kutu air. Namun, apakah Anda sudah mengetahui lebih dalam tentang penyakit tersebut? Jika belum, simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Penyakit Panu

Penyakit panu merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Gejala dan tanda adanya panu yaitu timbulnya bercak yang terdapat pada kulit disertai dengan rasa gatal pada saat berkeringat. Bercak-bercak tersebut ada yang berwarna putih, coklat maupun merah, tergantung dari warna kulit penderita. Panu biasanya menyerang semua bagian kulit. Pada umumnya, panu bisa menular dari satu orang ke orang lain dan biasanya ditemukan pada kulit kepala, kuku, lipatan lengan, leher, wajah dan kaki. Bagian-bagian yang sering diserang panu yaitu:

• Kulit kepala
• Lipatan lengan
• Leher
• Wajah
• Tangan
• Punggung

Faktor Penyebab Timbulnya Panu

– Lembab dan panas dari lingkungan, dari pakaian ketat, dan pakaian tak menyerap keringat
– Keringat berlebihan karena berolahraga atau karena kegemukan
– Friksi atau trauma minor, misalnya gesekan pada paha orang gemuk
– Keseimbangan flora tubuh normal terganggu, antara lain karena pemakaian antibiotik, atau hormonal dalam jangka panjang.

Gejala Penyakit Panu

Gejala dari penyakit panu biasanya akan timbul ruam kulit dalam berbagai ukuran dan warna, lalu di tutupi oleh sisik halus dengan rasa gatal. Terkadang timbul tanpa adanya keluhan dan hanya gangguan kosmetik saja. Warna-warna ruam kulit pada penyakit panu ini tergantung dari pigmen normal kulit penderita, paparan sinar matahari dan lamanya penyakit. Namun, terkadang warna ruam kulit sulit untuk dilihat. Tinea versicolor dapat terjadi di mana saja seperti di permukaan kulit, lipat paha, ketiak, leher, punggung, dada, lengan dan wajah.

Cara Mencegah Penyakit Panu

– Jaga kesehatan anggota tubuh
– Biasakan tidak memakai peralatan mandi bergantian, seperti handuk
– Setelah habis setiap olah raga ada baiknya langsung mandi yangg bersih menggunakan sabun anti-septik
– Selalu mengkonsumsi vitamin C

Penyakit Kadas/Kurap

Penyakit kulit adalah penyakit infeksi yang umum, terjadi pada orang orang dari segala usia. Gangguan pada kulit sering terjadi karena ada faktor peyebabnya, Antara lain yaitu iklim, lingkungan, tempat tinggal, kebiasaan hidup kurang sehat, alergi dan lain lain.
Penyakit kadas sangat menular, terutama pada anak-anak, bisa menyebabkan terbentuknya ruam merah bersisik yang kadang terasa gatal atau menyebabkan kerontokan rambut yang meninggalkan bercak pitak.

Gejala Timbulnya Penyakit Kadas/Kurap

• Kebanyakan penyakit ini berbentuk bulat pada kulit, pinggirnya meninggi dan di tengahnya tidak meninimbulkan peradangan yang berarti.
• Sangat gatal terutama saat abis mandi atau keadaan tubuh sedang berkeringat.
• Gejala yang di timbulkan pada kepal, kepala akan mengalami kebotakan, jarang penyakit ini memberi efek begitu keliatan pada kepala,
• Peradangan pada kulit biasanya akibat kita menggaruk berlebihan maka kulit yang kita garuk akan mengalami kerusakan.

Penyebab Kulit Kadas/Kurap

Penyakit kulit yang disebabkan karena infeksi jamur biasa sering kita menyebutnya dengan Kadas/Kurap. Kadas atau kurap adalah suatu infeksi jamur pada kulit yang disebabkan oleh beberapa jenis jamur yaitu jamur dermatifita yang terbagi 3 genus, yaitu Trichophyton (T), Microsporum (M), dan Epidermophyton (E) dan yang paling sering menjadi penyebab kadas adalah (M) dan (E), karena jenis jamur tersebut tumbuh di daerah lembab dan hangat seperti diantara jari-jari kaki, langkah-langkah pengobatan kadas yang tepat akan dapat mengatasi penyakit kadas ini.

Penyakit kadas/kurap yang tidak segera diobati akan menyebabkan kulit bersisik, terasa gatal, kasar dan nyeri, bisa juga menyebabkan lepuhan yang berisi cairan, apabila tidak segera di lakukan pengobatan kadas dengan cepat bisa terjadi infeksi bahkan pada usia lanjut bisa mengganggu aliran darah.

Advertisements